Pencinta Makan Pedas Waspada Kena Wasir

Wasir atau ambeien bisa terjadi pada orang yang hobi makan pedas. Ini alasannya.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Nov 2019, 07:00 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2019, 07:00 WIB
Makanan pedas (cabai, paprika, lada)
Makanan pedas (cabai, paprika, lada) (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau istilah medisnya hemoroid bisa terjadi karena kurang asupan serat seperti buah dan sayur. Selain itu, bagi pecinta makanan pedas perlu waspada karena rentan terkena wasir.

"Panas cabai membuat pergerakan usus lebih cepat sehingga tekanan meningkat, membuat pelebaran pembuluh darah vena," kata dokter spesialis bedah Rumah Sakit Pondok Indah, Franky Mainza Zulkarnain di Jakarta seperti dikutip Antara.

Faktor risiko lain yang menyebabkan terjadinya wasir adalah kehamilan. Semakin besar bayi, kata Franky, tekanan ke bawah semakin besar sehingga aliran balik vena terganggu.

"Faktor lain (yang menyebabkan wasir) sembelit, terlalu lama jongkok dan lanjut usia. Pada lansia pergerakan usus sudah enggak bagus," kata Franky.

 


Tanda awal kena wasir

cara mengecilkan perut
Sayuran dan buah-buahan (sumber: pexels)

Wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus. Seseorang yang terkena kondisi yang juga kerap disebut ambeien ini ditandai dengan feses berdarah atau berwarna merah terang, gatal atau iritasi, nyeri pada anus serta pembengkakan di sekitar anus.

Untuk mencegah agar tidak terkena wasir, salah satunya dengan memastikan konsumsi serat harian terpenuni. Kurangi durasi jongkok atau duduk terlalu lama saat buang air besar, kendalikan asupan makanan pedas serta usahakan agar berat badan normal.

"Cara cegahnya mudah, yang penting BAB enggak keras. Banyak makan serat. Untuk yang kegemukan diet, kegemukan menyebabkan tekanan di perut," sarannya. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya