Tidak Hanya Menyehatkan Tubuh, Bersepeda Juga Memberikan 5 Manfaat Ini Bagi Mental Anda

Bersepeda mampu menyehatkan fisik dan mental Anda. Anda akan melatih rasa percaya diri jika rutin melakukan olahraga bersepeda. Hal ini terjadi karena Anda memiliki kemampuan berinteraksi yang baik dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 30 Sep 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 09:03 WIB
Ilustrasi bersepeda, olahraga, berkeringat
Ilustrasi bersepeda, olahraga, berkeringat. (Photo by Jonny Kennaugh on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Bersepeda adalah hal yang menyenangkan. Biasanya bersepeda dilakukan pada pagi atau sore hari atau bahkan pada waktu tertentu seperti weekend. Tujuan orang bersepeda adalah untuk berolahraga. Namun, terkadang orang melakukan aktivitas bersepeda untuk menghilangkan penat dan stres di kepala.

Hal ini yang membuat seseorang senang untuk bersepeda. Ketika Anda bersepeda artinya Anda telah melatih otot-otot bagian tangan dan kaki. Saat Anda mengayuh sepeda, kaki Anda bekerja untuk memindahkan satu tempat ke tempat yang lain. Kecepatan mengayuh sepeda untuk berpindah tempat menjadi ukuran kekuatan otot-otot Anda.

Bersepeda tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mental Anda. Seperti yang dilansir dari Frogbikes, Selasa (24/09/2024) sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Bersepeda memiliki manfaat yang baik bagi pola pikir anak-anak. Saat bersepeda hormon endorfin yang menyebabkan stres dilepaskan. Sehingga, memunculkan perasaan senang dan meningkatkan suasana hati secara alami bagi tubuh. Saat sedang mengayuh sepedah, tubuh Anda akan terasa ringan dan menumbuhkan rasa kebebasan.

Bersepeda memadukan antara aktivitas fisik dan mental Anda. Dengan bersepeda diri Anda akan memiliki pandangan hidup yang lebih positif. Selain itu,bersepeda melatih dan mengelola kemampuan emosional dalam mecari jalan keluar yang lebih sehat. Bersepeda juga dapat mendorong kemandian dan keinginan untuk mencapai sesuatu yang menjadi tujuan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

bersepeda kolesterol
Ilustrasi bersepeda efektif untuk menurunkan kolesterol/Copyright unsplash.com/Coen van de Broek

Bersepeda juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Meskipun hanya seperti permainan dan kesenangan semata, tetapi berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan jiwa sosial seseorang.

Mereka yang suka bersepeda memungkinkan interkasi dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama. Mereka akan saling membicarakan hal-hal tentang sepeda dan akan membicarakan hal-hal-hal lainnya.

Selain itu, mereka yang sama-sama menyukai sepeda akan membentuk komunitas yang nantinya membuat mereka sering untuk berinteraksi. Bersepeda juga menjadi cara yang menyenangkan dan berkualitas untuk mengisi hari dan meningkatkan kepercayaan diri.


3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi perempuan tidur
Ilustrasi perempuan tidur. (Sumber: Unsplash)

Olahraga teratur dapat membantu menjaga pola tidur agar lebih teratur. Tidak hanya mengatur pola tidur, bersepeda juga dapat meningkatkan kualitas tidur sepanjang malam. Sehingga, Anda tidak mudah terbangun dini hari saat tidur.

Tidur yang cukup memberikan kesehatan dan energi yang cukup untuk menjalani hari yang panjang. Bersepeda memberikan kekuatan, daya tahan dan setamina yang kuat. Sehingga, setelah Anda beraktivitas dan bersepeda seharian maka Anda akan lebih cepat tertidur dan akan terasa lebih nyaman sampai bangun di pagi hari.


4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Ilustrasi anak perempuan bersepeda
Berbagai stigma akan perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan juga masih ada, salah satunya adalah jenis olahraga yang digemari dapat menjadi perdebatan panjang untuk para orangtua (Unsplash.com/🇸🇮 Janko Ferlič)

Kognitif merupakan kemampuan memahami suatu peristiwa yang berkaitan dengan mental seseorang. Kognitif dapat berupa daya ingat, perhatian, dan kemampuan dalam mengambil keputusan. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, Anda harus rutin melakukan olahraga.

Salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kognitif seseorang adalah bersepeda. Ketika Anda tergabung dalam suatu komunitas dan bertemu dengan orang lain, Anda telah meningkatkan keterampila hidup. Sebab bersepeda memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kognitif seseorang yaitu meningkatkan kreativitas, kemandirian, dan interaksi sosial.


5. Sadar Akan Lingkungan

Sepeda - Vania
Ilustrasi Sepeda/https://unsplash.com/Sergey Mikheev

Saat bersepeda Anda menyatukan diri dengan alam. Anda akan merasakan angin yang berhembus dan dedaunan yang berguguran. Anda akan menyadari berapa banyak polusi yang disebabkan oleh kendaraan-kendaraan berasap seperti mobil, motor, dan bus. Hal ini mendorong Anda untuk sadar menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.

Anda akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk bepergian ke tempat yang memiliki jarak dekat dan memilih menggunakan sepeda. Ketika orang sekitar melihat Anda menggunakan sepeda untuk bepergian, kemungkinan besar mereka terdorong untuk melakukan hal yang sama. Maka secara tidak langsung Anda telah mengajak dan mendorong orang lain untuk melindungi lingkungan.

Infografis Wacana Tilang Pesepeda Nakal di Jalan Raya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Wacana Tilang Pesepeda Nakal di Jalan Raya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya