Catat dan Hindari, Berikut Makanan dan Minuman yang Buruk untuk Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi sangat penting karena gigi yang sehat tidak hanya berdampak pada kesehatan mulut dan gigi, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 23 Apr 2023, 10:10 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2023, 10:10 WIB
Penting untuk merawat kesehatan mulut dan gigi
Sikat gigi dua kali sehari. (unsplash.com/@nci)

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan gigi sangat penting karena gigi yang sehat tidak hanya berdampak pada kesehatan mulut dan gigi, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada beberapa alasan mengapa menjaga kesehatan gigi sangat penting. Dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi, kita dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi, gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit gigi lainnya.

Menjaga kessehatan gigi juga dapat mencegah penyakit serius seperti infeksi, penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker. Oleh karena itu, dengan menjaga kesehatan gigi secara teratur, Anda dapat menghindari masalah gigi dan mulut yang lebih serius, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika Anda pernah mendengar bahwa permen dapat merusak gigi atau bahkan mengikis gigi Anda sehingga menyebabkan berlubang, Anda mungkin bertanya-tanya mengenai makanan dan minuman apa saja yang dapat merusak kesehatan gigi Anda. Meskipun secara teknis benar bahwa semua makanan dapat merusak kesehatan gigi, namun tidak semua makanan atau minuman menyebabkan kerusakan yang sama.

Untuk itu, perlunya mengetahui jenis makanan dan minuman yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Berikut penjelasannya, melansir dari laman New York Times, Kamis (20/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana Pengaruh Makanan dan Minuman Terhadap Kerusakan Gigi?

kesehatan gigi
kesehatan gigi/pixabay

Apoena de Aguiar Ribeiro, seorang dokter gigi anak dan ahli mikrobiologi di University of North Carolina di Chapel Hill yang mempelajari mikrobioma mulut dan bagaimana pengaruhnya terhadap kerusakan gigi, mengatakan bahwa ada dua hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu komposisi dan kualitasnya.

Di dalam mulut kita hidup lebih dari 700 spesies bakteri. Ada bakteri berbahaya dan ada bakteri yang bermanfaat. Bakteri berbahaya memecah gula dari makanan dan minuman dan mengubahnya menjadi asam, yang lama kelamaan dapat menarik mineral penting dari gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Jika Anda tidak waspada dalam membersihkan gigi, bakteri juga dapat membentuk lapisan lunak, atau plak, pada permukaan gigi Anda, yang dapat memperburuk keasaman dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk berkembang biak lebih banyak lagi.

Jika plak gigi Anda tumbuh dan mengeras, plak gigi dapat berubah menjadi karang gigi, yang juga dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan radang gusi.


Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi

Seputar Perubahan Warna Gigi
Ilustrasi Gigi Sehat Credit: pexels.com/Cedric

Makanan yang manis dan tinggi gula dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Ketika Anda makan makanan manis, bakteri di mulut Anda mengubah gula menjadi asam yang dapat merusak lapisan email gigi. Jika asam terus menumpuk di email gigi, dapat menyebabkan lubang atau kerusakan permanen pada gigi.

“Makanan manis, terutama makanan yang mengandung glukosa sangat buruk bagi gigi Anda karena bakteri berbahaya berkembang biak di dalamnya,” kata Dr. de Aguiar Ribeiro.

Banyak sekali makanan yang mengandung sukrosa di dalamnya seperti permen, kue kering, dan lain sebagainya. Selain itu, Selain itu, makanan apa pun yang lengket atau kenyal seperti permen karet, buah-buahan kering, dan permen buah juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Ketika gula berlebih menempel di gigi Anda, bakteri berbahaya dapat menyimpannya di dalam sel mereka, dan terus memproduksi asam selama berjam-jam setelah Anda makan.


Jenis Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi

Gigi Sehat
Ilustrasi gigi sehat/credit: Freepik.com

Ada beberapa jenis minuman yang dapat merusak kesehatan gigi, misalnya minuman tertentu seperti soda, jus, minuman berenergi, dan milkshake juga dapat merusak kesehatan gigi Anda. Minuman-minuman tersebut membuat gigi Anda menjadi lengket dan bergula karena mengandung sifat asam.

Minuman berkarbonasi lainnya seperti seltzer juga bersifat asam. Begitu juga dengan kopi dan minuman beralkohol yang sering dikonsumsi dengan sirup manis.Untuk menjaga kesehatan gigi Anda, sebaiknya mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut dan mencoba untuk menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti air mineral atau susu tanpa gula tambahan.

Jika Anda memang harus mengonsumsi minuman yang berpotensi merusak gigi, sebaiknya berkumur dengan air setelah minum dan jangan menggosok gigi secara langsung setelah minum minuman asam.

Selama Anda menyikat gigi dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur serta menggunakan benang gigi setiap hari, manfaat nutrisi dari makanan-makanan tersebut akan lebih besar daripada risiko kerusakan gigi.

Infografis Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental
Mengenal Mengenai Self Diagnosis pada Kesehatan Mental.(Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya