Kegiatan Wirausaha adalah Mengandalkan Kreativitas dan Inovasi, Ini Tujuan dan Manfaatnya

Wirausaha adalah orang yang pandaimengenali produk baru.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Mar 2022, 13:15 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2022, 13:15 WIB
Seputar Perdagangan Internasional
Ilustrasi wirausaha. Credit: pexels.com/fauxels

Liputan6.com, Jakarta Memahami istilah wirausaha adalah nama lain dari wiraswasta merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Seorang wirausaha adalah memiliki kemampuan untuk memulai bisnis dan mengembangkannya sendiri.

“Wiraswasta atau wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya,” dijelaskan.

Bagaimana kegiatan wirausaha itu? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, memahami kegiatan wirausaha adalah bekerja dengan kreativitas dan invosi yang dibarengi dengan keberanian.

Diungkap dalam data yang dipublikasikan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Ini karena saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3.1 persen dari total populasi penduduk.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kegiatan wirausaha, pengertian wirausaha menurut para ahli, tujuan wirausaha, dan manfaat wirausaha yang perlu diketahui, Kamis (17/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memahami Kegiatan Wirausaha

Bekal Menghadapi Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir
Ilustrasi wirausaha. Credit: pexels.com/Burst

KBBI menjelaskan wiraswasta atau wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Bagaimana kegiatan wirausaha itu? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, memahami kegiatan wirausaha adalah bekerja dengan kreativitas dan invosi yang dibarengi dengan keberanian. Kreativitas digunakan seorang wirausaha untuk menemukan peluang. Sementara inovasi digunakan untuk memecahkan sebuah masalah.

Kegiatan wirausaha adalah membuat seorang pengusaha harus siap kehilangan dan menanggung tanggung jawab lebih besar. Hal inilah yang membuat keberanian, tekad, dan jiwa tangguh harus dimiliki seorang wirausahawan.

Seperti apa saja kegiatan wirausaha itu? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber ada empat kegiatan wirausaha yang perlu dipahami:

1. Pertama

Kegiatan wirausaha adalah tahap pertama mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. Di awali melihat peluang usaha baru yang paling mungkin, seperti membuka usaha baru, melakukan akuisisi atau franchising, serta memilih jenis usaha yang akan dilakukan.

2. Kedua

Kegiatan wirausaha adalah tahap kedua memulai berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, seperti pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi. Selain itu, juga berkaitan dengan kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, serta melakukan evaluasi.

3. Ketiga

Kegiatan wirausaha adalah tahap ketiga melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang sedang dan akan dihadapi.

4. Keempat

Kegiatan wirausaha adalah tahap keempat, apabila hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan, atau mungkin bisa bertahan, maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang bisa saja diambil demi kemajuan usaha.

Dalam modul berjudul Program Kegiatan Wirausaha (2021) yang dipublikasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Negeri Makassar, diungkap menurut studi Global Entrepreneurship Index (GEI) pada tahun 2018 yang menunjukkan bahwa Indonesia hanya memiliki skor 21% wirausahawan sebagai bidang pekerjaan atau peringkat 94 dari 137 negara yang disurvei.

Hal yang sama diungkap dalam data yang dipublikasikan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk turut mendorong penguatan struktur ekonomi. Ini karena saat ini rasio wirausaha di dalam negeri masih sekitar 3.1 persen dari total populasi penduduk.


Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Bisnis
Ilustrasi wirausaha. Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

1. Pengertian Wirausaha Menurut Josep Schumpeter

Pengertian wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

2. Pengertian Wirausaha Menurut Robbin & Coulter

Pengertian wirausaha adalah suatu proses di mana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir & sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi & keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

3. Pengertian Wirausaha Menurut Zimmerer

Pengertian wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan risiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.

4. Pengertian Wirausaha Menurut Effendy

Pengertian wirausaha adalah orang atau individu yang melaksanakan proses penciptaan kesejahteraan/atau nilai tambah, melalui penoleran atau penetasan gagasan dengan memadukan sumber daya dan merealisasikan tersebut menjadi kenyataan.

5. Pengertian Wirausaha Menurut Raymond

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

6. Pengertian Wirausaha Menurut Kasmir

Pengertian wirausaha adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

7. Pengertian Wirausaha Menurut Peter F Drucker

Pengertian wirausaha adalah sebuah kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru & berbeda. Peter Drucker berkata bahwa wirausaha tidak mencari risiko, mereka mencari peluang.

8. Pengertian Wirausaha Menurut Kathleen

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil resiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

9. Pengertian Wirausaha Menurut Stein dan John F. Burgess

Pengertian wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

10. Pengertian Wirausaha Menurut Ahmad Sanusi

Pengertian wirausaha adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

11. Pengertian Wirausaha Menurut F. Hadiputra

Pengertian wirausaha adalah mampu mengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima manfaat finansial atau non-moneter.

12. Pengertian Wirausaha Menurut Andrew J Dubrin

Pengertian wirausaha adalah menjalankan dan mendirikan bisnis inovatif.

13. Pengertian Wirausaha Menurut Jean Baptista Say

Pengertian wirausaha adalah menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari apa yang dia hasilkan.

14. Pengertian Wirausaha Menurut Harvey Leibenstein

Pengertian wirausaha adalah berbagai kegiatan yang diperlukan untuk menjalankan & mendirikan perusahaan di saat pasar belum terbentuk / belum teridentifikasi secara jelas, atau beberapa komponen fungsi produksi belum teridentifikasi sepenuhnya.

15. Pengertian Wirausaha Menurut Syamsudin Suryana

Pengertian wirausaha adalah percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, orang yang berani mengambil risiko, kepemimpinan yang lugas, kemampuan inovasi yang kuat, dan orang yang berorientasi pada masa depan.


Tujuan dan Manfaat Kegiatan Wirausaha

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Ilustrasi wirausaha. Credit: pexels.com/fauxels

Apa yang menjadi tujuan dan manfaat wirausaha sebenarnya? Ini penjelasan tujuan dan manfaat kegiatan wirausaha yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber.

Tujuan Wirausaha:

1. Menjaring dan Membuka Lapangan Pekerjaan Baru Bagi Masyarakat Sekitar

Semakin berkembang suatu usaha, tentu akan membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia untuk mengelolanya. Hal ini lantas akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Menambah lapangan pekerjaan juga membantu untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Dengan berkembangnya suatu usaha yang diciptakan oleh para enterpreneur ini, maka masyarakat yang kesulitan mendapat pekerjaan ataupun masih kekurangan secara finansial dapat terbantu. Ini adalah tujuan wirausaha yang pertama.

2. Membantu Menularkan Semangat Berwirausaha

Seorang wirausaha tentunya memiliki jiwa yang kreatif, kompetitif, dan kaya akan ide, inovasi ataupun terobosan. Tujuan wirausaha yang satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang menginginkan sebuah pembaharuan atau terobosan dan ingin memiliki usahanya sendiri. Dengan saling berbagi ide ataupun memberikan inspirasi, masyarakat juga akan tergerak untuk mencoba membuka sebuah usaha.

3. Meningkatkan Jumlah Wirausaha Berkualitas

Dengan membantu menularkan semangat untuk berwirausaha, hal ini akan meningkatkan jumlah wirausahawan yang ada pada suatu daerah atau kawasan. Tujuan wirausaha pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Apabila karyawan yang pernah bekerja membuka usahanya sendiri, hal ini akan semakin menambah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

4. Menebarkan Semangat untuk Berinovasi

Dewasa ini, masyarakat memiliki pola pikir yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya. Berbagai inovasi serta ide akan selalu berkembang dan bervariasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penjaja makanan dan variasi yang mereka tawarkan di setiap kota.

Makanan adalah contoh umum yang mudah menjadi sebuah tren. Hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan inovasi dalam berwirausaha. Sebuah inovasi dan kreativitas tak selalu terpaku pada suatu hal. Dan jika produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih di mata masyarakat, produk tersebut tentu akan semakin naik nilai jualnya.

Manfaat Wirausaha:

1. Menumbuhkan Kemampuan Manajerial

Manfaat terbesar dan paling signifikan dari kewirausahaan adalah membantu mengidentifikasi dan mengembangkan bakat manajerial. Sebab pengusaha sukses harus belajar banyak keterampilan dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu keterampilan tersebut adalah seni membuat keputusan. Sebagai seorang wirausaha, hendaknya melakukan pertimbangan, analisis, dan mencari alternatif terbaik.

2. Tingkatkan Standar Hidup Masyarakat

Faktor penting dari kewirausahaan adalah membantu memenuhi semua kebutuhan dan kemewahan pelanggan di masyarakat. Pengusaha bisa meluncurkan produk dan layanan yang tujuannya memenuhi keinginan pelanggan, meski itu bukan barang atau jasa umum.

Dengan terpenuhinya keinginan pelanggan, maka berdampak pada standar hidup anggota masyarakat yang ikut meningkat menjadi lebih baik.

3. Pembangunan Ekonomi

Seorang wirausahawan memiliki peran yang sangat penting di dalam perekonomian nasional. Mereka adalah tonggak pembangunan ekonomi suatu negara. Bahkan wirausahawan tidak hanya investasi modalnya sendiri, namun turut menarik modal dari pasar.

Wirausahawan memanfaatkan tabungan tersebut dengan produktif, lalu memobilisasi dan mengubahnya jadi sumber daya yang produktif. Kemudian, sumber daya atau modal keuangan yang terkumpul tersebut adalah dasar terciptanya kekayaan di perekonomian.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya