Kenali Peter Pan Syndrome dan Alasan Hal Ini Dapat Merusak Hubungan Anda

Pernah mendengar tentang Peter Pan Syndrome? Kondisi ini menggambarkan seseorang yang tidak bisa tumbuh dewasa dan masih bertindak seperti anak-anak

oleh Bella Zoditama diperbarui 02 Sep 2024, 09:02 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 09:02 WIB
Ilustrasi anak bermain game (Dok: TotallyAwesome)
Peter Pan Syndrome (Dok: TotallyAwesome)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi dewasa memang membutuhkan tanggung jawab yang besar, terlepas dari kita menyukai hal tersebut atau tidak. Maka hal ini harus dijalani dengan sebaik-baiknya walau membutuhkan proses yang cukup panjang dan melelahkan.

Namun sayangnya, sadar ataupun tidak sadar, beberapa dari kita mungkin akan menolak hal ini, sehingga akan menghindari kenyataan dalam tumbuh dewasa—seperti karakter Peter Pan dalam novel Peter and Wendy karya James M. Barrie tahun 1911 dan film serta drama yang diadaptasi dari novel tersebut.

Melansir dari Well and Good, Rabu (28/8/2024), dalam dunia nyata, penyangkalan terhadap kewajiban orang dewasa ini dikenal juga sebagai Peter Pan Syndrome. Di mana mereka yang menjalin hubungan dengan Peter Pan sering kali harus berperan sebagai Wendy, menangani tugas-tugas yang dianggap tidak ada oleh Peter.

Dicetuskan oleh psikolog dan psikoanalis Dan Kiley, PhD, dalam bukunya tahun 1983 berjudul The Peter Pan Syndrome: Men Who Have Never Grown Up, Peter Pan Syndrome adalah istilah psikologi populer—bukan diagnosis resmi atau kondisi kesehatan mental yang diakui oleh Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), kata psikiater Gauri Khurana, MD, MPH, instruktur klinis di departemen psikiatri di Yale University School of Medicine.

Meskipun subjudul buku asli tentang subjek tersebut menunjuk pada kejadian khususnya pada pria cisgender, penting juga untuk dicatat bahwa siapa pun dapat menunjukkan perilaku dan ideologi yang terkait dengan Peter Pan Syndrome, kata psikolog klinis Sabrina Romanoff, PsyD.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan Peter Pan Syndrome. Termasuk apakah hal ini dapat mempengaruhi hubungan asmara Anda dengan pasangan jika seandainya dia memilikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanda-tanda Peter Pan Syndrome

Minimnya Pengetahuan untuk Menjaga Lingkungan
Ilustrasi ekspresi bingung/credit: Freepik.com

“Disebut juga adult child syndrome, Peter Pan complex, atau failure-to-launch syndrome, Peter Pan Syndrome menggambarkan orang-orang yang tidak pernah tumbuh dewasa dan berperilaku seperti anak kecil,” kata Dr. Khurana.

“Orang dengan Peter Pan Syndrome biasanya tidak dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka sendiri, mengalami kesulitan dalam menjaga hubungan dengan orang dewasa, dan mengharapkan orang lain untuk mengurus mereka.”

Karena Peter Pan Syndrome bukanlah diagnosis resmi, tidak ada kriteria resmi yang mendefinisikan kondisi tersebut. Namun, menurut Dr. Khurana dan Dr. Romanoff, beberapa tanda yang paling umum meliputi:

  • Kesulitan menemukan arah hidup dan membuat keputusan sendiri
  • Kesulitan menjaga hubungan pribadi dan romantis
  • Kesulitan menetapkan dan menyelesaikan tujuan, baik besar maupun kecil
  • Tidak dapat diandalkan atau membatalkan rencana karena alasan yang mungkin tidak masuk akal
  • Tidak memiliki kemampuan untuk berfungsi secara mandiri
  • Sering mengalami kehilangan pekerjaan
  • Tidak memiliki akuntabilitas dan menyalahkan orang lain atas pelanggaran pribadi
  • Cenderung mendekati orang yang cenderung mengurus atau "mengasuh" orang lain
  • Menjadi impulsif secara finansial
  • Tidak memiliki keinginan untuk pertumbuhan pribadi atau belajar cara melakukan hal-hal baru

Jika seseorang biasanya tidak memesan janji temu dengan dokternya sendiri atau tidak memiliki rencana lima tahun, itu tidak secara otomatis berarti mereka memiliki Peter Pan Syndrome, kata Dr. Romanoff. Bagaimanapun, banyak orang berjuang dengan transisi menuju kedewasaan, dan wajar saja untuk merasa nostalgia terhadap masa kanak-kanak yang lebih sederhana ketika masa dewasa menjadi sulit.

Namun jika seseorang menunjukkan lebih dari dua atau tiga tanda di atas, dan kesulitan mempertahankan hubungan atau pekerjaan saat dewasa, kemungkinan besar mereka mengalami Peter Pan Syndrome, kata Dr. Romanoff.


Penyebab Peter Pan Syndrome

Lelah - Vania
Ilustrasi Lelah/https://unsplash.com/Ephraim Mayrena

Seperti banyak kecenderungan perilaku lainnya, kecenderungan yang terkait dengan Peter Pan Syndrome biasanya berakar pada pengalaman masa kecil.

"Jika seorang anak dibesarkan oleh orang tua yang terlalu memanjakan dan protektif, mereka mungkin menjadi sangat takut gagal, sehingga mereka tidak mau mencoba sama sekali," kata Dr. Khurana. "Saat anak-anak ini tumbuh dewasa, mereka mungkin takut meninggalkan keamanan orang tua mereka dan mencoba mencari nafkah sendiri."

Anak-anak yang terlalu banyak dipuji juga dapat mengembangkan Peter Pan complex saat dewasa.

"Ketika seorang anak terus-menerus dipuji dan diberi tahu bahwa mereka yang terbaik, mereka mungkin memiliki citra diri mereka sebagai orang yang tidak pernah salah," kata Dr. Khurana. "Dan sebagai orang dewasa, hal ini dapat membuat mereka sulit melihat bahwa mereka perlu mengubah aspek-aspek diri mereka agar berfungsi lebih baik."

Artinya, mereka dapat merasa berhak untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan, seperti seseorang dengan kecenderungan narsistik—ketimbang menerima bahwa mereka perlu mengambil tanggung jawab orang dewasa tertentu demi diri mereka sendiri dan orang lain di sekitar mereka.

Ada pula yang mengembangkan Peter Pan Syndrome sebagai coping mechanism.

“Michael Jackson adalah contoh Peter Pan yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh kekerasan, dan ini cukup umum,” kata Dr. Khurana. “Seseorang mungkin bertindak seperti anak kecil saat mereka dewasa sebagai cara untuk mendapatkan kembali masa kecil yang tidak mereka miliki.”


Peter Pan Syndrome Dapat Menghambat Hubungan Romantis

Ilustrasi pasangan bertengkar
Hubungan asmara merupakan hubungan yang rumit dan membutuhkan upaya kedua belah pihak untuk mengatasinya. (Foto: Pexels/RDNE Stock project)

Jika Anda atau pasangan memiliki Peter Pan complex, hubungan Anda hampir tidak mungkin berkembang—kecuali jika ada perubahan perilaku yang bertahan lama, kata terapis individu dan pasangan Irina Firstein, LCSW.

"Seorang Peter Pan tidak akan mau berkomitmen atau bertanggung jawab atas berbagai hal," katanya, yang membuat pasangan lainnya, "Wendy," harus menangani semuanya.

"[Wendy] ini adalah seseorang yang berusaha keras untuk memastikan bahwa mereka melakukan segalanya untuk pasangannya," kata Dr. Khurana.

Namun, pada akhirnya, bahkan Wendy yang paling suka memberi pun kemungkinan akan merasa kesal karena harus menangani semua tugas dan tanggung jawab sulit dalam kehidupan sehari-hari, kata Firstein. Bagaimanapun, hubungan yang sehat mencakup memberi dan menerima dari semua orang yang terlibat.

Jika Anda merasa seperti Wendy, Firstein menyarankan untuk mengonfrontasi pasangan Anda tentang perilaku dan sikapnya untuk melihat apakah mereka terbuka untuk membicarakan masalah tersebut dan memiliki kemauan untuk berubah. Jika demikian, mereka mungkin akan mendapat manfaat dari dukungan profesional kesehatan mental yang terlatih, kata Firstein.

Sebagai pasangan mereka, Anda juga harus melihat perilaku Anda sendiri dengan jujur, kata Dr. Khurana, merujuk pada cara-cara di mana tindakan ala Wendy dapat semakin mendukung kecenderungan Peter Pan.

"Wendy cenderung berkorban untuk mempertahankan peran mereka sebagai penyelamat karena mereka memperoleh harga diri dari melayani orang lain," kata Dr. Khurana. "Agar hubungan mereka berkembang, baik Peter maupun Wendy perlu menyesuaikan perilaku mereka."

Di sisi lain, jika Peter Pan Anda tidak terbuka untuk mengubah perilaku mereka, mungkin sudah waktunya untuk berpisah.

"Penting untuk jujur ​​pada diri sendiri dan menyadari bahwa hubungan tidak akan berjalan ke mana pun [dengan seseorang yang tidak akan tumbuh dewasa] dan hanya akan menyebabkan frustrasi," kata Firstein.


Jika Anda yang Memiliki Peter Pan Syndrome

Ilustrasi anak bermain game (Dok: TotallyAwesome)
Ilustrasi anak bermain game (Dok: TotallyAwesome)

Jika ternyata Andalah Peter Pan dalam hubungan Anda, ketahuilah bahwa mengenali perilaku Anda—dan cara-cara yang tidak menguntungkan Anda atau pasangan—adalah langkah pertama yang penting untuk memperbaiki situasi.

Setelah Anda berkomitmen pada diri sendiri untuk berubah, Firstein menyarankan untuk mencari profesional kesehatan mental yang dapat membantu Anda memahami apa yang mungkin menjadi akar penyebab perilaku Anda.

"Sering kali, kekuatan yang mendorong masalah tidak disadari, dan Anda mungkin memerlukan bantuan untuk mengungkap dan memahaminya," katanya. "Membuka diri kepada terapis dan belajar berbicara tentang pengalaman Anda dapat sangat membantu dalam menjadi orang dewasa dan menjadi lebih dewasa."

Sementara itu, penting juga untuk mengomunikasikan rencana Anda untuk mengubah perilaku Anda kepada pasangan Anda. Mungkin itu yang perlu mereka dengar untuk bertahan dan mendukung usaha yang Anda lakukan dalam hubungan tersebut.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental
Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya