Raja Salman: Idul Fitri Saat Pandemi Corona, Keselamatan Penduduk Prioritas Utama

Dalam pesan Idul Fitri, Raja Salman menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk memahami keadaan khusus ini, di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 24 Mei 2020, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2020, 18:00 WIB
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)

Liputan6.com, Jeddah - Raja Arab Saudi mengatakan pada Sabtu 23 Mei 2020 bahwa kesehatan dan keselamatan penduduk dan warga Kerajaan menjadi perhatian utama.

"Dunia sedang menghadapi pandemi kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Raja Salman dalam pidatonya tentang Idul Fitri kepada warga Saudi, penduduk dan Muslim di dunia, seraya menyampaikan harapan baik menandai perayaan tahunan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, dikutip dari Arab News, Minggu (24/5/2020).

Pidato tersebut, disampaikan oleh penjabat Menteri Media Dr. Majid bin Abdullah Al-Qasabi pada malam Idul Fitri setelah salat magrib, ketika saat Arab Saudi dan dunia tengah dilanda krisis kesehatan dan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Raja Salman juga berterima kasih kepada penduduk atas komitmen mereka selama masa-masa sulit ini. Seperti merayakan liburan Idul Fitri di rumah, karena banyak dari mereka tidak bisa menikmatinya dengan keluarga besar akibat pembatasan tinggal di rumah untuk mengekang penyebaran Virus Corona COVID-19.

Dalam pidatonya, Raja Salman menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk memahami keadaan khusus ini, di mana umat Islam dilarang melakukan salat Id di masjid-masjid dan bertukar kunjungan. Ia juga menegaskan kembali bahwa keselamatan dan kesehatan semua adalah prioritas utama.

"Saya sangat menghargai komitmen Anda dalam merayakan Idul Fitri di rumah Anda, secara sadar dan bertanggung jawab, menghormati prosedur jarak sosial dan mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri melalui komunikasi elektronik dan korespondensi. Semua tindakan ini demi keselamatan Anda, karena tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan yang baik."

Pidato tersebut merupakan dorongan besar bagi moral, ketika Raja mengucapkan terima kasih kepada ratusan ribu petugas kesehatan dan lainnya dari semua sektor yang bekerja siang dan malam sebagai tanggapan terhadap pandemi. Melakukan semua yang mereka bisa untuk memberikan dukungan yang mereka butuhkan kepada warga.

Dengan upaya membendung Virus Corona COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi dan kepatuhan penduduknya, langkah besar telah diambil.

Saksikan Juga Video Ini:


Arab Saudi Melakukan Beragam Cara Bendung Corona COVID-19

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Arab Saudi telah melakukan segala upaya untuk memerangi pandemi dan mengurangi dampaknya. Kerajaan juga telah memberikan bantuan yang murah hati kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mendukung upayanya untuk menghadapi pandemi."

King Salman juga berbicara dalam pidatonya tentang peran yang dimainkan Arab Saudi dalam skala global dan tugasnya terhadap kemanusiaan ketika, sebagai ketua G20, mereka mengadakan pertemuan puncak para anggota G20 untuk membahas dampak kesehatan, ekonomi dan sosial pandemi dan dampaknya. untuk mengembangkan rencana aksi dalam menanggapi wabah.

"Kerajaan tidak akan mengampuni upaya untuk membawa kebaikan bagi umat manusia dalam pandemi khusus ini, dan dalam semua aspek kehidupan."

Berdasarkan data dari John Hopkins University, per Minggu 24 Mei, kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di Arab Saudi menembus 70.161 dengan 379 kematian dan 41.236 sembuh.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya