Motivator: Peserta KPN 2018 Wajib Punya 5C, Kunci Sukses Masa Depan

Inilah 5C yang dipaparkan seorang motivator untuk seluruh peserta KPN 2018, character, care, chief, cheerfull, dan company

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Nov 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2018, 09:00 WIB
Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2018
Inilah 5C yang dipaparkan seorang motivator untuk seluruh peserta KPN 2018, character, care, chief, cheerfull, dan company (Muhammad Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

 

Liputan6.com, Jakarta Motivator dari Institut Pertanian Bogor, Dr Ir Abdul Basith, memberi materi kepemudaan kepada seluruh peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2018. Lewat pemaparannya, Basith memaparkan 5C yang merupakan kunci sukses pemuda di masa depan.

"Jadi C yang pertama adalah character, karakter mereka itu harus beres, yang pesimis jadi optimis, miskin jadi kaya, kecil jadi besar," kata Basith dalam Auditorium Hotel Zamrud, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (6/11/2018).

Untu C kedua, lanjut Basith, adalah care. Dia mendorong, pemuda masa depan harus peduli dengan kanan dan kiri mereka.

"Jadi latihan di Palu ini bagus untuk mengasah care mereka," jelas dia.

Terkait poin selanjutnya, Basith mengatakan C ketiga dan keempat adalah chief dan cheerfull. Hal itu ditekankan untuk penunjukan sebuah jiwa kepemimpinan dan keriangan.

"C yang kelima, adalah punya company, di umur 35 mereka harus punya company. Insya Allah kalau pemudanya begitu bangsa ini akan selamat," kata Basith menekankan.

Penulis : Muhammad Radityo Priyasmoro

Simak Video Menarik Berikut Ini

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya