7 September 1992: Tentara Menembaki 24 orang dalam Aksi Demonstrasi di Kongres Nasional Afrika

Aksi demo tersebut diselenggarakan untuk menuntut diakhirinya pemerintahan militer Ciskeian Brigadir Joshua Gqozo.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 07 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi Demo
Ilustrasi Demo. (Freepik)

Liputan6.com, Ciskei - Setidaknya 24 orang tewas dan 150 orang terluka ketika tentara menembaki orang yang terlibat dalam aksi demonstrasi Kongres Nasional Afrika di perbatasan Ciskei, Afrika Selatan.

Aksi demo tersebut diselenggarakan untuk menuntut diakhirinya pemerintahan militer Ciskeian Brigadir Joshua Gqozo, dikutip dari BBC, Sabtu (7/9/2024).

Protes tersebut dipimpin oleh sekretaris jenderal ANC Cyril Ramaphosa dan dihadiri oleh 50.000 orang. Dimulai di sebuah stadion di King William's Town, dan kemudian menuju ibu kota Ciskeian, Bisho.

Brigadir Gqozo telah memperingatkan bahwa ia akan menghadapi kekuatan yang lebih besar lagi, dan pasukan serta polisinya bersiaga di perbatasan.

Ketika para demonstran mencoba menyeberang ke Ciskei, tentara melepaskan tembakan dan terus menembaki kerumunan tanpa pandang bulu selama sekitar lima menit.

Setelah dua kali tembakan senapan mesin, pasukan juga menembakkan granat senapan ke arah kerumunan, menyebarkan ketakutan dan kepanikan di antara para pengunjuk rasa.

Dilaporkan bahwa empat pemuda ditembak di bagian belakang saat mereka mencoba melarikan diri dari tembakan.

Sebuah pernyataan dari Brigadir Gqozo mengatakan bahwa tentaranya telah ditembaki terlebih dahulu dan tindakan mereka adalah untuk membela diri.

Namun sebuah pernyataan dari ANC membantah klaim tersebut, dengan mengatakan bahwa tembakan pertama dilepaskan oleh pasukan.

"Tidak ada saat di mana nyawa pasukan Ciskeian dalam bahaya. Tidak ada peringatan yang dikeluarkan, dan tidak ada upaya yang dilakukan untuk membubarkan kerumunan dengan menggunakan cara yang tidak mematikan," katanya.

Menteri luar negeri Afrika Selatan pada masa itu, Pik Botha, mengatakan bahwa ANC tahu pawai itu akan berakhir dengan kekerasan.

"Mereka tahu orang-orang akan ditembak - mereka ingin orang-orang ditembak," katanya dalam sebuah wawancara TV.

Pembantaian itu tampaknya pasti akan merusak proses negosiasi dalam pengembangan konstitusi multi-ras dan demokratis baru untuk Afrika Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya