Keistimewaan Hari Asyura pada 10 Muharram, Taubat Nabi Adam Diterima hingga Nabi Musa Selamat dari Kejaran Firaun

Banyak terjadi peristiwa penting pada tanggal 10 Muharram atau Hari Asyura yang berkaitan dengan kisah para nabi.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 28 Jul 2023, 07:34 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2023, 07:33 WIB
Ilustrasi Tahun Baru Islam
Diketahui, banyak terjadi peristiwa penting pada tanggal ini yang berkaitan dengan kisah para nabi pada 10 Muharram. (Muharram vector created by freepik - www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 10 Muharram dalam penanggalan Hijriyah menjadi tanggal istimewa bagi Umat Muslim. Tahun ini, 10 Muharram jatuh pada hari ini, Jumat, 28 Juli 2023. 

Dikutip dari laman nu.or.id, umat Muslim dianjurkan berpuasa pada 10 Muharram atau Hari Asyura. Keutamaan berpuasa pada Hari Asyura yakni, orang yang menjalankan ibadah puasa tersebut akan diampuni dosa setahun lalu oleh Allah SWT.

Keutamaan berpuasa pada 10 Muharram pun disampaikan Rasulullah SAW dalam HR Muslim berikut ini:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " أفضل الصيام بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ 

Artinya: Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam." (HR Muslim)

Namun, untuk membedakan dari kebiasaan berpuasa kaum Yahudi, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk berpuasa pada 9 Muharram. Puasa ini disebut dengan Puasa Tasu'a.

Peristiwa Penting pada 10 Muharram

Selain keutamaan itu, ada keistimewaan 10 Muharram yang lainnya. Diketahui, banyak terjadi peristiwa penting pada tanggal ini yang berkaitan dengan kisah para nabi, seperti: 

1. Taubat Nabi Adam AS Diterima Allah SWT

Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Dosa memakan buah khuldi menyebabkan Nabi Adam dan pasangannya, Siti Hawa, diturunkan ke Bumi.

Pada 10 Muharram, Nabi Adam AS bertaubat atas dosanya yang kemudian diterima Allah SWT pada hari itu juga.

2. Kapal Nabi Nuh Berlabuh

Kapal Nabi Nuh berlabuh di Bukit Zuhdi pada 10 Muharram, setelah sebelumnya melalui banjir besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nabi Yusuf Bebas dari Penjara

Ilustrasi Penjara
Pada 10 Muharram, Nabi Yusuf bebas dari penjara dan fitnah keji. (Foto: Unsplash)

3. Nabi Ibrahim Selamat dari Raja Namrud

Peristiwa besar lainnya yang juga terjadi pada 10 Muharram yakni lolosnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Raja Namrud. Pada hari itu, api yang digunakan untuk membakar Nabi Ibrahim hidup-hidup menjadi dingin.

4. Nabi Yusuf Bebas dari Penjara

Nabi Yusuf pernah dipenjara akibat fitnah keji yang ditujukan padanya. Fitnah tersebut dikarenakan Nabi Yusuf memiliki paras tampan. Namun, pada 10 Muharram, Nabi Yusuf bebas dari penjara dan fitnah tersebut.

 

 


Nabi Yunus Bebas dari Perut Ikan Paus

Ilustrasi ikan paus
Pada 10 Muharram, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut paus. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

5. Nabi Yunus Keluar dari Perut Ikan Paus

Nabi Yunus pernah berhari-hari berada dalam perut ikan paus. Pada 10 Muharram, Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut paus.

6. Nabi Ayyub Sembuh dari Sakit Kulit

Salah satu ujian yang dialami Nabi Ayyub yakni menderita penyakit kulit. Seluruh tubuhnya luka-luka hingga muncul belatung. Namun kesabarannya menjalani ujian tersebut membuat Allah SWT memberinya kesembuhan pada 10 Muharram.

7. Nabi Musa Selamat dari Kejaran Firaun

Nabi Musa memimpin Bani Israil berhasil menyeberangi Laut Merah dan selamat dari kejaran Firaun pada 10 Muharram. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya