Pahala Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih Selama Satu Bulan Penuh di Bulan Ramadhan

Menjaga konsistensi sholat tarawih selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan memang tidak mudah. Padahal, pahala yang didapat sangat besar.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 06 Apr 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 10:03 WIB
Pahala Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih Selama Satu Bulan Penuh di Bulan Ramadhan
Pahala Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih Selama Satu Bulan Penuh di Bulan Ramadhan - Ilustrasi Sholat Tarawih (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadhan, selain menunaikan ibadah puasa, umat muslim juga menjadikan bulan puasa sebagai waktu dan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berbuat banyak kebaikan dan melakukan amalan-amalan sunah yang dianjurkan.

Salah satu ibadah sunah yang dikerjakan oleh umat muslim di bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan yang dilakukan di bulan Ramadhan.

Keutamaan bagi orang yang melaksanakan sholat tarawih sangat besar, yaitu mendapat pengampunan dosa dari Allah SWT. Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya,

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Hadist ini memotivasi umat muslim agar melaksanakan sholat sunah tarawih karena ibadah ini hanya boleh dikerjakan di bulan Ramadhan saja. Pahala yang dijanjikan sangatlah besar, serta dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni dengan catatan harus yakin akan keutamannya dan dijalani dengan penuh keikhlasan.

Sholat tarawih yang hanya terdapat di bulan Ramadhan menjadi penghapus dosa umat muslim dari dosa-dosa yang pernah dilakukan. Imam Ibnul Mundzir mengatakan bahwa dosa yang dihapus adalah seluruhnya, baik dosa kecil atau dosa besar.

Berikut penjelasan mengenai pahala yang akan didapat ketika berhasil konsisten sholat tarawih selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, melansir dari laman NU Online, Selasa (04/04/2023).


Dua Manfaat Sholat Tarawih

Sholat tarawih
Ilustrasi Ibadah Ramadhan Credit: pexels.com/Chattrapal

Terdapat dua manfaat yang sangat besar bagi orang-orang yang mengerjakan sholat tarawih.

1. Manfaat Rohani

Manfaat rohani adalah diampuninya segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan oleh Allah SWT, sebagaimana dijelaskan pada hadits di atas, dan tentu juga mendapatkan banyak pahala dari-Nya.

Dosa-dosa yang diampuni oleh Allah disebabkan sholat tarawih adalah dosa-dosa kecil yang pernah kita lakukan selama ini. Hanya saja, bukan tidak mungkin Allah mengampuni dosa-dosa besar yang pernah kita lakukan. 

2. Manfaat Jasmani

Sedangkan manfaat jasmani dari sholat tarawih adalah untuk kesehatan tubuh, serta terhindar dari penyakit-penyakit makanan yang dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Selain itu, sholat tarawih juga dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh, memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan kebugaran jasmani.


Pahala Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih

Sholat Tarawih Sendiri di Rumah
Ilustrasi Sholat Tarawih Sendiri di Rumah Credit: pexels.com/Abdullah

Menjaga konsistensi dalam melaksanakan sholat tarawih adalah suatu tindakan yang sangat penting bagi setiap muslim selama bulan Ramadhan.

Dalam pelaksanaan sholat tarawih yang dilakukan, biasanya pekan pertama sampai pertengahan Ramadhan mungkin volume jamaah masih ramai, tapi begitu memasuki separuh bulan terakhir apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri jumlah jamaah akan berkurang.

Padahal, pahala yang didapatkan oleh umat muslim jika berhasil mengaja konsistensi sholat tarawih dalam satu bulan, semakin besar pahala yang didapat. Dalam salah satu potongan haditsnya, Rasulullah SAW bersabda,  

إنَّ الرَّجُلَ إِذَا صَلَّى مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ  

Artinya,

“Sesungguhnya seorang laki-laki yang melaksanakan shalat bersama Imam (berjamaah) sampai selesai, maka baginya dihitung pahala beribadah satu malam penuh.” (HR Abu Dawud)

Artinya,

Jika konteks hadits ini diberlakukan dalam sholat tarawih, maka barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih sampai selesai berikut witir serta zikir dan doa bersama imam, ia akan memperoleh pahala setara menghidupkan satu malam penuh dengan ibadah. Belum lagi malam Ramadhan, pasti pahalanya lebih besar lagi dibanding malam-malam lainnya.

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya