7 Rekomendasi Drakor Tema Pantai yang Menghibur sekaligus Menenangkan

Drama Korea yang mengangkat tema ini biasa dijuluki sebagai “healing drama” atau drama yang dapat menyembuhkan.

oleh Ditha Kirani diperbarui 20 Feb 2024, 17:04 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2024, 17:04 WIB
Our Blues. (tvN via Soompi)
Rekomendasi drama tema pantai menenangkan

Liputan6.com, Jakarta Pantai identik dengan kegiatan relaksasi yang dapat membangkitkan perasaan senang serta memberikan kekuatan baru. Oleh sebab itu, tidak heran banyak orang menjadikan pantai sebagai destinasi wisata utama, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang sibuk.

Tidak hanya pada kehidupan nyata, hal tersebut juga kerap kali dicerminkan oleh karakter-karakter yang terdapat dalam drama Korea (drakor). Umumnya mereka meninggalkan kehidupan perkotaan yang melelahkan dan penuh ambisi untuk mencari kehidupan baru yang lebih tenteram dan aman di desa.

Drama Korea yang mengangkat tema ini biasa dijuluki sebagai “healing drama” atau drama yang dapat menyembuhkan. Bukan tanpa alasan, drama yang fokus menampilkan latar alam seperti pantai, bukan hanya dianggap sebagai drama yang dapat menghibur, namun juga memberikan ketenangan lewat ceritanya yang ringan dan segar.

Berikut tujuh rekomendasi drama korea bertema pantai yang wajib untuk ditonton seperti dihimpun dari Soompi


1. Welcome to Samdalri (2023)

Poster Welcome to Samdalri
Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun dalam poster Poster Welcome to Samdalri. (Foto: tvN)

Cho Sam-Dal (Shin Hye-Sun) adalah seorang fotografer berbakat di Seoul. Meskipun berasal dari kampung kecil di Jeju, Samdalri, Sam-Dal memiliki ambisi untuk tidak terjebak dalam kehidupan yang sempit. Sayangnya, impiannya di kota besar hancur sebab dia diduga melakukan pelecehan terhadap asistennya. Kepercayaan dan dukungan yang dahulu dia terima berubah menjadi kehilangan dan penolakan.

Dengan perasaan patah hati dan kecewa, Sam-Dal kembali ke kampung halamannya yang belakangan ini dia hindari. Menjalani kehidupan lamanya membuat Sam-Dal turut bertemu orang-orang lama dalam hidupnya, termasuk Cho Yong-Pil (Ji Chang-Wook), sahabat sejak kecil sekaligus mantan kekasih Sam-Dal.

Drama "Welcome to Samdalri" merupakan kisah yang sederhana, namun juga kuat di saat yang bersamaaan. Drama ini mengajarkan nilai kehidupan seperti cara menghadapi kesedihan, dendam, bahkan rasa patah hati.

 

 


2. Chocolate (2019)

Drakor Chocolate
Cuplikan drama korea chocolate | Sumber: Soompi

Drama ini menceritakan kisah cinta antara Lee Kang (Yoon Kye-Sang), seorang ahli bedah saraf, dengan Moon Cha-Young (Ha Ji-Won), seorang koki. Lee Kang dengan luka emosional tentang kehilangan dan pengkhianatan, bertemu dengan Cha-Young yang optimis dalam memandang hidup meskipun tengah menghadapi kesedihan.

Pertemuan pertama keduanya dimulai di sebuah rumah sakit paliatif di tepi laut, tempat mereka merenungkan pelajaran hidup. Namun tidak disangka, ternyata di antara keduanya terdapat peristiwa tragis pada masa lalu yang mengikat mereka hingga ke kehidupan dewasa.

Drama ini memiliki pengambilan latar di berbagai lokasi di Korea Selatan dan Yunani, khususnya di Nafplio. Pemandangan ini kemudian menjadi sarana penyembuhan bagi karakter yang sedang menghadapi kehilangan, kesedihan, dan patah hati. Selain itu, "Chocolate" sendiri menggabungkan elemen makanan dan pelajaran hidup, menciptakan sajian yang hangat dan menyentuh hati untuk jiwa penonton.


3. Hometown Cha-Cha-Cha (2021)

Hometown Cha-Cha-Cha. (tvN via Instagram/ tvn_drama)
Hometown Cha-Cha-Cha. (tvN via Instagram/ tvn_drama)

Hye-Jin (Shin Min-Ah) memilih untuk bermukim di Gongjin, sebuah kota pantai yang memiliki tempat istimewa di hatinya. Dia berharap dapat memulai kehidupan barunya di sana. Namun, sikapnya yang kaku membuat orang-orang di sekitarnya merasa tidak nyaman. Di sisi lain, Hong Doo Shik (Kim Seon Ho), merupakan seorang yang dikenal santai, suka membantu, dan ramah dengan semua orang. Walaupun terlihat ceria, Do-Shik menyimpan rasa sakit dan luka emosional yang mendalam.

Meskipun pertemuan pertama mereka diwarnai dengan ketegangan, Doo Shik secara perlahan membuka mata Hye Jin mengenai realitas kehidupan yang ada. Dalam percakapannya, Doo Shik memberikan gambaran bahwa kehidupan seperti laut yang tenang, namun tidak pernah tahu apa yang terdapat di dalamnya.

"Hometown Cha-Cha-Cha" bukan hanya menampilkan kisah romantis yang menyentuh hati antara Hye Jin dan Doo Shik, tetapi juga menyajikan tontonan yang nyaman dan menyenangkan. Selain kisah pemeran utama, kisah tokoh lain dalam cerita ini juga memiliki maksud yang sangat dalam. Oleh sebab itu, drama ini sangat cocok dinikmati oleh berbagai kalangan. 


4. Warm and Cozy (2015)

[Bintang] 8 Aktor Korea yang Pernah Berperan Menjadi Chef
Yoo Yeon Suk pernah berperan jadi chef saat ia bermain dalam drama Warm and Cozy. (Foto: cmoney.tw)

Lee Jung-Joo (Kang Sora) memutuskan untuk memulai kehidupan baru di Pulau Jeju setelah kehilangan pekerjaan, rumah, dan ditinggalkan oleh pacarnya. Di pulau tersebut, dia bertemu dengan Baek Gun-Woo (Yoo Yeon-Seok), pemilik restoran Warm and Cozy yang kaya dan santai. Selain memiliki bakat kuliner yang luar biasa, Gun-Woo juga memiliki pesona kata-kata yang dapat menarik Jung-Joo.

Konflik muncul ketika kepribadian Jung-Joo dan Gun-Woo saling bertentangan. Jung Joo merasa terganggu oleh sifat tidak dewasa Gun Woo dan menganggapnya terlalu rumit. Kisah pun berlanjut seperti kisah romansa drama Korea pada umumnya yang membuat hubungan keduanya lebih dalam.

Meskipun pengemasan alur terkadang agak terputus, namun karakter yang dibangun oleh para pemeran membuat "Warm and Cozy" tetap menarik. Pulau Jeju, sebagai setting cerita, memainkan peran kunci dengan keindahannya yang mengundang. Dengan nuansa yang ringan dan mudah dicerna, "Warm and Cozy" menjadi tontonan yang menghibur.


5. Our Blues (2022)

Shin Min Ah dalam serial drama Korea "Our Blues". (Foto: Netflix)
Shin Min Ah dalam serial drama Korea "Our Blues". (Foto: Netflix)

"Our Blues" adalah kumpulan kisah dari beberapa tokoh, sehingga dapat dikatakan drama ini memiliki cukup banyak tokoh utama. Tokoh-tokoh ini mengantarkan pada pahit-manisnya kehidupan penduduk Pulau Jeju. Perjalanan tersebut menggambarkan cinta, patah hati, kehilangan, dan segala yang ada di antaranya.

Dalam salah satu bab, kita menyaksikan kisah Min Seon-Ah (Shin Min-Ah) yang kembali ke kampung halamannya setelah pernikahannya berantakan dan kehilangan hak asuh atas anaknya. Dalam keadaan depresi, dia bertemu dengan Dong-Suk (Lee Byung-Hun), seorang pria yang pernah ditinggalkannya, namun tampaknya menjadi satu-satunya orang yang bisa membantu menyembuhkannya.

Seiring berjalannya cerita, kita juga dihadapkan pada kisah Young-Ok (Han Ji-Min), yang merasa bersalah karena meninggalkan saudara perempuannya. Dia mendapatkan dukungan dari Jung-Joon (Kim Woo-Bin), yang dengan sabar menangani tantangan dalam hidupnya.

Secara keseluruhan, drama ini memiliki sisi emosional yang mendalam. Setiap karakter dan situasi yang dihadirkan dapat dirasakan oleh penonton dengan mudah karena ceritanya yang realistis dan mudah dipahami. Seluruh pemeran memainkan karakter dengan baik sehingga "Our Blues" menjadi karya yang menarik untuk dinikmati.


6. Top Star U-Back (2018)

Top Star U-Back
Permeran drama korea Top Star U-Back (Foto: Soompi.com)

Kim Ji-Suk yang berperan sebagai U-Back, merupakan seorang bintang yang terkenal karena sikapnya yang cukup menyebalkan. Dia kerap kali menghadapi masalah karena kebiasaannya berbicaranya yang tajam. Keputusannya untuk mengevaluasi hidup membawanya pindah ke pulau terpencil tanpa koneksi Wi-Fi.

Di pulau tersebut, kemudian dia bertemu dengan Oh Kang-Soon (Jun So-Min), seorang penduduk pulau yang sederhana namun memiliki kekuatan yang tak terbendung. Meski awalnya sulit diterima oleh penduduk desa, Kang Soon berhasil mencuri hati U-Back, membuatnya jatuh cinta dan menemukan tempat yang menjadi rumah baginya.

"Top Star U-Back" mungkin termasuk drama yang jarang dibicarakan. Biarpun begitu, drama ini memiliki cerita yang tidak hanya segar dan lucu, tetapi juga memikat dalam penyajiannya. Keunikan drama ini terletak pada interaksi antara U-Back dan Kang-Soon. Mereka memberikan pesan tentang perubahan dan penemuan cinta dapat terjadi di tempat yang tidak terduga.


7. Summer Strike (2022)

Rekomendasi Drama- Summer Strike
Source: asianwiki.com

Lee Yeo-Reum (Seolhyun) menjalani kehidupan yang tidak mudah, baik dari segi pribadi maupun profesional. Kematian ibunya menjadi titik tolak yang membuatnya merenungkan makna hidup. Pada akhirnya, dia memutuskan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih tenang dengan meninggalkan hiruk-pikuk Seoul.

Yeo-Reum kemudian menuju sebuah kota kecil di tepi pantai. Di sana, takdir membawanya berpapasan dengan Ahn Dae-Bum (Im Siwan), seorang pustakawan introvert yang lebih suka menjalani kehidupan yang tenang, meskipun membawa beban masa lalunya yang traumatis.

"Summer Strike" muncul sebagai drama yang penuh kelembutan dengan potongan kisah kehidupan sehari-hari. Kisah cinta yang tumbuh perlahan antara Yeo-Reum dan Dae-Bum memberikan sentuhan yang menyentuh hati, menggambarkan kemampuan mereka untuk saling memahami dan tumbuh bersama melalui perjalanan kehidupan yang penuh warna.

Infografis 84 Petugas Pemilu 2024 Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 84 Petugas Pemilu 2024 Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya