Trik Atasi Api Kompor Gas Tidak Menyala Normal, Modal Kurang dari Rp10 Ribu

Cara mudah atasi kompor gas berbunyi "blup" periksa dan ganti burner yang rusak.

oleh Agung Budi diperbarui 05 Agu 2024, 13:30 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi Kompor Gas
Ilustrasi kompor gas (dok. Pixabay.com/ferarcosn/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Di pasaran saat ini, beragam jenis kompor canggih berbahan bakar listrik sudah banyak tersedia. Namun, banyak orang masih lebih memilih kompor gas. Alasannya, kompor gas memiliki harga yang lebih terjangkau dan mampu menghasilkan suhu panas tinggi yang mempercepat proses memasak. Meski demikian, pengguna sering kali menghadapi masalah berupa bunyi blup pada kompor gas setelah memutar knop untuk mematikan api.

Bunyi blup ini kerap membuat penghuni rumah panik, khawatir jika kompor atau gasnya bisa meledak. Banyak yang belum tahu cara mengatasi masalah ini. Melalui akun Instagram @indra80wahyu, seorang pengguna berbagi pengalaman mengenai cara menangani kompor gas yang berbunyi blup.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilansir dari Briliofood.net, Senin (05/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Periksa Burner Kompor

Cara Bersihkan Noda Lemak Kompor
Tips bersihkan noda lemak pada kompor dengan bahan-bahan dapur (pexels/olly)

Indra menjelaskan bahwa bunyi blup pada kompor gas umumnya disebabkan oleh kerusakan pada burner. Kalau diperhatikan, biasanya burner kompor pasti bengkok, ujarnya dalam sebuah unggahan di Instagram, seperti yang dilaporkan oleh BrilioFood pada Kamis (1/8). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut burner dari kompor. Setelah itu, periksa pinggiran burner untuk melihat apakah ada kerusakan atau bentuk yang tidak wajar.


2. Ganti Burner yang Rusak

Ilustrasi  Kompor Gas
Ilustrasi kompor gas. (dok. Pixabay.com/stevepb)

Apabila terbukti bahwa burner mengalami kerusakan, langkah berikutnya adalah segera menggantinya dengan yang baru. Anda dapat menemukan burner pengganti di berbagai platform e-commerce dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp7.000-an. Dengan mengganti burner yang rusak, Anda dapat menghilangkan bunyi blup yang mengganggu dan memastikan kompor Anda kembali berfungsi dengan baik.


3. Uji Coba Kompor

Ilustrasi memasak dengan kompor gas
Ilustrasi memasak dengan kompor gas (Sumber: Pixabay)

Setelah memasang burner yang baru, cobalah untuk menyalakan kompor dan kemudian mematikan api untuk memastikan bahwa bunyi blup yang mengganggu sudah tidak ada lagi. Indra telah membuktikan bahwa dengan mengganti burner yang rusak, kompor gasnya kembali berfungsi dengan baik tanpa suara blup yang menjengkelkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa mengatasi masalah kompor gas yang berbunyi blup dan memastikan peralatan memasakmu bekerja dengan optimal.


Pertanyaan Warganet Seputar Kompor


Apa Kompor yang Paling Tua?

Kompor tertua tercatat dibuat di Alsace, Perancis, pada tahun 1490. Kompor ini seluruhnya terbuat dari batu bata dan ubin, termasuk pipa cerobongnya.


Bagaimana Cara Agar Api Kompor Gas Tidak Merah?

Agar api kompor gas tetap biru dan stabil, pastikan udara campuran gas seimbang. Jika api berwarna merah, bersihkan bagian yang terkena kotoran atau debu dan lakukan penyesuaian pada udara campuran gas.


Ada Berapa Macam Kompor?

Beberapa jenis kompor berdasarkan bahan bakarnya antara lain:

Kompor Gas, Kompor Listrik, Kompor Induksi

Tipe-tipe ini juga bisa hadir dalam konfigurasi downdraft untuk ventilasi terintegrasi dan opsi gaya komersial untuk lebih banyak fitur.


Apa Nama Pembakar pada Kompor?

  • Elemen pembakar pada kompor tanam bisa berupa pembakar gas, koil listrik, atau pemanas berseri.

Ada Berapa Jenis Kompor Gas?

Kompor gas dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan gaya dan desain:

  • Pembakar Tersegel
  • Pilot Berdiri
  • Pengapian Listrik

Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam hal memasak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya