4 Fakta tentang Zhang Ziyu, Pebasket Wanita Asal China yang Punya Tinggi Badan Menjulang Capai 220 Cm

Salah satu fakta tentang pebasket asal China Zhang Ziyu adalah bapak dan ibunya juga mantan altet basket dengan tinggi yang juga fantastis.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 26 Jun 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 13:00 WIB
Fakta Tentang Zhang Ziyu, Pemain Basket Wanita Asal China Viral Karena Miliki Tinggi Badan Mencapai 220 Cm
Fakta Tentang Zhang Ziyu, Pemain Basket Wanita Asal China Viral Karena Miliki Tinggi Badan Mencapai 220 Cm (FIBA)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain basket muda asal China, Zhang Ziyu, langsung mencuri perhatian di debutnya di FIBA U-18 Women's Asia Cup 2024.

Tinggi badannya yang menjulang yakni ddi angka 220 cm membuatnya terlihat mencolok di antara para pemain lain. Apalagi saat timnya mengalahkan tim U-18 putri Indonesia pada laga perdana di Shenzhen, Senin, 24 Juni 2024.

Memasuki lapangan sebagai pemain pengganti, Zhang langsung menunjukkan dominasi di lapangan. Ia berhasil mencetak 19 poin dari 9 tembakan yang sempurna hanya dalam 13 menit bermain.

Selain itu, ia juga mengumpulkan 7 rebound dalam pertandingan yang dimenangkan China dengan skor 109-50 atas Indonesia.

Kegemilangan Zhang Ziyu berlanjut pada hari berikutnya. Dalam pertandingan melawan Selandia Baru, ia mencetak 36 poin dengan akurasi tembakan 80%. Ia juga menorehkan double-double dengan 13 rebound, membantu timnya meraih kemenangan 90-68.

Berikut ini fakta Zhang Ziyu yang dikumpulkan dari berbagai sumber oleh Tim Health Liputan6.com.

1. Lahir dari Orangtua dengan Tinggi Badan Fantastis

Lahir pada 2 Mei 2007, Zhang Ziyu mewarisi bakat dan postur tubuh tinggi dari kedua orangtua yang juga mantan atlet basket China.

Ayah Zhang Ziyu memiliki tinggi 2,13 meter, sedangkan sang ibu, Yu Ying, memiliki tinggi 1,98 meter. Yu Ying sendiri merupakan mantan center timnas basket putri China di era 2000-an.

Zhang Ziyu berlatih secara khusus di bawah pengawasan sang ibu. Didikan dan bimbingan sang ibu menjadi faktor penting dalam perkembangan Zhang Ziyu sebagai pebasket.

Yu Ying selalu menekankan pentingnya kerja keras, disiplin, dan rendah hati kepada putrinya meski Zhang Ziyu memiliki kelebihan fisik yang mencolok dibandingkan teman-teman sebayanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sudah Menekuni Basket Sejak Usia 5 Tahun

Zhang Ziyu
Tinggi Pebasket Asal China Ini Mencapai 2 meter

Sejak kecil, Zhang Ziyu sudah menunjukkan kecintaannya pada basket. Dia mulai bermain basket pada usia 5 tahun di bawah bimbingan orangtuanya.

Didikan dan latihan yang disiplin dari sang ibu telah mengantarkan Zhang Ziyu mencapai levelnya saat ini.

Sejak kecil, Zhang sudah menunjukkan postur tubuh yang jauh lebih tinggi dibandingkan teman sebayanya.

Ketika duduk di kelas 1 SD, Zhang sudah memiliki tinggi 1,6 meter. Pertumbuhannya semakin pesat di kelas 6 SD, di mana ia mencapai tinggi 2,1 meter. Kini, di usia 17 tahun, Zhang telah menjulang setinggi 2,2 meter, melampaui tinggi kedua orang tuanya.

Pertumbuhan pesat Zhang Ziyu ini tidak lepas dari bakat dan kerja kerasnya dalam berlatih basket.


3. Dijuluki 'Yao Ming Versi Wanita'

Dengan tinggi 2,2 meter, Zhang Ziyu kini dijuluki sebagai "Yao Ming Perempuan", mengacu pada legenda basket China, Yao Ming, yang memiliki tinggi 2,29 meter.

Persamaan tinggi badan dan bakat basket ini membuat banyak netizen yakin bahwa Zhang Ziyu berpotensi menjadi penerus Yao Ming di dunia basket putri China.

Banyak pihak berharap Zhang Ziyu dapat terus mengasah kemampuannya dan menjadi bintang basket putri China di masa depan. Kegigihan, bakat, dan tinggi badannya yang luar biasa menjadikannya aset berharga bagi timnas China dan membuka peluang baru bagi perkembangan basket putri di negara tersebut.


4. Mengalahkan Rekor Wanita Tertinggi di Dunia

Tinggi badan Zhang Ziyu sudah mencapai 2,2 meter bahkan saat ia belum genap berusia 18 tahun. Jika mengacu pada catatan rekor dunia Guinness, Zhang Ziiyu dapat mengalahkan rekor wanita tertinggi saat ini yang dipegang oleh Rumeysa Gelgi sejak tahun 2021.

Rumeysa merupakan wanita asal Turki yang memiliki tinggi badan 215 cm, berbeda sekitar 5 cm dengan Zhang Ziyu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya