PM Australia Anthony Albanese Konfirmasi Kehadirannya di KTT G20 2023

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengkonfirmasi partisipasinya dalam KTT G20 mendatang yang akan diadakan di New Delhi, India bulan depan.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 14 Agu 2023, 22:24 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023, 22:24 WIB
Pemimpin Dunia Tanam Mangrove Bersama di Sela KTT G20
Presiden AS Joe Biden (tengah) bersama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese (kiri) dan Perdana Menteri India Narendra Modi (kanan) mengangkat cangkul saat acara penanaman pohon mangrove di sela-sela pertemuan KTT G20 di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Indonesia, Rabu (16/11/2022). (AP Photo/Alex Brandon, Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengkonfirmasi kehadirannya pada KTT G20 mendatang yang akan diadakan di New Delhi bulan depan.

Albanese akan menjadi salah satu pemimpin negara G20 yang dijadwalkan menghadiri KTT G20 di bawah kepresidenan India di New Delhi September ini, dikutip dari laman economictimes, Senin (14/8/2023).

G20 adalah forum dunia yang membahas kerja sama ekonomi global. Para pemimpin akan fokus mengarahkan ekonomi global kembali ke pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, dan tangguh, menurut pernyataan kantor PM Australia.

"Memperdalam keterlibatan Australia dengan Asia Tenggara adalah prioritas utama Pemerintah saya. Masa depan kita saling terkait. Jadi penting bagi kita bekerja sama untuk mencapai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," kata pernyataan pers dari kantor Perdana Menteri Australia.

"Lebih penting dari sebelumnya bahwa Australia bekerja sama dengan mitra internasional, termasuk melalui forum ekonomi multilateral seperti G20, untuk mengatasi tantangan dan peluang bersama," kata Albanese.

"Australia berinvestasi dan berkomitmen pada Indo-Pasifik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran, stabilitas dan penghormatan terhadap kedaulatan dan perdamaian abadi," katanya.

Albanese mengatakan bahwa Australia bangga menjadi tuan rumah KTT khusus untuk memperingati 50 Tahun Hubungan Dialog ASEAN-Australia pada tahun 2024.

"Saya berharap dapat menyambut para pemimpin ASEAN ke Australia pada Maret tahun depan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fokus Kawasan Akan Dibawa Australia ke KTT G20 India

PM Australia Anthony Albanese saat memberikan keterangan pers bersama Presiden RI Joko Widodo.
PM Australia Anthony Albanese saat memberikan keterangan pers bersama Presiden RI Joko Widodo. Dok: YouTube Sekretariat Presiden

Albanese akan melakukan perjalanan ke India dan Filipina pada September tahun ini untuk bertemu dengan para pemimpin regional guna membahas tantangan global dan memajukan agenda ekonomi, keamanan, dan iklim Australia.

Perdana Menteri Australia akan menghadiri KTT ASEAN-Australia Tahunan ke-3 dan KTT Asia Timur ke-18 di Jakarta pada 6-7 September.

Kemitraan erat Australia dengan ASEAN dan para anggotanya sangat penting untuk mencapai kemakmuran bersama, keamanan dan perdamaian di kawasan.

 


Pembahasan Albanese dengan Ferdinand R Marcos Jr

Perdana Menteri Australia yang baru Anthony Albanese, dari Partai Buruh. Ia menggantikan Scott Morrison. (Foto AP/Rick Rycroft)
Perdana Menteri Australia yang baru Anthony Albanese, dari Partai Buruh. Ia menggantikan Scott Morrison. (Foto AP/Rick Rycroft)

Sebagai bagian dari peningkatan hubungan Pemerintah Australia dengan negara-negara Asia Tenggara, Albanese akan melakukan perjalanan ke Manila.

Ini menjadikannya sebagai Perdana Menteri Australia pertama yang melakukan kunjungan bilateral ke Filipina sejak tahun 2003.

Pertemuan Perdana Menteri pada 8 September dengan Presiden Filipina Ferdinand R Marcos Jr akan fokus pada penguatan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan maritim, pembangunan dan pendidikan.

"Kemitraan kami dengan Filipina dibangun di atas kerja sama pertahanan dan keamanan yang erat, peningkatan hubungan ekonomi dan hubungan pribadi yang hangat, termasuk melalui komunitas Filipina-Australia. Saya berharap dapat mengunjungi Manila untuk bertemu dengan Presiden Marcos dan menegaskan kemitraan kami," kata Albanese.

Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi
Infografis Harapan & Langkah Nyata G20 Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya