Viral Bocah 10 Tahun Menikah di Madura, Warganet: Dikira Gampang Berumah Tangga

Baru-baru ini heboh sebuah video menunjukkan sepasang anak di bawah umur yang dikabarkan tengah melakukan prosesi pernikahan di Madura.

oleh Camelia diperbarui 03 Nov 2023, 11:03 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2023, 10:45 WIB
Viral Bocah 10 Tahun Menikah di Madura
foto: @karehestohh

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini heboh sebuah video menunjukkan sepasang anak di bawah umur yang dikabarkan tengah melakukan prosesi pernikahan di Madura. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter/X @kegblgnunfaedh terlihat seorang anak perempuan mengenakan hijab tengah memegang sebuah bouquet berisi uang. 

Sementara itu di sampingnya berdiri seorang anak laki-laki yang menggunakan sarung dan peci hitam. Bouquet yang dipegang oleh anak perempuan dalam video tersebut diduga merupakan mahar pada acara tersebut. 

Dua anak yang diketahui masih di bawah umur tersebut sedang berdiri di sebuah teras rumah. Sementara itu di hadapannya terdengar ramai banyak tetangga yang memvideokan keduanya. Ada pula tetangga yang memberikan amplop kepada si anak perempuan. Mereka pun hanya tersipu malu.

“Siapa yg umur 10 tahun masih sibuk main layangan?” tulis akun tersebut. 

Sontak saja video tersebut langsung viral dan menuai beragam komentar warganet. Pasalnya kedua anak tersebut jelas masih di bawah umur dan belum sepantasnya menjalani pernikahan. 

Tak sedikit yang lantas mengatakan jika pernikahan di bawah umur telah melanggar dengan ketentuan dalam undang-undang. Apalagi jika mengingat bocah dalam video tersebut diketahui baru berusia 10 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diduga Masih Ditanggung Orang Tua

Viral Bocah 10 Tahun Menikah di Madura
foto: @karehestohh

Banyak warganet yang mempertanyakan jika keduanya benar menikah bagaimana sang suami akan menafkahi si istri. Menanggapi hal tersebut, sang pengunggah video @karehestohh menjawab jika kemungkinan biaya hidup keduanya masih ditanggung oleh orang tua.

“Kemungkinan masih ditanggung orang tuanya,” ujarnya.

Tentu saja hal ini semakin membuat warganet geram. Pasalnya pernikahan dibawah umur telah melanggar undang-undang. Tak hanya itu, anak seusia mereka pun seharusnya masih harus belajar dan bermain layaknya anak seusia mereka. 


Warganet Geram dengan Pernikahan di Bawah Umur

Viral Bocah 10 Tahun Menikah di Madura
foto: @karehestohh

Tentunya tak sedikit warganet yang geram dengan video viral tersebut. Banyak juga yang menyayangkan tindakan orang tua keduanya. Mengingat kedua pasangan tersebut masih di bawah umur dan seharusnya masih fokus untuk bersekolah. 

“Loh, emang nya di pengadilan agama boleh??,” komentar @membas***.

“Kok dibolehin sih sama ortunya???? WHY?,” timpal @Neverlands***.

“Alasannya apa??? Dari segi apapun udah pasti dilarang, tp ini kok bisa????,” tanya @doranda***.

“Umur 10 tahun nikah yang dibahas sehari hari entar apa aja yaa?” kata @1O***.

"Dikira gampang berumah tangga haha," ujar @detriii***.


Viral Pengantin Wanita Hampir Tak Mau Nikah, Dijanjikan Naik Alphard Ternyata Becak

Viral Pengantin Wanita Hampir Tak Mau Nikah, Dijanjikan Naik Alphard Ternyata Becak
Viral pengantin wanita hampir tak mau menikah, karena dijanjikan naik Alphard, tapi ternyata becak. (Sumber: TikTok/jayantiana)

Semua pasangan pengantin pasti ingin pernikahannya hanya sekali seumur hidup. Oleh karena itu, kedua mempelai terkadang memaksimalkan pesta pernikahan agar bisa menjadi kenangan indah selamanya. Seperti keinginan seorang mempelai wanita yang videonya viral di platform TikTok.

Video yang belum lama ini diunggah oleh laman @jayantiana, langsung menyedot atensi warganet hingga ditonton 5,8 juta kali. Dalam video berdurasi 1 menit 17 detik itu, menampilkan pasangan pengantin yang baru saja menikah. Namun, keduanya ramai diperhatikan warga sekitar karena tampak sedikit ada pertengkaran.

Keributan kecil itu pun langsung membuat orang di sekitarnya merekam momen tersebut. Dipahami dari keterangan unggahan dalam video, pasangan pengantin tersebut hampir gagal menikah karena sang pengantin wanita sebelumnya telah dijanjikan naik mobil Alphard. Namun, yang datang bukanlah mobil, melainkan sebuah becak.

"Merasa di tipu calon suami, pengantin wanita hampir tidak mau menikah," tulis pemilik akun dalam keterangan video, dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @jayantiana, Rabu (01/11/2023).

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya