Obituari Ratu Elizabeth II, Pemimpin Terlama di Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris berduka. Ratu Elizabeth II dinyatakan meninggal dunia dalam usia 96 tahun. Ia wafat di Kastil Balmoral, Skotlandia.

oleh Raden Trimutia HattaTeddy Tri Setio BertyTommy K. Rony diperbarui 09 Sep 2022, 01:16 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2022, 01:01 WIB
Kerjaan Inggris Rilis Foto Ratu Elizabeth II Jelang Perayaan Platinum Jubilee (Kerajaan Inggris)
Kerjaan Inggris Rilis Foto Ratu Elizabeth II Jelang Perayaan Platinum Jubilee (Kerajaan Inggris)

Liputan6.com, London - Kerajaan Inggris berduka. Ratu Elizabeth II meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

Sebelum meninggal dunia, kesehatan Sang Ratu sempat memburuk. Saat dikabarkan sakit, seluruh anggota keluarga terdekat Ratu Elizabeth II diminta berkumpul ke Balmoral.

Ratu Elizabeth II, raja terlama di Inggris, mengembuskan napas terakhirnya di Istana Balmoral setelah memerintah selama 70 tahun. Keluarganya berkumpul di tanah miliknya di Skotlandia setelah  kesehatannya memburuk pada Kamis pagi.

Sang Ratu naik takhta pada 1952 dan menyaksikan perubahan sosial yang sangat besar di Inggris. Kini, putra sulungnya Charles, mantan Pangeran Wales, akan memimpin Inggris sebagai Raja baru dan kepala negara untuk 14 wilayah Persemakmuran.

Pemerintahannya mencakup 15 perdana menteri dimulai dengan Winston Churchill, lahir pada tahun 1874, dan termasuk Liz Truss, yang lahir 101 tahun kemudian pada tahun 1975, dan diangkat oleh Ratu awal pekan ini.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor lahir pada 21 April 1926, di sebuah rumah tak jauh dari Berkeley Square di London, anak pertama dari Albert, Duke of York -- putra kedua George V, dan istrinya, Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Baik Elizabeth maupun saudara perempuannya, Margaret Rose, yang lahir pada 1930, dididik di rumah dan dibesarkan dalam suasana keluarga yang penuh kasih. Elizabeth sangat dekat dengan ayah dan kakeknya, George V.

Pada usia enam tahun, Elizabeth mengatakan kepada instruktur berkuda bahwa dia ingin menjadi "wanita desa dengan banyak kuda dan anjing".

Dia dikatakan telah menunjukkan rasa tanggung jawab yang luar biasa sejak usia sangat dini. Winston Churchill, calon perdana menteri, dikutip mengatakan bahwa dia memiliki "aura otoritas yang mencengangkan untuk bayi".

Meskipun tidak bersekolah di sekolah umum, Elizabeth terbukti mahir dalam bahasa dan membuat studi rinci tentang sejarah konstitusi. Girl Guides, 1st Buckingham Palace, dibentuk agar dia bisa bersosialisasi dengan gadis-gadis seusianya.


Bukan Penerus Takhta

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II (AFP)

Berdasarkan profil resminya di situs Royal.co.uk, Elizabeth lahir pada 21 April 1926 di ibu kota Inggris, London. Ia merupakan putri dari Pangeran George dan istrinya yang juga bernama Elizabeth.

Semasa kecil, Ratu Elizabeth II dikenal dengan nama Lilibeth, dan ia memiliki adik perempuan bernama Putri Margaret.

Putri Elizabeth sebenarnya tidak dilahirkan sebagai penerus takhta Inggris. Ia harus mengemban tugas itu setelah pamannya, Raja Edward, memilih meninggalkan takhta kerajaan.

Alhasil, Pangeran George harus naik takhta menjadi Raja George VI, dan Putri Elizabeth menjadi putri mahkota. 

Semasa muda, Elizabeth pernah ikut berperang sebagai sukarelawan di Perang Dunia II. Sekitar tujuh tahun setelah perang dunia, Elizabeth naik takhta setelah Raja George VI meninggal pada 1952.

Sesuai namanya, Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth kedua yang menjadi ratu dalam sejarah keluarga kerajaan Inggris. Yang pertama adalah Ratu Elizabeth I, ratu terakhir dari Dinasti Tudor.


Penguasa Terlama di Inggris

Ratu Elizabeth II Resmikan Jembatan Senilai 22,6 Triliun
Ratu Inggris Elizabeth II saat menghadiri peresmian jembatan Queensferry, Skotlandia, Minggu (4/9). Pembangunan jembatan ini telah menghabiskan lebih dari 22,6 Triliun rupiah. (Andrew Milligan/PA via AP)

Ratu Elizabeth II adalah penguasa dengan periode pemerintahan paling lama dalam sejarah Inggris. Masa kekuasaannya resmi masuk tahun ke-70 pada tahun 2022. Sebelumnya, gelar penguasa terlama juga dipegang oleh seorang perempuan, yakni Ratu Victoria. 

Waktu kekuasaan yang lama membuat Ratu Elizabeth II menyaksikan berbagai zaman: Ketika ia naik takhta, Winston Churchill masih menjadi perdana menteri Inggris. Ia juga menyaksikan kekuasaan sang Iron Lady, Margaret Thatcher, sebagai PM wanita pertama dalam sejarah Inggris. 

Di Amerika Serikat, presiden Amerika Serikat yang berkuasa saat Ratu Elizabeth II naik takhta adalah Harry Truman. Setelahnya, Ratu Elizabeth II menyaksikan masa-masa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower, J.F. Kennedy, Richard Nixon, Ronald Reagan, bapak-anak Bush, Barack Obama, Donald Trump, hingga Joe Biden.

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan memiliki empat orang anak: Charles, Anne, Andrew, dan Edward. 

Charles menikah dengan Putri Diana dan memberikan dua cucu kepada sang ratu: Harry dan William. Kelak, William akan menjadi raja Inggris.


Hobi Berkuda

Ratu Elizabeth II Genap Berusia 96 Tahun, Rayakan dengan Berfoto Bersama Kuda Poni
Ratu Elizabeth II rayakan ulang tahun ke-96 pada 21 April 2022. (dok. henrydallalphotography.com/ Instagram @royalfamily/https://www.instagram.com/p/CcllJjSs30h/Dinny Mutiah)

Di hadapan publik, Ratu Elizabeth II terkenal sebagai sosok yang disiplin dan kalem. Sifatnya yang demikian tentu membuat publik penasaran dengan kehidupan di keluarga kerajaan. 

Salah satu hobi sang ratu yang terkenal luas adalah berkuda. Hobi ini diwariskan dari sang ayah, Raja George VI, yang juga suka berkuda. 

Kesukaan sang ratu dalam hal berkuda juga muncul di serial fiksi sejarah The Crown yang membahas keluarga kerajaan Inggris.

Situs Horse and Hound sempat menampilkan foto-foto Ratu Elizabeth II dengan para kuda favoritnya, seperti dua kuda putih bernama Balmoral Jingle dan Balmoral Curlew.

Kuda favorit sang ratu memiliki nama Aurole yang diwariskan langsung dari ayahnya sendiri.

[Bintang] Pewaris Kerajaan Inggris
Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya