Donald Trump Selamat Usai Jadi Target Percobaan Pembunuhan

Agen Secret Service masih terus menyelidiki upaya percobaan pembunuhan yang melibatkan Donald Trump.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 16 Sep 2024, 09:16 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 08:26 WIB
Dijaga Ketat, Lokasi Penembakan Donald Trump Masih Diselidiki Pihak Berwenang
Aparat penegak hukum menyelidiki area di sekitar Trump International Golf Club setelah terjadi percobaan pembunuhan terhadap mantan presiden dan calon presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 15 September 2024 di West Palm Beach, Florida. (Joe Raedle/Getty Images North America/Getty Images via AFP)

Liputan6.com, Tallahassee - Donald Trump berhasil selamat dari upaya pembunuhan yang terjadi di lapangan golf di Florida pada Minggu (15/9/2024) pukul 14.00 waktu setempat.

Otoritas AS mengonfirmasi bahwa orang yang diduga tersangka telah ditahan.

Dilansir BBC, Senin (16/9/20240, Agen Secret Service melihat laras senapan menyembul di antara semak-semak dan melepaskan tembakan ke arahnya. FBI mengatakan, Trump berada 300-500 yard (275 hingga 455 meter) jauhnya saat itu.

Senjata api jenis AK47 dan teropong, beserta dua ransel dan kamera GoPro, kemudian ditemukan di tempat kejadian.

Seorang saksi melaporkan melihat tersangka berlari dari semak-semak dan melompat ke mobil Nissan hitam setelah pihak berwenan menembakinya beberapa kali.

Saksi mengambil gambar kendaraan dan plat nomornya yang kemudian dihentikan di Martin County, sebelah utara klub golf.

"Kami menghubungi Kantor Sheriff Martin County, memberi tahu mereka, dan mereka melihat kendaraan itu dan menghentikannya serta menahan orang itu," kata Sheriff Ric Bradshaw dari Palm Beach County.

"Setelah itu, kami membawa saksi yang melihat kejadian tersebut, menerbangkannya ke sana dan dia mengidentifikasi orang tersebut adalah orang yang sama yang berlari keluar dari semak-semak, dan masuk ke dalam mobil."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Trump: Tak Akan Ada yang Menghambat Saya

Donald Trump tanggapi hasil Pilpres AS
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Dalam surel kepada para pendukungnya, Trump mengatakan dia dalam kondisi aman dan sehat.

"Tidak ada yang akan menghambat saya," tulisnya.

"Saya tidak akan pernah menyerah!"

Insiden itu terjadi hampir tepat dua bulan setelah seorang pria bersenjata mencoba membunuh Trump di kampanyenya di Butler, Pennsylvania, yang menargetkan telinganya.

Secret Service mengonfirmasi dalam sebuah unggahan di X bahwa mereka sedang menyelidiki insiden ini.


Respons Joe Biden dan Kamala Harris

Biden dan Harris
Presiden AS Joe Biden menunjuk ke arah Wakil Presiden dan calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris di ruang pertemuan setelah mereka berbicara di Prince George's Community College di Largo, Maryland, Kamis (15/8/2024). (AP Photo/Stephanie Scarbrough)

Gedung Putih mengatakan, Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris telah menerima informasi terkait insiden yang melibatkan Trump.

"Mereka lega mengetahui bahwa dia aman. Mereka akan terus diberi informasi terbaru secara berkala oleh tim mereka," kata Gedung Putih.

Infografis Kronologi Penembakan Donald Trump Saat Kampanye Pilpres AS. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kronologi Penembakan Donald Trump Saat Kampanye Pilpres AS. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya