Kronologi Kecelakaan Jemaah Umrah, Bus Tabrak Jembatan sampai Kebakaran

Sebuah bus di Arab Saudi yang sedang menuju Kota Suci Mekkah mengalami kecelakaan. Menurut media setempat, bus tersebut membawa jemaah haji ke kota suci tersebut.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 29 Mar 2023, 13:29 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2023, 12:24 WIB
Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Umat Muslim berdoa selama bulan puasa Ramadhan di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. (AFP/Abdel Ghani Bashir)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bus di Arab Saudi yang sedang menuju Kota Suci Mekkah mengalami kecelakaan. Menurut media setempat, bus tersebut membawa jemaah haji ke kota suci tersebut.

Kronologi kecelakaan jemaah Umroh bermula ketika bus tersebut terbakar setelah menabrak jembatan hingga menewaskan 20 orang dan melukai sejumlah lainnya.

Dilansir The National, kecelakaan itu terjadi pada Senin (27/3) sekitar pukul 16.00 di Aqabat Shaar, Provinsi Asir. Bus itu berangkat dari Khamis Mushayt menuju ke wilayah Abha.

Kecelakaan bus ini terjadi pada minggu pertama bulan suci Ramadhan, ketika angka kedatangan jemaah umrah melonjak.

Menurut laporan, masalah rem pada bus menyebabkan tabrakan dengan penghalang di ujung jembatan, yang menyebabkannya terbalik dan terbakar.

"Menurut informasi awal yang kami terima, jumlah kematian dalam kecelakaan ini mencapai 20 orang, dan jumlah total luka-luka sekitar 29 orang," lapor saluran televisi Al Ekhbariya.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa korban berasal dari negara yang berbeda-beda, tetapi belum menyebutkan dari mana saja mereka berasal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kecelakaan Bus Jemaah Umrah Indonesia: 49 Jemaah Sehat dan Sudah Umrah, 1 Dirawat di RS Makkah

Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam. (dok Konsul Haji KJRI Jeddah)
Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam. (dok Konsul Haji KJRI Jeddah)

Sebelumnya, kecelakaan bus yang membawa jemaah umrah Indonesia dalam perjalanan dari Jeddah ke Makkah juga terjadi pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam menjelaskan seluruh jemaah umrah Indonesia selamat dalam peristiwa kecelakaan. Namun, terdapat satu perempuan yang harus mendapat perawatan karena mengalami luka berat.

"Jemaah umrah Indonesia tidak ada yang meninggal. Namun, ada lima jemaah yang mengalami luka ringan, terdiri atas tiga jemaah perempuan dan dua jemaah laki-laki. Selain itu, ada satu jemaah perempuan yang mengalami luka berat," terang Nasrullah melalui pesan singkat, Kamis (27/10/2022).

Diketahui, Kecelakaan terjadi di daerah Kholidiah, Makkah, sekitar pukul 23.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Supir bus yang membawa 50 jemaah umrah Indonesia dilaporkan meninggal. Ada satu korban wafat lainnya, yaitu muthawwif (pembimbing ibadah). Keduanya adalah warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi.

"Jemaah yang mengalami luka parah langsung dibawa ke ICU RS An-Nur Makkah. Kondisinya membaik dan diperkirakan besok sudah bisa keluar dari rumah sakit. Semoga bisa segera umrah," sambungnya.

 


Alami Luka Ringan

Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam
Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam (Dok. Biro Pers Kemenag)

Sedangkan jemaah umrah yang selamat dan mengalami luka ringan, saat itu dapat melanjutkan perjalanan menuju hotel mereka di Makkah. Sebanyak 49 jemaah umrah ini juga sudah melaksanakan umrah.

Rombongan 50 jemaah umrah ini berangkat melalui Travel Mubina (Muasasah Abu Sarhad). Mereka mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah sekitar pukul 19.00 WAS. Sekitar pukul 21.00 WAS, mereka diberangkatkan dari bandara King Abdulaziz Jeddah menuju Makkah.

"Jemaah rencananya akan tinggal di Makkah sampai 3 November 2022. Setelah itu, mereka akan ziarah ke Kota Madinah," papar Nasrullah.

"Setelah empat hari di Madinah, jemaah direncanakan akan pulang ke Indonesia pada 8 November 2022," tandasnya.

Begini Cara Mudah Mengajukan Santunan Jasa Raharja
Infografis: Ayo cari tahu syarat dan prosedur untuk pengajuan santunan kecelakaan dari Jasa Raharja, ternyata mudah!
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya