Top 3: Deretan Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Diabetes

Artikel tentang 5 olahraga yang cocok untuk pengidap diabetes, bantu mengelola kadar gula darah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 14 Agu 2023, 11:03 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023, 11:03 WIB
Top 3: Deretan Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Diabetes
Top 3: Deretan Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Diabetes/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Bertentangan dengan apa yang diasumsikan dan dipraktikkan banyak individu, diabetes seharusnya tidak memperlambat seseorang dan seseorang memang harus lebih aktif secara fisik.

Terlepas dari pola makan yang baik dan gaya hidup sehat, pengidap diabetes harus memasukkan olahraga ke dalam rutinitas harian mereka.

"Olahraga menurunkan nilai HbA1c sebesar 0,7 poin persentase pada orang dari kelompok etnis berbeda dengan diabetes yang menggunakan obat berbeda dan mengikuti berbagai diet, dan peningkatan ini terjadi meskipun berat badan mereka tidak turun," kata laporan Harvard.

Jika Anda tidak tahu bagaimana memulainya, berikut beberapa olahraga yang cocok untuk pengidap diabetes yang bersumber dari beberapa laporan kesehatan dan pakar, seperti melansir dari Times of India, Minggu (13/8/2023).

1. Berenang

Hal terbaik tentang berenang adalah olahraga yang sehat dan tidak memberi tekanan pada persendian. Ini bekerja pada tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah secara bersamaan.

Artikel tentang 5 olahraga yang cocok untuk pengidap diabetes, bantu mengelola kadar gula darah menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang Real Madrd pinjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea, gantikan Courtois yang cedera parah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang 5 zodiak yang jago matematika menurut astrologi, kamu termasuk?

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Diabetes, Bantu Mengelola Kadar Gula Darah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Ola

 

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan perpaduan antara aktivitas aerobik dan anaerobik yang sangat baik untuk diabetes. Ini mengurangi lonjakan gula darah dan juga membantu dalam mengurangi risiko yang berhubungan dengan diabetes.

Namun, mereka yang memiliki masalah persendian dapat menghindari bersepeda dan mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki.

3. Berjalan

Harvard mengatakan, individu dengan diabetes yang berjalan setidaknya dua jam seminggu lebih kedil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung daripada rekan mereka yang tidak banyak bergerak, dan mereka yang berolahraga tiga sampai empat jam seminggu mengurangi risikonya bahkan lebih.

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang sangat baik yang tidak membutuhkan peralatan apa pun dan bisa dilakukan dengan mudah.

Selengkapnya...


2. Real Madrid Pinjam Kepa Arrizabalaga dari Chelsea, Gantikan Courtois yang Cedera Parah

Foto: Barisan 7 Bintang Spanyol yang Terdepak dari Skuad Tim Matador di Piala Dunia 2022, Termasuk Kiper MU David De Gea
Kepa Arrizabalaga. Serupa dengan Sergio Ramos, kiper Chelsea berusia 28 tahun ini juga mampu merebut posisi kiper utama The Blues pada awal musim 2022/2023 dan berharap masuk skuad Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. Sial baginya, cedera datang menghampirinya saat laga terakhirnya kontra Brighton pada 29 Oktober 2022 lalu. (AFP/Adrian Dennis)

Real Madrid sedang melakukan kesepakatan untuk merekrut kiper internasional Spanyol Kepa Arrizabalaga dengan status pinjaman dari Chelsea.

Cedera parah yang dialami Thibaut Courtois menjelang musim La Liga telah membuat klub berjuang mencari pengganti, sebab Andriy Lunin satu-satunya penjaga gawang senior yang fit di Real Madrid. Pemain internasional Ukraina berusia 24 tahun itu memulai pertandingan pembuka di Athletix Bilbao pada Sabtu, 12 Agustus 2023 malam waktu setempat.

Melansir The Athletic, Minggu (13/8/2023), sejumlah alternatif telah dispekulasikan termasuk mantan kiper Manchester United David de Gea dan pemain internasional Sevilla Maroko Yassine Bounou. Namun, Kepa Arrizabalaga muncul sebagai opsi pilihan klub.

Courtois selalu hadir untuk Real Madrid sejak bergabung dari Chelsea pada 2018. Dia telah bermain 230 kali untuk klub Spanyol tersebut, memenangkan dua gelar La Lagi dan satu Liga Champions.

Chelsea mengontrak kiper Robert Sanchez dari Brighton & Hove Albion awal musim panas ini dengan bos baru Mauricio Pochettino mengatakan pada Jumat, bahwa dia mengharapkan "persaingan yang sangat bagus" antara dia dan Kepa untuk posisi No 1.

Kepa mendapatkan kembali posisinya sebagai pilihan utama Chelsea menyusul cedera yang dialami Edouard Mendy musim lalu.

Dia bermain 39 kali untuk Chelsea musim lalu dan sangat solid dalam musim yang mengecewakan secara keseluruhan untuk tim London barat itu.

Selengkapnya...


3. 5 Zodiak yang Jago Matematika Menurut Astrologi, Kamu Termasuk?

Ilustrasi matematika
Ilustrasi matematika. (Photo by Antoine Dautry on Unsplash)

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dibenci banyak orang. Mereka yang membenci mata pelajaran itu, lari sejauh mungkin setelah sekolah selesai.

Tapi kemudian kita memiliki jiwa yang suka memecahkan masalah matematika dan tidak pernah menganggap matematika sebagai tugas.

Seperti beberapa zodiak ini yang dipercaya memiliki ciri-ciri yang jago matematika menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (12/8/2023).

1. Virgo

Virgo dikenal karena sifatnya yang analitis dan berorientasi pada detail. Ciri-ciri ini bisa sangat menguntungkan dalam matematika, di mana ketepatan dan perhatian terhadap detail sangat penting.

Pendekatan sistematis pemilik zodiak ini untuk pemecahan masalah dan kemampuan mereka untuk menangkap kesalahan membuatnya cocok untuk pengejaran matematika.

2. Capricorn

Capricorn dikenal karena disipilin, kesabaran dan berpikir terstruktur mereka. Kualitas-kualitas ini seringkali kondusif untuk mempelajari konsep-konsep matematika yang rumit dan bekerja melalui masalah-masalah yang rumit.

Pendekatan dan tekad metodis Capricorn bisa membantunya unggul dalam upaya matematika.

3. Aquarius

Aquarius sering dicirikan oleh pemikiran inovatif dan kreatifnya. Dalam matematika, berpikir di luar kotak dan menemukan solusi unik bisa menjadi hal yang sangat berharga.

Kemampuan individu berzodiak ini untuk mendekati masalah dari sudut yang tidak biasa bisa menghasilkan terobosan dalam pemahaman matematika.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya