Sukses Film Gladiator Mendongkrak Wisata Roma

Kesuksesan film Gladiator di Piala Oscar berimbas positif pada wisata di Roma. Terutama bagi pemandu wisata yang menggunakan kostum gladiator.

oleh Liputan6 diperbarui 27 Mar 2001, 07:21 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2001, 07:21 WIB
270301aLnGladiator.jpg
Liputan6.com, Roma: Sukses film Gladiator, peraih lima Piala Oscar tahun 2001, membawa imbas positif bagi industri parawisata di Colosseum, Roma, Italia. Di antara yang merasakan keuntungan terbanyak adalah para pemandu wisata yang selalu berkostum gaya gladiator.

Menurut para pemandu wisata, kesuksesan film Gladiator di Piala Oscar, telah meningkatkan penghasilan mereka. Satu hari menjelang penganugerahan Piala Oscar, arus wisatawan yang datang ke lokasi Colosseum, Roma terus bertambah. Karena banyak wisatawan yang ingin foto bersama dengan pemandu wisata, uang yang mengalir ke kocek otomatis bertambah deras.

Kendati tak segarang Russel Crowe --pemeran Maximus dalam film Gladiator--, pemandu wisata di Colosseum terlihat sibuk bekerja. Dengan setia, mereka melayani wisatawan yang berkunjung ke Colosseum, semacam stadion yang dalam zaman Kekaisaran Romawi digunakan sebagai gelanggang adu kekuatan antara manusia dan binatang buas. Namun, kesibukan kali ini tak ada kaitan dengan pertarungan hidup atau mati. Para "gladiator" hanya menemani wisatawan yang tengah berkunjung.

Profesi pemandu wisata ala gladiator baru berkembang sejak enam tahun silam. Menurut mereka, pekerjaan memandu turis cukup menguntungkan. Sebagian memilih profesi ini sebagai pekerjaan sambilan. Sebagian lain untuk mengisi waktu luang sebelum mendapat pekerjaan tetap. Kostum gladiator disewa khusus dari pusat perfilman Italia Cinecitta.(ORS/Nlg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya