Dari Warna Hingga Rasa, Ini Cara Bedakan Daging Sapi dan Kambing

Ada banyak sekali ciri-ciri yang membedakan daging sapi dan daging kambing. Berikut adalah ciri-cirinya.

oleh Muhammad Ammar Dzakwan diperbarui 18 Jun 2024, 19:07 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2024, 19:00 WIB
Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Bisa Tahan Lama
Credit via Pexels.com/Mark Stebnicki

Liputan6.com, Jakarta Belum genap seminggu hari raya Idul Adha berlalu, masyarakat masih antusias dalam menyiapkan berbagai olahan hidangan daging kambing atau sapi.

Di Indonesia sendiri, sapi dan kambing merupakan hewan yang paling sering dikurbankan. Setelah hewan kurban dipotong, dagingnya akan dibagi-bagikan ke setiap rumah di area tersebut.

Hanya saja, sering kali daging dibagikan secara acak. Hal itu membuat orang yang masih awam menjadi bingung apakah ia menerima daging sapi atau kambing. Terlebih lagi, daging sapi dan kambing memiliki bahan dan cara masak yang berbeda.

Namun jangan khawatir, karena daging sapi dan kambing bisa dibedakan dari karakteristiknya masing-masing. Dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/06/2024), berikut adalah cara membedakan daging sapi dan kambing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lihat Kepekatan Warnanya

Daging Kambing
Mitos seputar daging kambing membuat sebagian orang enggan untuk mengkonsumsinya. (Foto: Freepik/stockking)

Jika dilihat sekilas, baik daging sapi maupun kambing mentah sama-sama berwarna merah. Namun, daging kambing memiliki warna merah yang lebih cerah, sedangkan daging sapi cenderung berwarna merah pucat.

Jika dibiarkan di udara terbuka, warna daging sapi akan berubah jadi coklat gelap. Sedangkan daging kambing akan berubah warna jadi merah pucat usai dibiarkan di suhu ruang.


Periksa Teksturnya

Tanpa Bahan Tambahan, Ini Trik Jitu Iris Daging Sapi Agar Mudah Empuk
Tanpa Bahan Tambahan, Ini Trik Jitu Iris Daging Sapi Agar Mudah Empuk (YouTube/Fau Fau)

Meskipun lebih besar, daging sapi ternyata memiliki serat yang lebih halus sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Hal itu berbeda dengan daging kambing yang berserat lebih tebal sehingga dagingnya lebih keras.

Begitu pula jika dimasak di mana daging sapi akan lebih mudah empuk daripada daging kambing.


Perbedaan Aroma yang Mencolok

Bukan Direbus, Begini Cara Bikin Sate Daging Kambing Tua Agar Empuk dan Anti Prengus
Bukan Direbus, Begini Cara Bikin Sate Daging Kambing Tua Agar Empuk dan Anti Prengus (YouTube/Heru Sutrisno)

Daging kambing dikenal memiliki bau yang khas dan cukup mengganggu yang disebut sebagai bau prengus. Sedangkan daging sapi segar cenderung tidak mengeluarkan aroma yang terlalu tajam.


Perbedaan Kadar Lemak

Tidak Pakai Bahan Tambahan, Begini Cara Ampuh Potong Daging Sapi Biar Cepat Lembut
Tidak Pakai Bahan Tambahan, Begini Cara Ampuh Potong Daging Sapi Biar Cepat Lembut (YouTube/Fau Fau)

Dalam ukuran 100 gram, daging sapi mengandung 15 gram lemak, sedangkan daging kambing hanya 3 gram.

Hal itu bisa dilihat di mana daging sapi memiliki lemak selaput putih yang cukup panjang, sedangkan daging kambing tidak. Oleh sebab ini pula daging sapi memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih tinggi dari daging kambing.


Rasa yang Berbeda

resep steak daging kambing
ilustrasi daging kambing/copyright Shutterstock

Jika dimasak dengan cara yang tepat, baik daging kambing atau sapi akan terasa gurih dan juicy. Hanya saja, rasa pada daging kambing lebih kuat, sedangkan rasa daging sapi cenderung “netral”.


Kandungan Nutrisi

Teknologi Terbaru Kulkas Electrolux, Bisa Simpan Daging Segar Tanpa Perlu Thawing
Ilustrasi daging sapi. (dok. Eiliv-Sonas Aceron/Unsplash)

Daging kambing diketahui lebih sehat karena mengandung lebih sedikit lemak dan lemak jenuh, tapi lebih banyak zat besi dari daging sapi.

Melansir dari Healthline, daging kambing juga mengandung nutrisi seperti vitamin B12, zinc, dan kalium. Adapun nutrisi yang terkandung pada daging sapi adalah selenium, mineral dan vitamin B6.


Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Perbedaan Daging Sapi dan Daging Kambing


Apa Perbedaan Serat Daging Sapi dan Daging Kambing

Sapi memiliki serat halus dengan garis-garis lemak yang terlihat jelas. Lemaknya tampak berwarna putih kekuningan. Sebaliknya, lemak daging kambing berbentuk lebih berserabut halus dan warnanya putih. Lemak dalam daging ini disebut-sebut berperan penting dalam menghasilkan rasa daging yang khas.


Apa Kelebihan dari Daging Kambing?

Daging kambing ternyata memiliki kandungan lemak yang lebih rendah, namun memiliki kandungan protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi. Oleh karena itu, daging kambing merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan daging merah yang lebih sehat serta berusaha menjaga berat badan.


Apakah Daging Kambing Lebih Sehat daripada Daging Sapi?

Menurut dr. Ruty Kurniawan, SpPD, seorang spesialis penyakit dalam, daging kambing ternyata lebih menyehatkan dibandingkan daging sapi bila dilihat dari kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya.


Apa Kelebihan Makan Daging Sapi?

Beragam manfaat dari daging sapi termasuk mencegah anemia, mendukung kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan fungsi otot. Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang lezat serta kaya akan manfaat. Dalam aspek kesehatan, mengonsumsi daging sapi memberikan banyak keuntungan yang positif.


Apakah Boleh Makan Daging Sapi dan Daging Kambing Bersamaan?

Memasak daging kambing dan sapi bersama dalam satu hidangan dapat menyebabkan risiko keracunan karena keduanya memiliki kualitas yang berbeda dan harus diolah dengan cara yang berbeda pula.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya