6 Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Bisa Bantu Kontrol Tekanan Darah

Jagung menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh seperti menjaga kesehatan rambut hingga menurunkan kolesterol jahat.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 22 Okt 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2024, 18:03 WIB
6 Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Bisa Bantu Kontrol Tekanan Darah
6 Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Bisa Bantu Kontrol Tekanan Darah (dok. Pixabay.com/lukinIgor)

Liputan6.com, Jakarta - Jagung, makanan yang sering kita temui dalam berbagai hidangan, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Sebagai sumber antioksidan, jagung dapat berkontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Dikenal dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, baik direbus maupun dibakar, jagung menjadi pilihan populer sebagai makanan utama maupun pendamping.

Banyak individu menjadikan jagung sebagai bagian dari menu diet sehari-hari, baik dalam bentuk tumisan yang dicampur bahan lain atau sebagai hidangan utama saat berkegiatan di luar, seperti berkemah.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal, mengonsumsi biji jagung dalam bentuk mentah atau sedikit diolah bisa menjadi pilihan terbaik.

Berikut beberapa manfaat jagung untuk kesehatan, seperti melansir  dari Nebraska Corn Board, Selasa (22/10/2024):

1. Baik untuk Pencernaan

Jagung merupakan bahan makanan tambahan yang sangat baik untuk diet harian Anda. Kaya akan nutrisi, jagung mengandung vitamin A, vitamin C, dan serat makanan.

Serat yang tidak larut dalam jagung membantu memperlancar proses pencernaan dan mendukung pergerakan usus yang teratur, menjadikannya pilihan ideal untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, jagung juga kaya akan antioksidan, seperti zeaxanthin dan lutein, yang berfungsi untuk mencegah penyakit mata yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Meski kaya manfaat, penting untuk mengonsumsi jagung dalam jumlah yang tepat dan seimbang dengan makanan lain yang juga kaya akan vitamin dan mineral.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi jagung dalam bentuk biji, dibandingkan dengan olahan makanan.

2. Meningkatkan kesehatan rambut

Memperlambat Munculnya Uban
Ilustrasi Rambut Sehat Credit: pexels.com/Curve

Jagung bukan hanya lezat, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan rambut. Kaya akan vitamin dan mineral, jagung mengandung biotin, folat, vitamin C, dan zat besi, yang semuanya penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan rambut yang sehat.

Kandungan biotin dalam jagung, yang juga dikenal sebagai vitamin H, berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. Sementara itu, folat dan vitamin C diperlukan untuk menjaga kadar kolagen, protein yang berfungsi sebagai penyusun utama struktur helaian rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Zat besi dalam jagung juga sangat bermanfaat. Ia membantu mengangkut oksigen ke folikel rambut, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Selain itu, mengonsumsi jagung dapat melindungi kulit kepala dan folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, menjaga rambut Anda tetap sehat dan bercahaya.

 

3. Baik untuk kesehatan jantung

kesehatan
ilustrasi serangan jantung/Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Selain menjadi pilihan baik untuk diet, jagung juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium yang rendah membuat jagung menjadi makanan yang aman untuk dikonsumsi tanpa khawatir terhadap kesehatan jantung.

Jagung kaya akan minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, jagung juga mengandung serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Serat ini bekerja dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

Tidak hanya itu, jagung juga mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein, yang berperan dalam mencegah risiko penyakit jantung.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Usus Buntu
Ilustrasi Usus Buntu Credit: pexels.com/Aline

Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, jagung bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Kaya akan serat, jagung mendukung kesehatan sistem pencernaan dengan membantu mengatur pergerakan usus dan menjaga kelancaran proses pencernaan.

Selain serat, jagung juga mengandung pati resisten, yang berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik ini memberikan "makanan" bagi bakteri baik di dalam usus, sehingga membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

Dengan demikian, jagung dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan usus dan mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

5. Menurunkan berat badan

Menjaga Berat Badan Ideal
Ilustrasi Berat Badan Ideal Credit: pexels.com/Finn

Jagung adalah salah satu makanan yang efektif membantu menurunkan berat badan. Dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah, jagung memungkinkan Anda merasa kenyang tanpa mengonsumsi kalori berlebihan.

Kaya akan serat, jagung memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Ini membantu mengurangi rasa lapar yang seringkali mendorong kita untuk makan berlebihan. Dengan mengontrol nafsu makan, jagung dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori harian.

Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat yang memberikan energi, menjadikannya pilihan yang baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

 

6. Mengontrol tekanan darah

Hipertensi
Ilustrasi kontrol tekanan darah. Credits: pexels.com by Pavel Danilyuk

Jagung merupakan pilihan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tekanan darah. Dengan kandungan kalium yang tinggi, jagung dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. 

Kalium berfungsi sebagai vasodilator, yang membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan terbuka, sehingga dapat mengurangi tekanan darah. 

Selain itu, jagung adalah sumber serat yang baik dan rendah lemak, serta tidak mengandung kolesterol. Ini menjadikannya makanan yang aman untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Jagung juga berperan dalam mengatur kadar gula darah. Dengan membantu menyerap dan melepaskan insulin, jagung dapat berkontribusi dalam menurunkan kadar gula darah.

 

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran
Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya