Cegah COVID-19, Ini yang Dilakukan Ridwan Kamil untuk Jaga Kebersihan

Ridwan Kamil juga mengungkapkan bahwa ada hikmah di balik COVID-19 ini, salah satunya adalah mengingatkan akan pentingnya kebersihan

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 12 Okt 2020, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2020, 11:00 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerahkan bantuan logistik kesehatan untuk penanggulangan Covid-19 di Kota Depok, dalam acara serah terima di Kantor Wali Kota Depok, Jumat (2/10/20). (Foto: Humas Jabar)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan hal apa saja yang ia lakukan agar ia dan keluarganya tidak tertular COVID-19. Apalagi beberapa waktu lalu, mereka dikabarkan baru saja mengadopsi seorang bayi.

"Jadi setiap saya keluar rumah, pulangnya seluruh baju ini (yang digunakan keluar rumah) tidak dipakai lagi," kata Ridwan Kamil dalam dialognya bersama dokter Reisa Broto Asmoro beberapa waktu lalu.

"Protokol pertama, buka baju taruh di keranjang khusus," kata mantan Wali Kota Bandung ini, dikutip dari saluran Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (12/10/2020).

Ketika bepergian, Ridwan Kamil juga selalu menggunakan masker. Tak jarang, ia juga mengenakan sarung tangan.

"Saya sering serah terima bantuan, di momen itu saya pakai sarung tangan," katanya.

 

* #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini


Hikmah yang Bisa Diambil

Ridwan Kam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada pers usai mendapatkan suntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ridwan Kamil juga mengakui bahwa ia sudah beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu rutin membersihkan tangan. "Sehari tangan dicuci hand sanitizer bisa belasan kali," katanya.

Meski begitu, pria yang baru-baru ini juga menjadi salah seorang relawan uji klinis vaksin COVID-19 itu mengakui, ada hikmah di balik terbiasanya ia untuk rajin membersihkan tangan.

"Saya kan sedikit suka ada alergi. Ada gatal-gatal, sekarang hilang, karena sehari belasan kali (dicuci)," ujar suami dari Atalia Praratya ini. "Jadi memang, semua jenis penyakit datang dari kita mengabaikan kebersihan," ia menambahkan.

Selain itu, menurutnya, apabila benar teori yang menyebutkan bahwa COVID-19 berasal dari binatang liar yang dikonsumsi, masyarakat bisa belajar untuk makan secukupnya dan tidak asal memakan semua makhluk hidup yang ada.

"Karena kita manusia hidup berlebihan, tidak menjaga kesehatan, sekarang kita harus mengambil hikmahnya."


Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi

Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi
Infografis Jawa Barat, Kenaikan Kasus Covid-19 Tertinggi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya