Potret Pabrik Susu Frisian Flag Terbesar di Cikarang, Mampu Proses 400 Ribu Kg Susu per Hari

Berada di atas lahan 25, 4 hektar, pabrik tersebut menjadi fasilitas produksi milik Frisian Flag terbesar bukan cuma di Indonesia tapi dunia.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 05 Jul 2024, 10:26 WIB
Diterbitkan 04 Jul 2024, 19:00 WIB
Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Pabrik susu Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Liputan6.com, Cikarang Perusahaan Frisian Flag Indonesia resmi meluncurkan pabrik terbaru di Cikarang, Jawa Barat pada Selasa, 2 Juli 2024. Berada di atas lahan 25, 4 hektar, ini adalah pabrik susu Frisian Flag ketiga di Indonesia 

Dengan ukuran yang besar pabrik Frisian Flag Indonesia Cikarang bisa memproses 400 ribu kg susu segar tiap hari. Ditargetkan setiap tahun bisa memproduksi 700 juta kilogram produk susu. Bahkan CEO FrieslandCampina Jan Derck van Karnebeek menyebut pabrik ini memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya.

Untuk bisa mendirikan pabrik yang besar dengan teknologi terbaru tentu butuh biaya yang tidak sedikit. FrieslandCampina sebagai induk perusahaan Frisian Flag Indonesia menginvestasikan dana sebesar Rp3,8 triliun.

“Investasi sebesar €257 juta (Rp3,8 triliun) untuk pabrik baru ini merupakan investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia,” kata CEO FrieslandCampina Jan Derck van Karnebeek dalam peresmian pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang.

Kenapa FrieslandCampina Berinvestasi Besar di Indonesia?

Jan Derck van Karnebeek pun mengungkapkan alasan FrieslandCampina menggelontorkan investasi besar di Indonesia. Salah satu alasannya karena Frisian Flag sudah ada di Indonesia lebih dari 100 tahun.

"Kami sudah hadir lebih dari 100 tahun di Indonesia, ini adalah waktu yang sangat lama. Ketika sebuah perusahaan sudah selama itu, perusahaan akan melanjutkan investasinya di tempat itu," kata Jan Derck menjawab pertanyaan Health Liputan6.com.

Lalu, FrieslandCampina juga meyakini potensi besar Indonesia di mana ada lebih dari 270 juta jiwa dengan angka populasi yang terbesar ada di usia muda.

"Kami sangat percaya dengan potensi Indonesia yang ada lebih dari 270 juta jiwa didominasi anak dan remaja, ini merupakan potensi besar," kata Jan Derck.

Di sisi lain, FrieslandCampina memiliki keinginan juga untuk berkontribusi lebih dalam membantu melengkapi gizi masyarakat Indonesia lewat produk-produk susu yang merupakan salah satu sumber protein hewani.

"Harapannya FrieslandCampina bisa berkontribusi mendukung Indonesia menuju Indonesia Emas," lanjut Jan Derck.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

CEO FrieslandCampina Jan Derck van Karnebeek (tengah) berbicara soal alasan berinvestasi besar di Indonesia.
CEO FrieslandCampina Jan Derck van Karnebeek (tengah) berbicara soal alasan berinvestasi besar di Indonesia.

Bakal Tingkatkan Penyerapan Susu Segar Nasional

Salah Satu Sudut Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang.
Salah Satu Sudut Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang.

Beroperasinya pabrik baru ini diperkirakan akan meningkatkan penyerapan susu segar sebesar 130 ribu per tahun. Hal ini tentunya akan memberikan peluang dan motivasi bagi peternak mitra di dalam negeri untuk terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya.

“Kami berharap PT Frisian Flag Indonesia tetap berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan melakukan inovasi dalam mengembangkan program kemitraannya dengan peternak sapi perah, sehingga dapat meningkatkan produktivitas peternak untukmemproduksi susu segar sebagai bahan baku industri,” kata Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam peresmian Pabrik Frisian Flag.


Dukung Program Nasional Pemerintahan Selanjutnya

Pabrik Susu PT Frisian Flag Indonesia di Cikarang (Foto: Dok Frisian Flag Indonesia)
Pabrik Susu PT Frisian Flag Indonesia di Cikarang (Foto: Dok Frisian Flag Indonesia)

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga mengatakan bahwa langkah Frisian Flag Indonesia membangun pabrik susu baru sejalan dengan program dari Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto yang memiliki program minum susu bagi anak sekolah.

“Sejalan dengan hal tersebut, keputusan PT Frisian Flag Indonesia untuk berinvestasi pada pabrik ini merupakan langkah yang tepat,” kata Menperin.

 


Upaya Pengurangan Konsumsi Energi

Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Pabrik Frisian Flag di Cikarang ini menerapkan teknologi ramah lingkungan yang modern. Caranya dengan melakukan pengurangan konsumsi energi dan mengadopsi sumber daya terbarukan.

Teknologi ramah lingkungan yang diterapkan dalam pabrik Frisian Flag di Cikarang adalah lewat:

1. Boiler biomassa untuk pembangkit listrik tenaga uap.

2. Fasilitas daur ulang air limbah untuk pengelolaan air.

3. Sistem atap panel surya.

"Ini adalah langkah besar kami secara global untuk mencapai target bebas karbon pada 2050," kata Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel dalam wawancara bersama Liputan6.com usai peresmian pabrik tersebut.

Lebih lanjut, Berend, mengatakan bahwa upaya agar bisa bebas karbon bukan cuma di fasilitas produksi Frisian Flag Indonesia tapi juga dari penyuplai.

"Jadi di seluruh dunia, pada dasarnya semua pabrik dan pemasok akan diminta untuk mengurangi karbon mereka hingga nol," kata Berend.

Berend pun mengakui bahwa hal tersebut 'sebuah ambisi yang besar' tapi itu semua demi lingkungan yang lebih baik.

Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Presiden Direktur PT Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Kandungan Gula dalam Susu Frisian Flag Sesuai Aturan WHO

Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Frisian Flag Indonesia juga menekankan partisipasi dalam mendukung gizi untuk anak-anak Indonesia. Termasuk memperhatikan asupan gula dalam produknya. Salah satunya memastikan produk susu mengandung gula sesuai aturan WHO.

"Semua produk-produk industri kami itu sudah mengalami reformulasi dengan sugar content sesuai standar WHO," kata Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Produk Frisian Flag ada logo Pilihan Lebih Sehat yang ditandai dengan centang hijau di kemasan produk. Itu artinya produk tersebut memiliki profil gizi yang telah ditetapkan adalah batas maksimum gula 6 gram per 100 ml.

"Tidak semua produk susu kompetitor kami bisa memiliki logo ini. Karena untuk mendapatkan logo ini perlu mendapatkan persetujan dari badan seperti BPOM," tutur Andrew.

Dengan semua langkah yang dilakukan, Frisian Flag berharap bisa menjawab tantangan dalam memenuhi gizi anak-anak Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya