Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Sendi Pelana, Berikut Penjelasannya

Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah salah satu jenis sendi yang perlu kamu pahami.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Jun 2022, 19:55 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2022, 19:55 WIB
Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Sendi Pelana, Berikut Penjelasannya
Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Sendi Pelana, Berikut Penjelasannya (img-yenisafak.mncdn.com)

Liputan6.com, Jakarta Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah salah satu jenis sendi yang perlu kamu pahami. Sendi adalah hubungan yang terbentuk antara tulang. Sendi merupakan perhubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. 

Hubungan dua tulang ini disebut juga persendian (artikulasi). Fungsi utama sendi adalah untuk memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya, juga sebagai poros anggota gerak.

Ada berbagai macam sendi di dalam tubuh manusia, dari yang hanya memberikan sedikit pergerakan, hingga yang membuat kamu bisa menggerakkannya dengan bebas. Setiap sendi memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh.

Persendian berperan dalam mempertahankan kelenturan kerangka tubuh. Tanpa persendian, kamu tidak mungkin bisa melakukan berbagai gerakan. Sendi ini menyerupai bantalan yang berada di antara tulang-tulang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/6/2022) tentang tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Sendi

Mengenal Sendi
Mengenal Sendi (www.ehowenespanol.com)

Sebelum mengenal tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah, kamu perlu mengetahui apa itu sendi terlebih dahulu. Sendi adalah hubungan yang terbentuk antara tulang. Sendi merupakan bagian yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh bergerak. Jumlah sendi tiap orang berbeda-beda, setidaknya ada 20 hingga 350 sendi yang menghubungkan tulang manusia.

Sendi sangat penting fungsinya terhadap sistem gerak manusia. Tanpa adanya sendi, manusia akan kesulitan untuk bergerak, berjalan, memegang benda, dan tentunya melaksanakan aktivitas. Hampir semua gerakan yang dilakukan tubuh memerlukan bantuan atau peran dari persendian ini. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah salah satu jenis sendi gerak, yang bisa kamu kenali melalui kemampuan geraknya. Jadi, kamu perlu mengenali macam-macam sendi berdasarkan perbedaan kemampuan gerak.


Macam-Macam Sendi Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Gerak

Sebelum mengenal tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah, kamu perlu memahami macam-macam sendi terlebih dahulu. Berikut macam-macam sendi berdasarkan perbedaan kemampuan geraknya:

Sendi Gerak

Sendi gerak merupakan hubungan antar tulang dengan kemampuan gerak lebih banyak. Pada sendi gerak tulang yang satu dengan tulang yang lain diikat dengan semacam jaringan pengikat atau ligamen. Gerakan antar tulang ini akan menimbulkan gesekan dan rasa sakit jika pada rongga antar tulang tidak terdapat minyak sendi. 

Berdasarkan jenis gerakannya sendi gerak dikenal dengan berbagai jenis sendi, di antaranya sendi peluru, sendi putar, sendi pelana, sendi gulung, dan sendi engsel. 

- Sendi Peluru. Sendi peluru merupakan persendian yang memungkinkan gerakan ke seluruh arah, dan biasanya berporos tiga. Sendi peluru terdapat pada hubungan antara tulang lengan atas dan tulang belikat. Pada sendi peluru ujung tulang yang satu dengan yang lain membentuk lekukan berupa lingkaran sehingga bonggol tulang yang satu dapat masuk pada lekukan tulang yang lain. Hubungan antar tulang panggul dan tulang paha juga merupakan sendi peluru.

- Sendi Putar. Hubungan antar tulang dimana ujung tulang yang satu berupa tonjolan yang masuk kedalam lubang tulang yang lain disebut sendi putar. Sendi putar memungkinkan terjadinya gerakan memutar. Sendi putar terdapat pada hubungan antara tulang hasta dan tulang pengumpil, juga pada hubungan antara tulang pemutar dan tulang atlas.

- Sendi Pelana. Hubungan tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan dua arah adalah sendi pelana. Sendi pelana terdapat pada hubungan antara tulang ibu jari dengan tulang telapak tangan. 

- Sendi Gulung. Hubungan antara tulang telapak tangan dengan tulang pengumpil merupakan sendi gulung.

- Sendi Engsel. Hubungan antara ujung tulang yang menghasilkan gerakan seperti engsel pada pintu disebut sendi engsel. Hubungan antara tulang paha dengan tulang kering pada lutut, atau antara tulang lengan dengan tulang hasta pada sikut serta pada ruas-ruas ibu jari juga merupakan sendi engsel.

Sendi Kaku

Sendi kaku merupakan macam macam sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Sendi kaku terdapat pada hubungan antar tulang-tulang pergelangan tangan dan tulang pergelangan kaki. 

Sendi Mati

Sendi mati merupakan macam macam sendi yang menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lain tanpa dapat digerakkan sama sekali. Persendian jenis ini terdapat pada hubungan antara tulang pada tengkorak.


Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Pelana

Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Pelana
Tipe Persendian yang Terdapat pada Rahang adalah Pelana (Zeenews)

Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah sendi yang mungkin sudah kamu pahami dari penjelasan macam-macam sendi di atas. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah salah satu jenis dari sendi gerak. Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah sendi pelana. Hal ini tentunya sudah jelas karena hubungan tulang pada rahang memungkinkan terjadinya gerakan dua arah.

Sendi pelana juga terdapat pada hubungan antara tulang ibu jari dengan tulang telapak tangan. Dalam dunia medis, persendian di rahang ini disebut juga dengan sebutan sendi Temporomandibular (TMJ).  

Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah sendi pelana. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya