Usai Bangkrut, FTX Berencana Mulai Pertukaran Kripto Baru

Perusahaan masih dalam tahap awal memutuskan apakah akan mengembalikan pertukaran atau tidak

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Apr 2023, 12:27 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2023, 09:15 WIB
Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Bankman-Fried dijadwalkan akan bersaksi di hadapan Kongres di Komite Jasa Keuangan DPR AS, namun hal itu batal dilakukan karena eks CEO FTX itu telah ditahan berdasarkan dakwaan tertutup. (Mario Duncanson/AFP)

Liputan6.com, Jakarta FTX berencana menggunakan uang yang awalnya ditujukan membayar pelanggan untuk memulai kembali pertukaran kripto yang gagal karena proyek tersebut akan membutuhkan sejumlah besar uang tunai, kata seorang pengacara perusahaan di pengadilan Rabu, 12 April 2023.

Seorang pengacara FTX dengan firma hukum Sullivan & Cromwell Andrew G. Dietderich,  mengatakan kepada Hakim Kebangkrutan AS John T Dorsey, perusahaan masih dalam tahap awal memutuskan apakah akan mengembalikan pertukaran, yang memungkinkan pelanggan untuk memperdagangkan aset digital sebelum FTX runtuh, 

“Ada banyak pendapat tentang ini karena ada profesional dalam kasus ini, dan itu banyak sekali,” kata Dietderich, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (14/4/2023). 

Dietderich menambahkan, aplikasi perdagangan FTX yang asli adalah "facade". Saat ini facade lebih mirip video game daripada pertukaran profesional yang berfungsi dengan baik. 

Menurut pengacara itu, dana yang diperlukan untuk memulai kembali pertukaran dapat berasal dari pihak ketiga yang bersedia berinvestasi dalam proyek tersebut, atau FTX dapat menggunakan sebagian dari uang tunai, kripto, dan aset lain senilai USD 7,3 miliar atau setara Rp 107,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.724 per dolar AS) yang telah dikumpulkannya sejauh ini. 

“Uang itu ditahan sampai FTX memenangkan persetujuan pengadilan akhir untuk rencana pembayaran kreditur, sesuatu yang tidak mungkin sampai tahun depan,” pungkas Dietderich.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertukaran Kripto FTX Bangkrut Berhasil Pulihkan Aset Rp 108,2 Triliun

Sam Bankman Fried, Founder FTX. Dok: Alameda Research
Sam Bankman Fried, Founder FTX. Dok: Alameda Research

Pertukaran kripto yang bangkrut FTX telah memulihkan lebih dari USD 7,3 miliar aset atau setara Rp 108,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.835 per dolar AS) dalam bentuk tunai dan aset kripto cair.

Angka ini meningkat lebih dari USD 800 juta atau setara Rp 11,8 triliun sejak Januari, kata pengacara perusahaan pada Rabu, 12 April 2023 di sidang pengadilan kebangkrutan di Delaware.

Pengacara FTX Andy Dietderich mengatakan perusahaan mulai memikirkan masa depannya setelah berbulan-bulan berupaya mengumpulkan sumber daya dan mencari tahu apa yang salah di bawah kepemimpinan mantan pendiri Sam Bankman-Fried yang didakwa. 

FTX mendapat manfaat dari kenaikan harga kripto baru-baru ini, kata Dietderich. Pemulihan totalnya akan bernilai USD 6,2 miliar atau setara Rp 91,9 triliun. 

Ini berdasarkan harga kripto sejak November 2022, ketika FTX mengajukan kebangkrutan setelah pedagang menarik USD 6 miliar atau setara Rp 89 triliun dari platform dalam tiga hari dan saingan pertukaran Binance meninggalkan kesepakatan penyelamatan.

CEO baru FTX John Ray telah merinci transfer dana yang tidak tepat dan akuntansi yang buruk di bursa kripto FTX, menggambarkannya sebagai kegagalan total dalam kontrol.

“Melihat ke masa depan, FTX sedang bernegosiasi dengan para pemangku kepentingan tentang opsi untuk memulai kembali pertukaran kripto dan mungkin akan membuat keputusan pada kuartal saat ini,” kata Dietderich, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (13/4/2023).

 


Satu satunya di Jepang

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Dietderich menjelaskan, sejauh ini pelanggan FTX di Jepang adalah satu-satunya yang dapat menarik dana apa pun sejauh ini, karena peraturan kripto yang relatif kuat di negara itu.

FTX akan membutuhkan modal yang signifikan untuk memulai kembali pertukaran kripto, karena antarmuka pelanggan yang ada memiliki sedikit koneksi ke pergerakan uang di belakang layar, kata pengacara tersebut.

Meskipun begitu, tidak jelas apakah FTX harus menggunakan dananya sendiri untuk memulai kembali pertukaran, daripada menggunakan uang itu untuk membayar pelanggan. Memulai kembali bursa mungkin memerlukan dana dari luar atau penjualan aset bursa.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya