Hadir di Empowering Society Festival 2024, Komunitas GUA Diserbu Mahasiswa Baru Binus

Empowering Society Festival merupakan wahana bagi mahasiswa baru Binus untuk menumbuhkan jiwa kepedulian sosial mereka.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Sep 2024, 19:03 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 19:03 WIB
Hadir di Empowering Society Festival 2024, Komunitas GUA Diserbu Mahasiswa Baru Binus
Hadir di Empowering Society Festival 2024, Komunitas GUA Diserbu Mahasiswa Baru Binus (doc: Komunitas GUA)

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Guna Ulang Aja (GUA) ikut berpartisipasi dalam acara Empowering Society Festival 2024 yang diselenggarakan oleh Teach For Indonesia (TFI), di kampus Universitas Bina Nusantara (Binus) Alam Sutra, Tangerang Selatan, Banten, pada 26 sampai 28 Agustus 2024. Empowering Society Festival merupakan wahana bagi mahasiswa baru Binus untuk menumbuhkan jiwa kepedulian sosial mereka. Dalam festival tersebut para mahasiswa dapat berinteraksi dengan berbagai organisasi non profit dan komunitas yang bergerak pada beragam bidang.

Komunitas GUA menjadi salah satu partisipan acara yang boothnya paling banyak dikunjungi oleh para mahasiswa baru Binus Alam Sutera. Teriakan yel-yel : Guna Ulang Aja, Biar Gak Nyampah!" kerapkali menggema meriuhkan suasana selama acara berlangsung. Mereka antusias bertanya kepada para mentor yang menjaga booth Komunitas GUA.

Putri Maharani, salah satu mentor Komunitas GUA menyebutkan bahwa Komunitas GUA adalah kumpulan orang yang peduli pada praktik guna ulang sebagai upaya mengurangi timbulan sampah dengan cara yang sederhana.

"Cara paling simpel yang bisa kita lakukan adalah dengan membawa tumbler saat pergi ke kampus. Dengan begitu kita turut membantu mengurangi sampah botol plastik sekali pakai," ujar Putri.

Para mahasiswa antusias saat mendatangi booth Komunitas GUA. Sebagian dari mereka menyatakan minat untuk bergabung dengan komunitas yang gencar melakukan kampanye dan edukasi gaya hidup guna ulang (reuse) untuk mengurangi sampah plastik ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Edukasi cara reuse

Hadir di Empowering Society Festival 2024, Komunitas GUA Diserbu Mahasiswa Baru Binus
Hadir di Empowering Society Festival 2024, Komunitas GUA Diserbu Mahasiswa Baru Binus (doc: Komunitas GUA)

Dalam festival itu Komunitas GUA berkolaborasi dengan Sabun Isi Ulang (Siul). Produk ini dipasarkan dengan cara berbeda, di mana konsumen harus membawa wadah sendiri.

"Setelah mengetahui tujuan dan aktifitas Komunitas GUA, banyak mahasiswa yang tertarik untuk bergabung, " kata Nasuri Suray selaku Wakil Ketua Komunitas GUA, dalam keterangan resmi, Selasa, 27 Agustus 2024.

Komunitas GUA menyebarkan ide gaya hidup guna ulang melalui Instagram dengan nama akun @gunaulangaja. Di akun tersebut Komunitas GUA senantiasa memposting berbagai macam informasi tentang cara mengurangi sampah dengan cara reuse yang kekinian.

 


Fokus edukasi pada reuse

Dalam keterangannya, Bowo selaku koordinator Komunitas GUA menyebutkan bahwa Komunitas GUA telah melakukan edukasi 3R di sejumlah sekolah di Tangerang Selatan dan juga di khalayak umum seperti di alun-alun Pamulang.

"Kami melakukan edukasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) kepada masyarakat sebagai upaya pengurangan sampah. Tapi kami berfokus kepada reuse. Yaitu penggunaan barang berulangkali," ujar Bowo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya