Topan Lee Tiba di Nova Scotia Kanada, Picu Banjir hingga Padam Listrik

Topan Lee tiba di barat provinsi Nova Scotia, Kanada pada Sabtu (16/9) dan menyebabkan banjir, pohon-pohon tumbang dan memutus aliran listrik di wilayah tersebut.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 17 Sep 2023, 16:05 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 16:05 WIB
Ilustrasi topan terbentuk (NASA/AP)
Ilustrasi topan terbentuk (NASA/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Topan Lee tiba di barat provinsi Nova Scotia, Kanada pada Sabtu (16/9) dan menyebabkan banjir, pohon-pohon tumbang dan memutus aliran listrik di wilayah tersebut.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (17/9/2023) puluhan ribu orang di sepanjang Atlantik Utara dan wilayah pesisir turut merasakan dampak tersebut.

Setidaknya satu korban jiwa terkait badai tercatat pada Sabtu (16/9). Seorang pengendara mobil di negara bagian Maine, AS, meninggal setelah sebuah pohon tumbang menimpa kendaraannya, media lokal melaporkan.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan dalam peringatan terbarunya bahwa Topan Lee bergerak ke utara setelah mendarat di Long Island, sebuah pulau kecil di barat daya Halifax, pada Sabtu kemarin.

Topan Lee menghasilkan kecepatan angin maksimum 100 km/jam dengan hembusan yang lebih tinggi, kata laporan cuaca.

Topan Lee yang kini berada di sekitar 60km timur-tenggara Eastport, Maine dan sekitar 215km barat Halifax, diperkirakan akan terus melemah selama beberapa hari ke depan.

Bencana ini membawa angin kencang, banjir di wilayah pesisir, dan hujan lebat ke sebagian pesisir Maine dan Atlantik Kanada.

Di provinsi Nova Scotia di Kanada, sekitar 120.000 orang mengalami pemadaman listrik pada Sabtu kemarin karena angin merobohkan pohon dan merobohkan kabel listrik.

Di negara bagian tetangga, New Brunswick, hampir 20.000 orang mengalami pemadaman listrik.

"Para kru telah mampu memulihkan listrik ke beberapa pelanggan. Namun, kondisinya semakin buruk. Dalam banyak kasus, terutama ketika kecepatan angin di atas 80kmh, hal ini tidak aman bagi kru kami," kata Matt Drover dari perusahaan listrik Nova Scotia, Kanada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kecepatan Topan Lee Capai 100 km/jam

Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)
Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)

Kecepatan angin telah mencapai lebih dari 100 km/jam di beberapa bagian barat dan lebih dari 90 km/jam di pusat kota Halifax, kota terbesar di Nova Scotia, katanya dalam sebuah pernyataan. Bandara Halifax juga ditutup untuk semua waktu.

Di Maine, hampir 70,000 rumah padam pada Sabtu malam, menurut situs PowerOutages.us.

Gelombang dahsyat yang menghantam garis pantai Nova Scotia mengotori jalan-jalan pesisir yang tergenang air dengan puing-puing di beberapa daerah.

“Intensitas badai ini sangat kuat,” kata Paul Mason, direktur eksekutif Kantor Manajemen Darurat Nova Scotia.

"Gelombang badai diperkirakan paling hebat pada sore hingga sore hari."

 


Kenaikan Tingkat Banjir

Banjir
Ilustrasi Foto Banjir

Badai tersebut mungkin akan menambah curah hujan sebesar 20 mm hingga 50 mm di bagian timur Maine dan New Brunswick di Kanada, kata NHC, menyoroti risiko banjir di wilayah tersebut.

“Topan Lee akan terus berdampak pada wilayah tersebut malam ini dengan hujan atau hujan deras, angin kencang, dan gelombang tinggi di sepanjang pantai Atlantik,” kata Pusat Badai Kanada dalam sebuah pernyataan.

Untuk mengantisipasi dampak badai, pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengeluarkan deklarasi darurat untuk Maine dan Massachusetts, memberikan bantuan federal untuk negara bagian.

Lee bergejolak sebagai topan besar di Atlantik selama lebih dari seminggu, sempat mengancam Bermuda namun sebagian besar tidak berbahaya bagi siapa pun yang berada di darat. Ini menandai tahun kedua berturut-turut badai dahsyat mencapai Kanada setelah Badai Fiona melanda negara tersebut.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya