Pengakuan Dokter yang Menangani Shinzo Abe: Berharap Ada Mukjizat

Shingo Nakaoka tahu bahwa setiap upaya untuk menghidupkan kembali mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe kemungkinan akan sia-sia.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 19 Jul 2022, 15:01 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2022, 15:01 WIB
Shinzo Abe, Mantan PM Jepang yang Meninggal Usai Ditembak Saat Pidato Kampanye
Dalam file foto pada 24 Agustus 2020, Shinzo Abe yang masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang berbicara kepada media setibanya di kantor perdana menteri. Shinzo Abe yang sebelumnya dalam kondisi kritis di rumah sakit usai penembakan saat acara kampanye dilaporkan meninggal dunia, pada Jumat, 8 Juli 2022. (Kazuhiro NOGI / AFP)

Liputan6.com, Nara - Saat dia menatap wajah pucat Shinzo Abe, Shingo Nakaoka tahu bahwa setiap upaya untuk menghidupkan kembali mantan perdana menteri Jepang kemungkinan akan sia-sia. Dokter berusia 64 tahun itu bergegas ke tempat kejadian dari klinik terdekatnya dalam beberapa menit setelah penembakan Shinzo Abe pada 8 Juli.

Dari sanalah ia berharap ada mukjizat yang datang agar Abe selamat, seperti dilansir Channelnewsasia, Selasa (19/7/2022).

"Yang langsung mengejutkan saya adalah betapa pucat wajahnya," kata Nakaoka beberapa hari setelah pembunuhan itu.

"Ketika kami memacu jantungnya, tubuhnya tidak berkedut. Dia hampir tidak sadar dan dia sangat pucat, saya langsung tahu dia dalam bahaya dan kritis."

Dengan perawatnya, Nakaoka berlari menuruni tiga anak tangga dan tidak jauh dari tempat kejadian. Seseorang yang tampaknya dari rombongan mantan PM Jepang itu segera menyerahkannya sebuah defibrillator eksternal otomatis (AED), tetapi tidak menyala, katanya.

Salah satu dari tiga perawatnya berlari kembali ke klinik untuk mengambil mesin lain.

Tetapi ketika dia menghubungkannya ke Abe, sebuah pesan suara dari AED mengatakan "tidak berlaku", kata Nakaoka. Itu bisa terjadi ketika jantung berdetak normal, atau tidak sama sekali.

Catatan otoritas yang berada di lokasi setempat yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa responden pertama menduga Shinzo Abe mengalami serangan jantung dalam beberapa menit setelah penembakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Upaya Menyelamatkan Abe

Pelaku Penembakan Shinzo Abe
Tetsuya Yamagami, bawah, ditahan di dekat lokasi penembakan di Prefektur Nara, Jepang barat, Jumat, 8 Juli 2022. Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang telah mengalami insiden penembakan di kota barat Nara oleh seorang pria berusia 40-an yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. (Katsuhiko Hirano/The Yomiuri Shimbun via AP)

Tanpa jalan lain, Nakaoka bergantian dengan perawatnya untuk memompa dada Abe secara manual.

Tetapi dengan terlalu banyak darah yang hilang, hanya ada sedikit kesempatan untuk resusitasi di tempat, katanya.

"Saat itu, saya sangat putus asa," kata Nakaoka.

Abe yang berusia 67 tahun, yang telah memberikan pidato kampanye pra-pemilihan untuk mendukung sesama anggota partai, tidak memberikan tanggapan, kata Nakaoka.

Ambulans tiba pada pukul 11.41 pagi, sekitar 11 menit setelah Abe turun, kata juru bicara pemadam kebakaran kota Nara.

"Rasanya sangat lama," kata Nakaoka.

"Dia harus segera pergi ke pusat medis besar, untuk menghentikan pendarahannya."

Helikopter yang membawa jenazah Abe tiba di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Nara - sekitar 20 km jauhnya - pada pukul 12.20 siang.

"Apa yang saya ingat dengan sangat jelas adalah dengan panik saya berdoa untuk keajaiban sehingga entah bagaimana, pria yang tak tergantikan untuk Jepang ini bisa diselamatkan."

Shinzo Abe adalah perdana menteri terlama di Jepang dinyatakan meninggal pada pukul 17.03 waktu setempat.


Kasus Penembakan di Jepang Sangat Jarang Terjadi Sebelum Insiden Shinzo Abe

Orang-orang berbaris untuk mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, di Kuil Zojoji sebelum pemakamannya Selasa, 12 Juli, di Tokyo. (Eugene Hoshiko/AP)
Orang-orang berbaris untuk mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, di Kuil Zojoji sebelum pemakamannya Selasa, 12 Juli, di Tokyo. (Eugene Hoshiko/AP)

Rentetan penembakan massal baru-baru ini telah mendorong diskusi intensif seputar kontrol senjata di AS.

Tujuh orang tewas dan puluhan lainnya cedera dalam penembakan massal Senin di parade Empat Juli di Highland Park, Illinois. Serangan itu terjadi setelah beberapa penembakan massal lainnya dalam beberapa pekan terakhir, termasuk di Buffalo, New York, dan Uvalde, Texas. Demikian seperti dikutip dari laman South China Morning Post, Jumat (8/7/2022). 

Salah satu pertanyaan terbesar yang diajukan: Bagaimana AS mencegah hal ini terjadi berulang kali?

Meskipun AS tidak memiliki mitra yang tepat di tempat lain di dunia, beberapa negara telah mengambil langkah-langkah yang dapat memberikan gambaran seperti apa pengendalian senjata yang berhasil.  Jepang, negara berpenduduk 127 juta orang dengan kematian tahunan akibat senjata api jarang berjumlah lebih dari 10, adalah salah satu negara tersebut.

"Sejak senjata masuk ke negara itu, Jepang selalu memiliki undang-undang senjata yang ketat," Iain Overton, direktur eksekutif Action on Armed Violence, sebuah kelompok advokasi Inggris, mengatakan kepada BBC. 

"Mereka adalah negara pertama yang memberlakukan undang-undang senjata di seluruh dunia, dan saya pikir itu meletakkan dasar yang mengatakan bahwa senjata benar-benar tidak berperan dalam masyarakat sipil."

Namun kemudian, insiden penembakan justru menimpa mantan PM Shinzo Abe hingga menyebabkan ia tak sadarkan diri. 

Insiden kekerasan senjata jarang terjadi di Jepang, di mana senjata api dilarang.


Negara Penuh Aturan

Shinzo Abe, Mantan PM Jepang yang Meninggal Usai Ditembak Saat Pidato Kampanye-AP
Dalam file foto pada 21 April 2015, Shinzo Abe yang masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang melambai saat berangkat menuju Indonesia di Bandara Internasional Tokyo di Tokyo. Shinzo Abe dikabarkan telah meninggal dunia, setelah menjalani perawatan beberapa saat akibat akibat penembakan di Nara pada Jumat, 8 Juli 2022. (JIJI PRESS / AFP)

Keberhasilan Jepang dalam membatasi kematian akibat senjata terkait erat dengan sejarahnya. Setelah Perang Dunia II, pasifisme muncul sebagai salah satu filosofi dominan di negara ini. 

Polisi baru mulai membawa senjata api setelah pasukan Amerika membuatnya, pada tahun 1946, demi keamanan. Itu juga tertulis dalam hukum Jepang , pada tahun 1958, bahwa "tidak ada orang yang boleh memiliki senjata api atau senjata api atau pedang."

Pemerintah telah melonggarkan undang-undang tersebut, tetapi fakta bahwa Jepang memberlakukan kontrol senjata dari sikap pelarangan adalah penting. (Ini juga salah satu faktor utama yang memisahkan Jepang dari AS, di mana Amandemen Kedua secara luas mengizinkan orang untuk memiliki senjata.)

Jika warga Jepang ingin memiliki senjata, mereka harus menghadiri kelas sepanjang hari, lulus tes tertulis, dan mencapai setidaknya 95% akurasi selama tes jarak tembak.

Kemudian mereka harus lulus evaluasi kesehatan mental, yang dilakukan di rumah sakit, dan lulus pemeriksaan latar belakang, di mana pemerintah menggali catatan kriminal mereka dan mewawancarai teman dan keluarga.

Mereka hanya bisa membeli senapan dan senapan angin, bukan pistol dan setiap tiga tahun mereka harus mengulang kelas dan ujian awal.

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya