Bantah Hina Islam, RM BTS: Saya Tak Ada Niat untuk Menghina Agama, Tak Meminta Maaf

RM BTS menyangkal telah menghina agama dan tak ada alasan baginya untuk meminta maaf.

oleh Hariz Barak diperbarui 02 Sep 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2023, 17:00 WIB
RM BTS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))
RM BTS. (Facebook/ BTS (방탄소년단))

Liputan6.com, Seoul - Pemimpin BTS, RM, buka suara perihal tudingan Islamofobia yang menyasarnya. Artis boyband K-Pop ternama tersebut menyangkal telah menghina agama dan tak ada alasan baginya untuk meminta maaf.

Kontroversi itu dipicu pada bulan Agustus, ketika RM membagikan lagu "Bad Religion" oleh penyanyi Amerika Frank Ocean di story Instagram-nya.

Lagu yang rilis pada tahun 2012 itu berbicara tentang mencintai tanpa pengekangan agama, tetapi beberapa bagian ditafsirkan oleh pendengar sebagai Islamofobia.

Kemarahan online meningkat selama beberapa hari berikutnya, dengan banyak yang menggunakan media sosialnya untuk mengutuk tindakannya sebagai penghinaan agama dan menuntut permintaan maaf kepada umat Islam.

RM BTS menyadari situasinya tidak akan mendingin dengan sendirinya. Ia pun memecah keheningannya pada hari Rabu.

"Anda terus mengatakan bahwa saya menghina agama, tetapi saya tidak melakukannya. Tidak ada niat atau tujuan untuk menghina agama. Saya menghormati setiap kepercayaan dan agama. Hanya itu yang bisa saya katakan," kata RM saat siaran langsung Weverse pada hari Kamis 31 Agustus, dikutip dari The Straits Times (2/9/2023).

RM, yang terkenal karena komunikasinya yang jujur tentang berbagai topik dan tentang dirinya sendiri, sekali lagi menghadapi situasi dan berbicara untuk dirinya sendiri.

"Saya mengerti apa yang terjadi (di) Instagram saya. Saya bisa melihat. Tetapi tidak ada tujuan seperti itu atau bahkan setidaknya 1 persen dari niat di hati saya untuk menghina agama," tambahnya, menggelengkan kepalanya dan memutar matanya dengan frustrasi.

RM juga mengklarifikasi bahwa dia tidak meminta maaf dan meminta rasa hormat dari orang-orang yang menyerangnya secara tidak masuk akal.

"Saya tidak meminta maaf. Saya hanya mengatakan. Saya memiliki jiwa saya sendiri. Umur saya 30 tahun. Saya bisa mengungkapkan kebenaran saya ... Tolong, kata itu adalah kata; itu adalah apa adanya. Tolong percaya kata-kata saya dari diri saya sendiri, bukan hanya menebak-nebak, berpura-pura dan berasumsi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RM BTS: Kesalahpahaman

RM BTS. (Twitter/ bts_bighit)
RM BTS. (Twitter/ bts_bighit)

Rapper itu mengakui kesalahpahaman seperti itu telah berulang selama kariernya selama satu dekade dan mengatakan dia sudah muak.

"Saya tidak ingin mengatakan tentang ini, tetapi beberapa orang hanya membuat saya mengatakan tentang ini. Saya tidak tahan (itu) sekarang. Saya telah menyimpan di hati saya selama 10 tahun. Tapi sekarang saya tidak bisa menangani ini. Saya hanya harus mengatakan. Jika itu saya, percayalah pada kata-kata saya sendiri," katanya, menambahkan, "Masalah terjadi, tetapi saya orang yang kuat."

RM, yang bernama asli Kim Nam-joon, adalah pemimpin dan rapper-produser BTS. Grup ini saat ini sedang hiatus grup bagi para anggota untuk fokus pada karya solo mereka dan melaksanakan wajib militer.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya