Ngopi Sebelum Ngegym Bikin Bobot Cepat Langsing

Menurut para ilmuwan minum kopi sebelum olahraga dapat membakar kalori hingga 15 persen

oleh Liputan6 diperbarui 03 Jul 2014, 14:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2014, 14:00 WIB
Satu lagi Keunggulan Kopi: Bisa jaga Kesehatan Mata
Peneliti menemukan kopi juga baik untuk kesehatan mata.

Liputan6.com, Spanyol Anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk konsumsi kopi sejam sebelum menjalankan aktivitas itu. Menurut studi yang dilakukan para ilmuwan dari Spanyol, seperti dilansir Health, Rabu, (2/7/2014) cara ini efektif untuk membakar kalori lebih banyak.

Studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism ini membandingkan hasil yang diperoleh oleh para atlet yang minum kopi dan yang tidak (menggunakan plasebo) sebelum olahraga. Hasilnya, atlet yang minum kopi membakar kalori 15 persen lebih banyak selama tiga jam dibandingkan mereka yang diberi plasebo.

Cara ini efektif dilakukan bila dosis 4,5 mg kafein per kilogram berat badan dikonsumsi. Jadi, bagi wanita yang berat badannya 68 kg butuh 300 mg atau sekitar secangkir kopi yang biasa diminum.Tentu saja sebaiknya tanpa gula.

Kandungan kafein dalam kopi memang bermanfaat bagi latihan olahraga yang Anda lakukan. Selain lebih banyak membakar kalori, menurut penelitian di Jepang, minum kopi sebelum olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang baik dapat membawa oksigen. Oksigen dalam aliran darah sangat dibutuhkan otot saat berolahraga.

Minum kopi dua-tiga cangkir satu jam sebelum latihan olahraga dengan intesitas tinggi juga bisa sedikit mengurangi timbulnya rasa nyeri di otot. (dik)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya