Pria Pembunuh 3 Orang dengan Crossbow di Inggris Ditangkap Polisi

Seorang pria yang dicurigai menggunakan crossbow (busur silang) atau panah otomatis untuk membunuh tiga wanita dari keluarga yang sama di sebuah rumah di utara London ditangkap oleh polisi.

oleh Tim Global diperbarui 13 Jul 2024, 11:06 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 11:06 WIB
Ilustrasi Penangkapan
Ilustrasi penangkapan pria yang dituding membunuh dengan crossbow atau panah otomatis.(Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, London - Seorang pria yang dicurigai menggunakan crossbow (busur silang) atau panah otomatis untuk membunuh tiga wanita dari keluarga yang sama di sebuah rumah di utara London ditangkap oleh polisi pada hari Rabu (11/7) di pemakaman setempat.

Kyle Clifford ditahan di Kota Enfield setelah perburuan besar-besaran dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan, kata polisi seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (13/7/2024).

"Dia menerima perawatan medis setelah ditemukan menderita luka-luka," kata polisi dalam sebuah pernyataan. "Tidak ada tembakan yang dilepaskan oleh polisi."

Polisi tidak mengungkapkan kemungkinan motif pembunuhan rangkap tiga tersebut. Mereka mengatakan dalam pernyataannya, "Pada tahap ini, kami yakin tersangka sudah dikenal oleh para korban."

Polisi memperingatkan masyarakat untuk tidak mendekati tersangka tiga pembunuhan berusia 26 tahun karena dia mungkin masih bersenjatakan panah.

Penyelidik yakin para korban menjadi sasaran khusus dalam “insiden mengerikan itu,” kata Jon Simpson, kepala inspektur Polisi Hertfordshire, pada konferensi pers sebelum Clifford ditangkap.

Para korban, berusia 25, 28 dan 61 tahun, diyakini memiliki hubungan keluarga, katanya.

BBC mengidentifikasi para korban sebagai Carol Hunt, istri komentator balap kuda BBC John Hunt, dan dua putri mereka.

“Sumber daya polisi yang luas” – termasuk polisi bersenjata, yang relatif jarang terjadi di Inggris yang sebagian besar tidak bersenjata – telah dikerahkan di wilayah lokal Hertfordshire dan London utara yang berdekatan, tambah Jon Simpson.

Sebelumnya, polisi mengatakan senjata lain mungkin digunakan dalam pembunuhan yang terjadi pada Selasa (10/7) (14.00 ET) pukul 7 malam waktu setempat di kota kecil Bushey, barat laut London.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Serangan Crossbow Jarang Terjadi di Inggris

bendera Inggris
Ilustrasi bendera Inggris (Unsplash/Aleks Marinkovic)

Insiden semacam ini jarang terjadi dan mengejutkan di Inggris, di mana tingkat pembunuhannya hanya seperenam di Amerika Serikat, menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh undang-undang kepemilikan senjata yang jauh lebih ketat di Inggris, meskipun kejahatan dengan pisau dan penikaman telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi isu hangat dalam politik Inggris.

Pembunuhan dengan Crossbow sangat jarang terjadi, dengan jumlah kurang dari 10 kasus di Inggris pada tahun 2011 hingga 2021, kata pemerintah.

Tidak ada undang-undang yang mengatur siapa yang boleh membeli atau memilikinya selama seseorang berusia 18 tahun ke atas. Namun siapa pun yang kedapatan membawa salah satu senjata di depan umum tanpa alasan yang masuk akal dapat menghadapi hukuman empat tahun penjara.

Pada bulan Februari, pemerintah mengatakan sedang menjajaki pengetatan pembatasan tersebut, mengutip sebuah insiden pada Hari Natal 2021, ketika Jaswant Singh Chail, 19, tiba di Kastil Windsor dengan panah dan mengatakan kepada pihak berwenang bahwa dia berencana membunuh Ratu Elizabeth II.

 


Insiden Mengejutkan

Ilustrasi Bendera Inggris
Ilustrasi bendera Inggris. (dok. Unsplash.com/Simon Lucas @simonlucas)

Menteri Dalam Negeri Inggris yang baru dilantik, Yvette Cooper, menyebut insiden pekan ini “benar-benar mengejutkan” dan mengatakan dia terus mendapat informasi terbaru.

Petugas dipanggil ke jalan pinggiran kota yang dipenuhi rumah-rumah terpisah dan menemukan tiga wanita dengan luka serius, kata polisi dalam sebuah pernyataan. Meskipun ada upaya paramedis untuk menyelamatkan wanita tersebut, ketiganya meninggal di tempat kejadian.

:Ini adalah insiden yang sangat sulit bagi keluarga korban dan kami meminta privasi mereka dihormati saat mereka menerima apa yang telah terjadi,” kata Inspektur Detektif Rob Hall, dari Unit Kejahatan Besar Bedfordshire, Cambridgeshire dan Hertfordshire, dalam sebuah pernyataan. 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya