Top 3: Waspada Panasnya Lava dan Awan Wedhus Gembel Gunung Merapi yang Bisa Bikin Anda Terbakar

Artikel tentang waspada panasnya lava dan awan wedhus gembel gunung merapi, segini suhunya yang bisa bikin kamu terbakar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 15 Mar 2023, 11:03 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2023, 11:03 WIB
Penampakan Asap Tebal Erupsi Gunung Merapi
Asap tebal mengepul saat erupsi Gunung Merapi terlihat dari desa Tunggularum di Sleman pada 11 Maret 2023.Selama periode itu, Gunung Merapi juga tercatat mengalami sembilan kali gempa guguran, satu kali gempa fase banyak, dan 19 kali gempa vulkanik dalam, demikian Agus Budi Santoso. (AFP/Devi Rahman)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas sejak Sabtu (11/3/2023). Menurut hasil survei Tim Drone Badan Geologi hingga Senin, (13/3/2023), tercatat 60 kejadian awan panas guguran dari erupsi Gunung Merapi.

"Berdasarkan pantauan foto udara menggunakan drone, jarak luncuran awan panas guguran paling jauh mencapai 3,7 kilometer dari puncak Gunung Merapi," ujar Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso dalam keterangannya, Senin 13 Maret 2023.

"Ujung luncuran awan panas guguran teramati di sisi barat daya di alur Kali Bebeng," tambah dia.

Sejauh ini, potensi bahaya yang masih mengancam yakni berupa guguran lava dan awan panas guguran. BPPTKG menetapkan zona bahaya sejauh 7 kilometer dari puncak Merapi untuk terhindar dari ancaman awan panas yang kerap disebut 'wedhus gembel'.

Menurut situs Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), suhu 'wedhus gembel' dapat mencapai 1.000-1.100 derajat Celsius saat keluar kawah dan menjadi sekitar 500-600 derajat Celsius saat menerjang permukiman.

Secara umum, kandungan 'wedhus gembel' yang memiliki nama ilmiah pyroclastic density flow adalah zat padat (debu volkanik dengan ukuran mulai dari ash sampai lapili), dan fase gas (CO2, sulfur, chlor, uap air dan lainnya) yang bercampur udara.

Artikel tentang waspada panasnya lava dan awan wedhus gembel gunung merapi, segini suhunya yang bisa bikin kamu terbakar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral maling terjepit pintu besi di rumah korbannya saat beraksi, terjebak selama lima jam.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang anak Lilis Karlina ditangkap karena mengedarkan narkoba, film-film ini angkat kisah remaja jualan narkoba.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Waspada Panasnya Lava dan Awan Wedhus Gembel Gunung Merapi, Segini Suhunya yang Bisa Bikin Kamu Terbakar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Menebak Perubahan Lava Kubah Merapi dalam 144 Tahun
Erupsi Gunung Merapi. (Liputan6.com/Yanuar H)

 

Selain awan panas, yang patut diwaspadai dari erupsi gunung merapi adalah lava atau lahar. Menurut Volkanolog Institut Teknologi Bandung (ITB) Mirzam Abdurrachman seperti dikutip dari situs ITB, lava yang keluar bersuhu tinggi akan berbentuk cair atau encer.

Umumnya, lahar atau lava ini akan mulai mengalir saat suhunya di atas 700 derajat Celsius. Menurut Mirzam, perbedaan warna juga menunjukkan perbedaan suhu lava.

Selengkapnya...


2. Viral Maling Terjepit Pintu Besi di Rumah Korbannya Saat Beraksi, Terjebak Selama 5 Jam

Viral Maling Terjepit Pintu Besi di Rumah Korbannya Saat Beraksi, Terjebak Selama 5 Jam
Viral Maling Terjepit Pintu Besi di Rumah Korbannya Saat Beraksi, Terjebak Selama 5 Jam (foto: @tkpmedan)

Ada seribu satu cara yang akan dilakukan oleh maling saat beraksi menyelundup ke rumah korban. Mereka akan berusaha untuk bisa masuk ke rumah korban meski dengan cara apapun. Namun rupanya tak semua rencana maling bisa berjalan mulus. 

Baru-baru ini viral aksi maling yang gagal saat berusaha masuk ke rumah korbannya. Pasalnya saat sedang menjalankan aksinya maling tersebut justru terjepit di sebuah pintu besi. Insiden ini terjadi di Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. 

Tak tanggung-tanggung maling tersebut pun harus terjebak di antara himpitan pintu besi itu selama 5 jam. Aksinya ini terekam kamera cctv sang pemilik rumah dan diunggah oleh akun instagram @tkpmedan. 

Dalam rekaman cctv tersebut terlihat maling yang berinisial BI itu pun pasrah usai terkepit pintu besi. Sesekali residivis kasus serupa itu terlihat mencoba keluar dari himpitan pintu besi. Sialnya, upaya itu selalu gagal sampai akhirnya dia kepergok pemilik rumah. 

Kronologi KejadianRupanya sebelum kejadian, pria 30 tahun ini sudah terlebih dahulu mencuri di rumah tetangga korban dengan cara memanjat lalu membongkar atap agar bisa masuk ke dalam rumah. Saat itulah muncul niatan untuk mencuri di rumah yang menjadi lokasi dirinya terjepit pintu besi. 

Dia pun sempat mengganjal pintu rumah korban dengan kayu balok agar tidak tertutup kemudian pergi sebentar membawa barang curian dari rumah sebelah. Setelah itu dia kembali ke rumah yang pintunya sudah diganjal dan ingin mencoba masuk untuk mencuri barang berharga.

Saat kepala dan setengah badannya masuk, balok kayu yang mengganjal pintu tadi jatuh dan menimpanya. Lantaran kayu untuk mengganjal pintu besi itu jatuh, akhirnya pintu seberat puluhan kilogram tersebut menjepit tubuhnya hingga nyaris tewas.

Selengkapnya...


3. Anak Lilis Karlina Ditangkap Karena Mengedarkan Narkoba, Film-film Ini Angkat Kisah Remaja Jualan Narkoba

Lilis Karlina
Lilis Karlina (Instagram)

Anak pedangdut Lilis Karlina ditangkap polisi karena kasus narkoba. Remaja pria berinisial RD (15) itu ditangkap oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Purwarkarta.

Penangkapan remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) itu berawal dari informasi yang beredar di masyarakat. Kemudian, Kapolres Purwarkarta, AKBP Edwar Zulkarnain langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan penangkapan.

Faktanya, kisah remaja yang kedapatan menjual narkoba bukanlah hal baru. Ada beberapa film yang mengangkat kisah remaja yang menjadi pengedar narkoba. Bahkan beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut film-film tersebut: 

1. Kid Cannabis (2014)

Kid Cannabis adalah sebuah film komedi-drama biografi Amerika Serikat tahun 2014. Film ini didasarkan pada kisah nyata seorang remaja bernama Nate Norman yang putus sekolah untuk membangun jaringan ganja bernilai jutaan dolar dengan memperdagangkan narkoba bersama teman-temannya melalui hutan melintasi perbatasan internasional AS-Kanada.

Plotnya didasarkan pada kisah nyata dan mengikuti Nate Norman, seorang remaja putus sekolah menengah berusia delapan belas tahun, yang tinggal bersama adik laki-laki dan ibu tunggal di Idaho utara. Suatu hari saat mengantarkan pizza, dia bertemu dengan seorang pelanggan kaya yang memberitahunya tentang uang yang akan dihasilkan melalui perdagangan narkoba mariyuana dari Kanada.

Nate kemudian membaca tentang potensi itu dan memutuskan untuk merekrut temannya Topher untuk membantunya dengan rencana besarnya. Pada pelarian pertama mereka, mereka melintasi perbatasan untuk mencari pemasok yang membawa mereka ke seorang pria yang menjual mariyuana senilai $ 1.800.

Namun, mereka kemudian segera mengetahui bahwa ganja yang mereka beli memiliki kualitas yang lebih rendah daripada yang ingin mereka beli. Meskipun kualitasnya rendah, produk tersebut terbukti sukses dan langsung terjual, sehingga mereka lari lagi melintasi perbatasan.

Selama perjalanan mereka berikutnya, mereka bertemu Nicole (Merritt Patterson) yang menjual ganja kualitas premium ayahnya, yang akan menjadi persediaan mereka. Setelah keberhasilan menjalankan ini dan sekarang pemasok dalam jumlah besar telah diamankan, Nate mengamankan pemodal dan membangun kredibilitasnya.

Dia kemudian merekrut dan melatih teman tambahan, berjanji untuk membayar mereka 3.500 dollar AS setiap kali berlari. Setelah berlari setiap hari, mereka menikmati kesuksesan mereka, menikmati pembelian mewah dan mengadakan pesta besar.

Di kemudian hari, Nate akhirnya bahaya besar bisnis yang ia jalankan. Baik saingan yang mencoba membunuhnya, atau bahkan polisi yang mencoba memburunya.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya