Cari Tahu Jenis Kelamin Anak Kucing, Begini Caranya

Menentukan jenis kelamin anak kucing bisa sulit, terutama saat mereka masih sangat kecil. Bagaimana cara mengetahui jenis kelamin anak kucing dengan benar?

oleh Tiara Laninda diperbarui 14 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 06:00 WIB
Anak Kucing
Cara mengetahui jenis kelamin anak kucing/credit: unsplash.com/Alena

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu memiliki anak kucing baru atau kucing betinamu baru saja melahirkan, kamu harus tahu cara mengetahui jenis kelaminnya dengan benar.

Menentukan jenis kelamin anak kucing bisa sulit, terutama saat mereka masih sangat kecil. Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis kelamin anak kucing dengan benar?

Untuk mengetahui jenis kelamin anak kucing, kamu harus melakukan beberapa langkah mudah seperti menunggu waktu yang tepat, menanganinya dengan benar, dan memeriksa daerah genitalnya dengan cermat.

Warna bulunya bisa memberikan petunjuk, tetapi cara terbaik adalah dengan melihat langsung ke alat kelaminnya.

Anak kucing betina memiliki celah yang lebih kecil antara lubang anus dan alat kelamin, sedangkan anak kucing jantan akan memiliki testis kecil di antara anus dan penisnya.

Tunggu 2-3 Minggu Setelah Lahir

Jika kamu memiliki induk kucing yang baru saja melahirkan anak kucing, pasti kamu penasaran ingin tahu jenis kelamin anak kucingnya. Namun, kamu harus sabar menunggu hubungan antara induk dan anaknya berkembang dengan baik.

Menurut dokter hewan Lizzie Youens, jangan memegang anak kucing yang baru lahir. Hal ini bisa membuat induk kucing menolaknya, jadi cobalah untuk bersabar.

"Dianjurkan untuk membiarkan anak kucing tetap bersama induknya minimal selama 2 hingga 3 minggu sebelum mencoba menentukan jenis kelaminnya," tulis Youens, seperti melansir laman Cats.

Selain itu, kamu juga harus bersabar karena menentukan jenis kelamin anak kucing bisa sulit saat mereka masih sangat kecil.

 


Penanganan yang Lembut

Faktor Lingkungan
Ilustrasi anak kucing/credit: unsplash.com/Ilse

Untuk mengetahui jenis kelamin anak kucing, kamu harus memeriksa daerah genitalnya dengan memegangnya. Namun, Youens menjelaskan bahwa anak kucing yang masih muda mudah sekali stres dan sangat rapuh.

Untuk memeriksa daerah genital anak kucing, gosoklah lembut bagian punggung mereka hingga ke pangkal ekor. Dengan begitu, ekor anak kucing akan terangkat dan memudahkanmu untuk melihat daerah genital tanpa harus memegang terlalu banyak.

Penilaian Visual Alat Kelamin

Mengetahui jenis kelamin anak kucing bisa dilakukan dengan memeriksa secara visual di bagian belakang mereka.

"Anak kucing betina memiliki celah vertikal vulva yang terletak di bawah anus. Jarak antara anus dan vulva sangat kecil, sehingga terlihat seperti tanda seru terbalik atau huruf "i" kecil," jelas Youens.

Sedangkan, anak kucing jantan memiliki sepasang testis di bawah anus, dan penis di bawah testis tersebut. Jarak antara anus dan lubang genitalia lebih besar pada kucing jantan, sehingga terlihat seperti titik dua (:).

 

 


Perilaku dan Kepribadian

Gambar ilustrasi anak kucing
Gambar ilustrasi anak kucing yang lucu.

Beberapa pemilik dan peternak kucing sangat yakin bahwa kamu dapat menentukan jenis kelamin kucing berdasarkan perilaku dan kepribadian mereka.

Namun, menurut Youens, metode ini sebaiknya tidak dijadikan pegangan karena tidak dapat diandalkan untuk menentukan jenis kelamin anak kucing. 

Meski begitu, kucing jantan dewasa sangat memperhatikan wilayahnya dan lebih sering keluar rumah. 

"Kucing betina biasanya mencapai kedewasaan seksual saat berusia 4-5 bulan dan akan mengalami masa birahi secara rutin saat musim kawin," Youens menjelaskan.

Hal ini dapat mengubah perilakunya seperti sering bersuara, lebih manja, berguling-guling di lantai, dan menandai wilayahnya dengan air seni.


Penilaian Fisik

Faktor Suhu Lingkungan
Ilustrasi anak kucing/credit: unsplash.com/balogun

Untuk mengetahui jenis kelamin anak kucing yang sulit dibedakan secara visual, mungkin perlu dilakukan penilaian fisik yang lembut.

"Ambil anak kucing yang kamu curigai sebagai jantan, dan dengan hati-hati pijat bagian skrotum dengan jari telunjuk dan ibu jari di bawah anus," kata Youens.

Pada kucing jantan, kamu mungkin dapat merasakan dua benjolan kecil oval di bawah kulit. Ini adalah testis di dalam skrotum, yang memastikan bahwa anak kucing tersebut adalah jantan.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya