Trik Mudah Agar Anak Rajin Cuci Tangan, Cobain di Rumah ya Bunda!

Dengan memiliki kesadaran akan pentingnya cuci tangan dengan, si Kecil tidak akan mudah sakit dan hingga dewasa akan terbiasa untuk selalu melakukannya.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 22 Sep 2021, 15:43 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2021, 15:43 WIB
Gambar Ilustrasi Orang Tua Biasakan Anak Mencuci Tangan
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak memiliki kebiasaan menyentuh banyak benda dan barang. Dari situ, mereka tanpa sadar juga menyentuh mata, hidung dan lainnya. Bila tidak mencuci tangan, maka kuman yang ada di benda dan di tangan bisa berpindah atau bahkan masuk ke dalam tubuh. Akibatnya bisa menimbulkan infeksi kulit, mata, mengganggu saluran pernafasan, diare dan lainnya.

Untuk mencegah gangguan kesehatan tersebut, penting sekali menanamkan kebiasaan rajin mencuci tangan pakai sabun sedini mungkin. 

Menurut hasil penelitian, mencuci tangan dengan sabun dapat melindungi 1 dari 3 anak dari diare, serta 1 dari 5 anak dari infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia.

Dengan memiliki kesadaran akan pentingnya cuci tangan dengan, si Kecil tidak akan mudah sakit dan hingga dewasa akan terbiasa melakukannya.  Agar anak rajin cuci tangan sejak dini, Bunda bisa terapkan beberapa trik berikut ini.

1. Ajarkan mencuci tangan sambil menyanyi

Agar kebiasaan cuci tangan melekat pada anak. Bunda bisa pilih lagu yang disukai si Kecil, lalu ajarkan mencuci tangan hingga lagunya tuntas, sehingga si Kecil tidak terburu-buru dan membersihkan tangannya dari kotoran dan sisa sabun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sediakan sabun yang menarik

Cara Pencegahan dari Tipes
Ilustrasi Mencuci Tangan dengan Sabun Credit: pexels.com/Burst

Anak-anak menyukai visual yang menarik. Maka Bunda bisa sediakan sabun dengan busa atau tempat sabun yang bentuknya menarik untuk si Kecil. Dengan begitu, si Kecil akan lebih senang cuci tangan karena ‘alat’ yang dipakai terlihat menarik dan menyenangkan.

3. Beri contoh yang benar

Si Kecil paling suka meniru apa yang ia lihat. Maka dari itu, Bunda perlu memberikan contoh yang baik, ajari cara mencuci tangan yang baik dan ceritakan manfaatnya agar selalu tertanam di memori di Kecil. Lakukan juga secara bersama-sama agar si Kecil dapat langsung mempraktikkannya.

4. Ajarkan perlunya cuci tangan pakai sabun

Beri contoh bahwa kotoran di tangan si Kecil tidak dapat dihilangkan hanya dengan tisu atau Lalu, tunjukkan bahwa jika dengan air saja, kotoran tersebut hanya akan sedikit menghilang.

Pada akhirnya, tunjukkan jika dicuci dengan sabun, baru kotoran tersebut dapat hilang Dengan begitu, si Kecil akan tahu betapa pentingnya sabun dalam mencuci tangan.

Itulah sejumlah trik agar anak rajin cuci tangan dengan sabun yang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Tujuannya agar si Kecil paham bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dapat membasmi kuman, sekaligus melindunginya dari serangan berbagai penyakit.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya