Ulang Tahun Desa Sumber Sari Gelar Kirab Budaya

Dalam rangka menyambut ulang tahun Desa Sumber Sari Moyu , Sleman, Yogyakarta ke-67 digelar acara kirab budaya.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Nov 2013, 15:13 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2013, 15:13 WIB
131111bkirabbudaya.jpg
Citizen6, Yogyakarta: Dalam rangka menyambut ulang tahun Desa Sumber Sari, Kecamatan Moyu, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ke-67 digelar acara kirab budaya.

Sebelumnya, acara yang digelar bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November ini diadakan Merti Desa atau bersih-bersih desa yang bertujuan menghilangkan sagala malapetaka yang mungkin menimpa masyarakat Desa Sumber Sari.
 
Kirab budaya ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB pagi. Sebelum diberangkatkan, peserta kirab berkumpul di Lapangan Desa Sumber Sari. Seluruh peserta kirab bersama-sama memutari desa menuju titik finish yang bertempat di Balai Desa Sumber Sari dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer.

Acara yang diadakan atas swadaya masyarakat ini sangat meriah. Dengan diikuti peserta dari 13 dusun, yang dari tiap dusunnya mengirimkan peserta sekitar 200 orang, berbagai kesenian khas masyarakat pun ditampilkan. Seperti jathilan, rebana, lombok abang, pit onthel, banyu pangurioan Sendang, dan senam lansia.

Hal yang paling menarik adalah adanya Gunungan yang berisi berbagai hasil bumi seperti padi, buah-buahan, dan sayuran yang nantinya akan diperebutkan dan dipercaya sebagai simbol kemakmuran bagi masyarakat.
 
Sebagai puncak acara peringatan Hari Jadi Desa Sumber Sari Moyu ini, masyarakat menggelar pertunjukkan wayang kulit pada 5 November 2013 oleh Dalang Seno di Balai Desa Sumber Sari Moyu, Sleman, Yogyakarta, dengan lakon Semar Mbangun Khayangan. (Elisabeth Sutriningsih/mar)

Elisabeth Sutriningsih adalah Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta dan pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya