6 Manfaat Makan Pisang Sebelum Olahraga, Bisa Bantu Cegah Kram

Pisang kaya akan karbohidrat dan potasium, keduanya diperlukan untuk kinerja latihan dan pembentukan otot. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus makan pisang sebelum berolahraga.

oleh Bella Zoditama diperbarui 02 Jul 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 09:04 WIB
Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang. Sumber foto: unsplash.com/Mike Dorner.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang suka makan dulu atau membiarkan perut kosong sebelum berolahraga? Bagi yang pertama, pasti Anda suka makan buah atau snack sehat supaya tidak terlalu kenyang tapi tetap bisa memberikan energi yang cukup selama beraktivitas.

Nah, apakah sudah mencoba memakan pisang sebelum rutinitas olahraga setiap hari? Buah-buahan sehat ini adalah camilan pre-workout yang populer karena alasan yang baik.

Selain karena mudah dibawa ke mana-mana, nyaman di perut, dan juga lezat, pisang juga bisa memiliki manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kinerja kebugaran Anda. Dikemas dengan sumber energi alami dan nutrisi penting, pisang dapat membantu Anda tampil lebih baik selama rutinitas olahraga.

Kandungan karbohidratnya yang tinggi memberikan energi yang berkelanjutan. Sementara kandungan potasiumnya membantu fungsi otot.

Tidak hanya itu, pisang juga mudah dicerna tubuh sehingga tidak akan membebani Anda selama berolahraga!

Dilansir dari Healthshot, Sabtu (29/6/2024), sebenarnya sejauh apa manfaat pisang yang bisa Anda rasakan? Apakah baik makan pisang sebelum olahraga?

Berikut adalah beberapa manfaat potensial pisang yang membantu meningkatkan kinerja latihan Anda:

1. Kaya karbohidrat

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik, yang dipecah tubuh Anda menjadi glukosa untuk energi, sesuai dengan penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Safety. Energi berkelanjutan ini penting untuk memberi tenaga selama olahraga Anda, terutama latihan ketahanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tinggi kalium

Ilustrasi buah pisang
Ilustrasi buah pisang yang kaya manfaat Credit by unsplash.com/anastasia eremina

Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik, mineral yang memainkan peran penting dalam fungsi otot dan impuls saraf, menurut sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition. Mengisi kembali potasium yang hilang melalui keringat saat berolahraga dapat membantu mencegah kram otot dan kelelahan.

3. Mudah dicerna

Pisang lebih mudah dicerna dibandingkan camilan sebelum latihan lainnya.

"Artinya, Anda tidak akan merasakan rasa tidak nyaman di perut saat berolahraga," kata ahli gizi Susmita N.

4. Membantu pemulihan otot

Menurut penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, pisang dapat membantu pemulihan otot setelah berolahraga. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi karbohidrat dan potasium di dalamnya.

“Ini juga merupakan sumber Vitamin B6 (Piridoksin) yang baik yang penting untuk membangun kembali otot tanpa lemak setelah berolahraga,” kata sang ahli.


5. Menyediakan serat dan elektrolit

Memanfaatkan Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang Credit: pexels.com/Alleksana

Pisang mengandung banyak serat, yang membantu pelepasan energi secara perlahan dan stabil selama Anda berolahraga. Selain itu, pisang kaya akan elektrolit, yaitu mineral yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

Elektrolit hilang melalui keringat, dan mengisinya kembali dapat membantu mencegah dehidrasi dan meningkatkan kinerja.

6. Mengurangi peradangan

Apakah Anda mencari cara untuk mengurangi peradangan? Coba tambahkan pisang ke dalam menu harian Anda. Pisang mengurangi peradangan otot pasca latihan karena adanya senyawa seperti fenol, karotenoid, dan fitosterol.

Pisang kaya akan karbohidrat, yang dibutuhkan untuk pelepasan energi selama aktivitas fisik. Makan pisang sebelum berolahraga membantu pelepasan glukosa secara perlahan dan stabil dari hati ke otot karena kandungan seratnya.

Ini mengurangi periode kelelahan sebesar 10-15 persen. Pisang juga mengandung potasium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan otot dan kontraksi otot.

“Kalium hilang melalui keringat dan kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan kram otot secara tiba-tiba, mual, dan rasa tidak nyaman di perut. Makan pisang sebelum berolahraga akan menjaga kadar potasium dalam tubuh,” kata sang ahli.


Apa Efek Samping dari Makan Pisang?

buah pisang
ilustrasi buah pisang/Photo by alleksana from Pexels

Mengonsumsi sesuatu secara berlebihan mungkin tidak baik untuk kesehatan Anda. Hal yang sama juga berlaku pada pisang.

Berikut beberapa kemungkinan efek samping mengonsumsi pisang, antara lain:

  • Makan pisang secara berlebihan mungkin menyebabkan kembung, kram perut, vertigo, mual, dan muntah.
  • Makan pisang secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.
  • Makan pisang mentah bisa menyebabkan sembelit karena kandungan patinya yang tinggi.
  • Pisang merupakan sumber potasium yang baik, sehingga memakannya akan menyebabkan hiperkalemia. Penderita gangguan jantung, kelemahan otot gagal ginjal perlu waspada.
  • Penderita migrain mungkin dipicu oleh makan pisang secara berlebihan karena mengandung tyramine.

Selain itu, Anda juga sebaiknya memperhatikan cara mengonsumsinya. Sebaiknya hindari minum air putih sesaat setelah makan pisang karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan parah. Minum air membuat pisang sulit dicerna, jadi selalu tunggu sekitar 30 menit sebelum minum air.

Infografis soal data pernikahan
Angka Pernikahan di Indonesia Selama 10 Tahun. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya