Kabur dari Perang Ukraina, 2 Warga Negara Rusia Berhak Ajukan Status Pengungsi di Korea Selatan

Terdapat lima pria Rusia yang kabur dari perang Ukraina ke Korea Selatan.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 15 Feb 2023, 09:18 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 09:18 WIB
Pesan Damai Seniman Jalanan TvBoy untuk Korban Perang Rusia - Ukraina
Orang-orang melewati karya seni dari seniman jalanan terkenal TvBoy yang dibuat pada dinding di Kota Bucha, Ukraina, 30 Januari 2023. Karya seni yang dibuat untuk menghormati para korban perang Rusia-Ukraina tersebut mengandung pesan kelahiran kembali dan harapan serta berharap agar konflik segera berakhir. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Liputan6.com, Seoul - Pengadilan Distrik Incheon di Korea Selatan pada Selasa (14/2/2023), akhirnya memberikan dua dari lima pria Rusia hak untuk mengajukan status pengungsi. Mereka telah terdampar di Bandara Internasional Incheon selama berbulan-bulan.

Pada saat yang sama, pengadilan menolak permohonan suaka seorang warga negara Rusia lainnya, tanpa merinci keputusan tersebut.

Tiga di antara pria Rusia mendarat di Korea Selatan pada Oktober, sementara dua lainnya pada November. Mereka melarikan diri dari Rusia untuk menghindari wajib militer di Ukraina.

"Kami menyambut baik keputusan pengadilan atas keduanya, tetapi sangat disayangkan bahwa permohonan yang lainnya ditolak," kata pengacara yang mewakili tiga pria Rusia, Lee Jong Chan, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (15/2).

"Mereka datang ke sini untuk menghindari membunuh orang yang tidak bersalah dan membuat diri mereka terbunuh dalam perang yang diprakarsai oleh negara asal mereka. Mereka membutuhkan waktu empat bulan hanya untuk memenangkan hak mengajukan status pengungsi," imbuhnya.

Meski otoritas imigrasi Korea Selatan diperkirakan akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan, namun dua pria Rusia telah diperbolehkan meninggalkan bandara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Menetap di Korea Selatan

Ilustrasi bendera Korea Selatan
Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Dua pria Rusia yang telah mendapat hak untuk mengajukan status pengungsi, sekarang diizinkan untuk menetap di Korea Selatan sambil menjalani proses pengakuan suaka, yang bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Sementara itu, seorang pria Rusia yang ditolak permohonan suakanya berhak mengajukan banding. Tetapi, dia harus tetap tinggal di bandara.

Lee mengatakan bahwa kembali ke Rusia bukanlah pilihan yang layak bagi pria yang ditolak tersebut.

"Kecil kemungkinan dia akan memilih kembali ke Rusia, di mana dia akan menghadapi hukuman berat," tutur Lee seraya menambahkan bahwa bepergian ke negara lain mungkin bisa menjadi pilihan.

Adapun dua pria Rusia lainnya masih menanti keputusan pengadilan yang dijadwalkan pada akhir bulan ini.


Tidak Memenuhi Syarat

FOTO: Tanda Perdamaian Raksasa dari Belgia untuk Perang di Ukraina
Bendera Ukraina berkibar ditiup angin saat tanda perdamaian raksasa dipasang para demonstran jelang KTT Uni Eropa dan NATO di Brussels, Belgia, 22 Maret 2022. Pengunjuk rasa meminta para pemimpin Uni Eropa memberlakukan larangan penuh terhadap bahan bakar Rusia. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Sebelumnya, Kementerian Kehakiman Korea Selatan menolak permohonan pengajuan status pengungsi para pria Rusia tersebut dengan mengatakan, menghindari dinas militer tidak memenuhi syarat sebagai alasan yang sah untuk menerima suaka di Korea Selatan.

Isu wajib militer sensitif di Korea Selatan, di mana semua pria berbadan sehat di negara itu harus menjalani wajib militer selama 18 bulan.

Penolakan tersebut membuat para pria –yang pengacaranya meminta mereka tidak disebutkan namanya karena khawatir akan keselamatan keluarga mereka di Rusia– terdampar selama berbulan-bulan di area transit bandara, mendorong mereka untuk membawa kasus ke pengadilan.

Meskipun Korea Selatan telah menandatangani konvensi internasional tentang pengungsi, negara tersebut biasanya hanya menerima segelintir pencari suaka setiap tahunnya.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya