Rhinoplasty, Prosedur Implan Hidung yang Tak Hanya Beri Manfaat Estetik

Rhinoplasty adalah implan hidung yang memiliki ragam manfaat

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 07 Mar 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 07 Mar 2023, 12:00 WIB
Rhinoplasty
Tindakan Rhinoplasty di Novi's Clinic Bekasi. Foto: Dok Pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Selain pipi, hidung juga memengaruhi fitur wajah. Tak heran, banyak orang ingin mengubah bentuk hidung untuk tampilan wajah yang diinginkan.

Salah satu cara mengubah bentuk hidung adalah dengan prosedur Rhinoplasty. Ini merupakan prosedur bedah kecantikan yang digunakan untuk mengubah bentuk hidung sehingga tampilannya berbeda.

Tindakan ini dapat mengubah struktur tulang sehingga hidung akan tampak lebih tinggi dan mancung.

Alasan Orang Memilih Melakukan Rhinoplasty

Namun, alasan melakukan Rhinoplasty bukan hanya soal kecantikan saja. Bagi beberapa orang yang memiliki masalah pernapasan dan penyumbatan hidung kronis karena struktur hidung, Rhinoplasty justru direkomendasikan oleh dokter.

Menurut dokter umum dan estetika Novi Arlisma, cedera traumatik yang memengaruhi hidung juga bisa diatasi dengan Rhinoplasty.

"Dalam prosedur Rhinoplasty dapat juga dikatakan sebagai implan hidung. Implan hidung sendiri terdapat beberapa jenis, salah satunya menggunakan jenis silikon padat dalam prosedur Rhinoplasty," kata pendiri Novi’s Clinic itu dalam keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa (7/3/2023).

Jenis-Jenis Rhinoplasty

Novi, menambahkan, menjalani Rhinoplasty dengan jenis implan silikon padat jauh lebih efisien karena pasien tidak perlu menjalani operasi pengambilan tulang sebagai implan terlebih dahulu.

Jenis silikon padat adalah yang paling banyak dipakai dalam implan hidung.

"Silikon padat dipilih karena aman. Permukaannya yang lembut dan licin, mudah dibentuk, lebih alami, pemakaian lebih mudah, waktu operasi lebih singkat dan mudah diangkat jika sudah tidak diinginkan lagi," kata Novi.


Hasil Natural

Silikon padat juga menghasilkan struktur penyangga yang baik sehingga hasilnya natural.

“Perlu diketahui bahwa penggunaan silikon padat sangat aman digunakan dalam tubuh manusia. Berbeda dengan silikon jenis cair yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena akan menyebabkan infeksi dan peradangan yang mudah menyebar ke seluruh tubuh.”

Maka dari itu, sebelum melakukan tindakan mengubah bentuk hidung maka penting sekali untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Pemilihan tempat untuk tindakan tersebut juga tidak boleh sembarangan.

Rhinoplasty memberikan hasil yang berlangsung lama, hingga permanen. Berikut manfaat Rhinoplasty dalam kecantikan maupun medis:

  • Meninggikan batang hidung
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Memperbaiki asimetri wajah
  • Meningkatkan kualitas pernapasan
  • Memperbaiki disabilitas bawaan yang bisa dikoreksi seperti obstruksi hidung, sumbing, benjolan, dan lain-lain.

Hampir Permanen

Novi Arlisma juga menjelaskan bahwa Rhinoplasty sangat cocok dilakukan bagi orang yang merasa bosan untuk mengulang perawatan estetika lain yang bersifat sementara. Seperti tanam benang dan filler.

“Sejatinya, Rhinoplasty adalah perawatan yang bersifat hampir permanen karena dapat bertahan 10-20 tahun. Pasien dapat dengan mudah mengambil keputusan dengan mengganti implant ataupun membuangnya.”

Dokter yang biasa melakukan tindakan Rhinoplasty itu pun menjelaskan prosedur yang dilakukan saat operasi.

Operasi rhinoplasty atau implan hidung dilakukan dengan anestesi lokal. Ada dua teknik yang digunakan ketika pembedahan, yaitu teknik terbuka dan tertutup. Kedua teknik yang berbeda ini, menghasilkan keuntungan yang sama dan tidak dapat dibandingkan untuk hasil yang lebih baik.


Teknik Terbuka dan Tertutup

Teknik terbuka memiliki sayatan eksternal pada columella atau garis di bawah hidung yang menghubungkan hidung dengan wajah. Nantinya, luka bekas sayatan akan menghilang dalam beberapa waktu.

Sedangkan, teknik tertutup tidak memiliki sayatan eksternal di sisi luar hidung karena sayatan tersembunyi di dalam hidung pasien. Dan modifikasi dilakukan dari dalam lubang hidung.

Lebih lanjut, Novi menuturkan bahwa meskipun salah satu tekniknya terdengar lebih menarik, tapi dokter yang berpengalaman akan memberikan keputusan terbaik untuk menghasilkan perawatan yang optimal.

Terkait masa pemulihannya, pasien Rhinoplasty atau implan hidung dapat pulang dan beraktivitas seperti biasa di hari yang sama setelah tindakan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai berikut:

  • Dianjurkan untuk tidur terlentang selama 1-3 hari
  • Baru bisa tidur nyaman (telungkup) jika sudah 3 bulan pasca tindakan
  • Perban akan dilepas jika sudah 1 minggu
  • Wajah sekitar hidung membengkak 1-2 minggu
  • Hasil akan terlihat natural setelah 1-3 bulan. 
Infografis Fenomena Operasi Plastik
Infografis Fenomena Operasi Plastik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya