Kenapa Kondom Selalu Dikaitkan dengan Seks Bebas Sih?

kondom bukan hanya untuk mencegah seorang wanita hamil. Tapi untuk mencegah banyak penyakit berbahaya terkait kesehatan kelamin juga HIV

oleh Fitri Syarifah diperbarui 05 Des 2013, 18:30 WIB
Diterbitkan 05 Des 2013, 18:30 WIB
sex-131119a.jpg
Istilah kondom baru-baru ini mungkin sering terdengar di telinga Anda karena kontroversinya. Bahkan ada program pekan kondom nasional yang didalamnya ada bus kondom untuk edukasi seks berisiko yang akhirnya distop Kementerian Kesehatan belum lama ini.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kondom identik dengan perilaku seks menyimpang. Apalagi Indonesia memiliki banyak warga muslim yang menentang keras seks bebas.

Tapi lebih lanjut, Direktur WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) bidang HIV/AIDS, Dr. Kevin M. De Cock, M.D., F.R.C.P.(UK), D.T.M. & H menyampaikan, kondom bukan hanya untuk mencegah seorang wanita hamil. Tapi untuk mencegah banyak penyakit berbahaya terkait kesehatan kelamin juga HIV/AIDS.

"Bila digunakan dengan benar dan konsisten, kondom akan sangat efektif dalam mencegah HIV dan infeksi menular seksual lainnya (IMS). Sebuah bukti ilmiah menunjukkan bahwa kondom untuk laki-laki memiliki 80 persen efek perlindungan yang lebih besar terhadap penularan HIV dan IMS," kata Kevin, seperti ditulis WHO, Kamis (5/12/2013).

Kondom dikatakan Kevin merupakan komponen kunci dari pencegahan HIV termasuk dalam  pengurangan jumlah pasangan seks bebas. Maka itu, WHO juga sedang giat dalam menentukan standar kebijakan global dan mencari negara-negara yang mendukung dalam pengadaan kondom, jaminan kualitas, promosi dan distribusi.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya