Cegah DBD dengan 3M Plus

Inilah cara mencegah terjadinya DBD selama musim penghujan

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 28 Des 2014, 15:00 WIB
Diterbitkan 28 Des 2014, 15:00 WIB
Cegah DBD dengan 3M Plus
Perusahaan farmasi asal Perancis, Sanofi SA akhirnya mengumumkan kesiapannya meluncurkan vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD) pada 2015

Liputan6.com, Jakarta Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang harus diwaspadai selama musim hujan dan musim pancaroba. Mencegah terjadinya DBD pun cukup gampang, kita hanya perlu melakukan 3M Plus.

Berikut 3M Plus seperti disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Minggu (28/12/2014)

1. Menguras

Kegiatan menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampuangan air, seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, dan penampungan air lemari es.

2. Menutup

Kita dianjurkan untuk menutup rapat-rapat sejumlah tempat penampuangan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain-lain.

3. Daur ulang barang bekas

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk penularan demam berdarah.

Sedangkan yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan, seperti;

- Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
- Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
- Menggunakan kelambu saat tidur
- Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
- Menanam tanaman pengusir nyamuk
- Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
- Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Lebih lanjut disebutkan bahwa pemberantasan sarang nyamuk (PSN) perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena dengan meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan sejumlah tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya