3 Anggota Keluarga Pejabat Luar Negeri Ini Kaya Raya, Tapi Pilih Tampil Sederhana dan Enggan Hidup Mewah

Mewah dan glamor, akhir-akhir ini menjadi ciri khas para pejabat di Indonesia. Sebaliknya, sejumlah keluarga pejabat luar negeri ini justru pilih hidup sederhana, meski aslinya kaya raya.

oleh Yasmina Shofa Az Zahra diperbarui 18 Mar 2023, 20:43 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2023, 20:43 WIB
Jose Mujica dan Lucia Topolansky
Jose Mujica, presiden termiskin di dunia dan istrinya, Lucia Topolansky. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak pejabat Indonesia yang kekayaannya terkuak akibat perlihatkan gaya hidup mewah.

Bagai mencari jarum di tumpukan jerami, sulit rasanya menemukan pejabat kaya raya dengan hidup sederhana di Indonesia, mentok-mentok yang ditemukan adalah pejabat-pejabat dengan foto hitam putih zaman baheula.

Akhir-akhir ini perhatian warganet cukup terpusat kepada para pejabat Indonesia yang diam-diam menimbun kekayaan kemudian terkuak oleh kelihaian warganet, bak detektif.

Di antaranya adalah Vidya Piscarista istri mantan Kapolda Sumatera Barat, Mario Dandy anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dan Eko Darmanto seorang pejabat Bea Cukai.

Urusan mudah bagi warganet untuk menguak lebih banyak lagi kekayaan para pejabat di Indonesia, cukup dengan menelusuri jejak digital yang tersebar di berbagai platform sosial media.

Sementara itu, berbanding terbalik dengan nama-nama tersebut, keluarga dari pejabat luar negeri ini justru memilih untuk hidup sederhana walau sebenarnya kaya raya.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (18/3/2023), berikut ini sanak keluarga pejabat luar negeri yang terkenal dengan gaya sederhananya meski kaya raya, beberapa di antaranya bahkan pilih sumbangkan kekayaan untuk yang membutuhkan:

1. Shamsa bint Suhail Al Mazrouei, istri Raja Terkaya Ketiga di Dunia

<p>Istri Khalifah bin Zayid Al Nahyan, Shamsa bint Suhail Al Mazrouei. (YouTube/Federal Competitiveness and Statistics Centre)</p>

Hidup sederhana Khalifah bin Zayid Al Nahyan, mantan Presiden Uni Emirat Arab, ditularkan kepada istrinya, Shamsa bint Suhail Al Mazrouei. 

Mengutip AP, meski suaminya dinobatkan sebagai raja terkaya ketiga di dunia oleh Forbes tahun 2008 dengan kekayaan pribadi yang diperkirakan sebesar 19 miliar dolar, hidupnya tidak serta merta dipenuhi kemewahan. 

Kehidupan pribadi Shamsa bint Suhail Al Mazrouei jarang dipublikasikan. Hanya ada beberapa dokumentasi yang menunjukkan kegiatan pribadi Shamsa dan keluarganya.

Yang menarik perhatian adalah busana sederhana yang dikenakan Shamsa di setiap dokumentasi yang dipublikasikan. Ia kerap kali terlihat hanya menggunakan busana serba hitam sederhana, tanpa perhiasan atau aksesoris mewah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Xi Mingze, Putri Tunggal Presiden China Xi Jinping yang Hidup Sederhana dan Misterius

Xi Mingze Putri Presiden China XI
Xi Mingze, putri tunggal Presiden China XI. (The Famous People)

Dilansir dari situs Business Standard, Perwakilan Kongres AS Vicky Hartzler mengungkapkan bahwa putri satu-satunya Presiden China Xi Jinping, pemimpin paling kuat kedua di dunia, tinggal di Amerika.

Selain beberapa detail biografi dasar, sangat sedikit yang diketahui tentang putri kesayangan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Xi Mingze tak hanya memilih hidup sederhana, ia juga menjadi putri misterius Presiden China yang keberadaannya sulit untuk diketahui.

Dari pada menghadiri pesta mewah ala anak-anak pejabat China, Xi Mingze lebih memilih hadir di acara mahasiswa bernama Bo Guagua. Hidupnya jauh dari kata glamor dan kemewahan, ia memilih kehidupan sederhana sekaligus tertutup.

Xi Mingze, lahir pada 27 Juni 1992. Ia pergi ke AS pada tahun 2010 untuk belajar di Universitas Harvard di Massachusetts dengan nama samaran.

Sebelumnya, seorang pria China teknisi situs web, Niu Tengyu, didakwa membocorkan informasi pribadi Xi Mingze dan dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.


3. Lucia Topolansky, Ibu Negara Uruguay Tahun 2010 hingga 2015

Lucia Tapolansky
Lucia Tapolansky merupakan istri Jose Mujica, presiden termiskin di dunia. (Twitter/@TopolanskyLucia)

Lucia Topolansky, dikutip dari BBC, adalah istri dari mantan “presiden termiskin di dunia”. Bukan tanpa alasan Jose Mujica mendapat julukan tersebut. 

Suaminya menyumbangkan sekitar 90% dari gaji bulanannya, setara dengan 12 ribu dolar, untuk amal, ini membuatnya dicap sebagai presiden termiskin di dunia.

Lucia, bersama dengan suaminya, menolak tinggal di istana. Mereka memilih tinggal di rumah “petani” di pinggir jalan luar ibu kota, Montevideo.

Dari pada menggunakan pendapatannya untuk hidup mewah dan bergelimang harta, kekayaannya digunakan untuk membantu orang miskin dan pengusaha kecil yang menjadikan gajinya setara dengan pendapatan rata-rata Uruguay yaitu sebesar 775 dolar sebulan.

Sekali lihat, orang-orang akan langsung mengetahui seberapa sederhana hidup mereka. Berbagai dokumentasi menunjukkan pakaian Lucia yang hanya sekedar kaos berkerah untuk beraktivitas. 

Di pertemuan penting, Lucia hanya sekedar mengganti kaosnya menjadi kemeja sederhana, sesekali dipadankan dengan blazer polos.


Jauh dari Kesan Mewah, 2 Istri Pejabat Luar Negeri Ini Justru Tampil Sederhana

Ho Ching Istri Perdana Menteri Singapura
Ho Ching bersama suaminya, Perdana Menteri Singapura. (AFP)

Selain ketiga perempuan di atas, simak kisah keluarga pejabat luar negeri lainnya yang juga pilih hidup sederhana di atas kekayaan yang berlimpah.

Akhir-akhir ini, kehidupan mewah nan glamor para pejabat di Indonesia tengah menjadi sorotan. 

Salah satunya dipicu oleh kasus kekerasan Mario Dandy, anak dari pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo, yang mengakibatkan terungkapnya kekayaan pejabat DJP tersebut.

Imbas dari kasus Rafael, pejabat lainnya pun ikut terdampak. Warganet dengan gesit mengungkap gaya hidup mewah para pejabat Indonesia.

Sebaliknya, istri-istri pejabat luar negeri ini justru berpenampilan lebih sederhana meski dalam sorotan publik.

Berikut ini dua istri pejabat luar negeri dengan gaya hidup sederhana yang juga menarik perhatian masyarakat dunia, dilansir dari sejumlah sumber Rabu (15/3/2023):

1. Ho Ching, Istri Perdana Menteri Singapura

Ho Ching sempat meraih peringkat 30 dalam daftar Powerful Women versi Forbes tahun 2020.

Mengutip the Asian Parent, istri Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ini memiliki daftar prestasi sejak 2004, reputasinya tak perlu diragukan. Wanita berumur 64 tahun ini bahkan disebut sebagai panutan bagi perempuan segala umur. 

Baca selengkapnya di sini...

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya