Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Benar dan Mudah, Pahami Strukturnya

Demikian cara membuat proposal kegiatan yang benar dan mudah untuk diikuti oleh siapapun, berikut struktur penulisannya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 16 Sep 2022, 16:40 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 16:40 WIB
Pengertian Proposal
Ilustrasi Membuat Proposal Credit: pexels.com/Jess

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat proposal kegiatan yang benar dapat dibuat dengan mengikuti aturan dan struktur yang ada. Secara ilmiah, proposal adalah usulan tertulis yang didalamnya berisi rencana kegiatan yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Cara membuat proposal kegiatan penting untuk diketahui oleh semua kalangan, baik pelajar, pegawai, pengurus organisasi dan siapapun orang yang ingin menyelenggarakan kegiatan. Proposal kegiatan ini dibuat untuk perizinan tempat serta acara pada pihak yang berwenang dan bisa juga untuk keperluan pengajuan dana.

Cara membuat proposal kegiatan yang benar menggunakan struktur yang lengkap. Umumnya terdiri dari latar belakang kegiatan, nama kegiatan, tujuan kegiatan, detail acara kegiatan dan waktu serta tempat kegiatan diselenggarakan.

Untuk pedoman lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022). Tentang cara membuat proposal kegiatan yang benar dan mudah untuk diikuti oleh siapa saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Proposal Kegiatan

Kumpulkan dan Tata Informasi yang Ingin Ditampilkan Pada Proposal
Ilustrasi Menyusun Proposal Credit: pexels.com/StartupStockPhoto

Pengertian Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah tulisan berisi rancangan kegiatan secara sistematis dan terperinci untuk acara yang akan diselenggarakan. Tujuan utama dari penulisan proposal kegiatan adalah agar bisa mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang terhadap acara untuk diajak bekerjasama melancarkan kegiatan acara.

Pengajuan Proposal kegiatan juga digunakan sebagai proposal untuk pengajuan dana bantuan, yang akan digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan acara yang dimaksud. Proposal kegiatan juga bisa diartikan sebagai suatu perencanaan susunan kegiatan acara yang sudah terjadwal dalam bentuk tulisan.

Poin yang harus diperhatikan dalam menulis proposal kegiatan adalah tujuan dari susunan kegiatan acara harus jelas, agar pihak yang menerima proposal tersebut dapat mengerti isi dan maksud serta tujuan dari proposal yang diajukan.

Cara membuat proposal kegiatan yang pertama adalah memahami struktur proposal kegiatan itu sendiri. Struktur proposal kegiatan terdiri dari: judul, pendahuluan, dasar kegiatan, tujuan kegiatan, nama kegiatan, waktu dan tempat kejadian, susunan cara, susunan panitia, anggaran dana, dan lampiran.


Cara Membuat Proposal Kegiatan Acara Sesuai Dengan Strukturnya

Tujuan dan Fungsi Pembuatan Proposal
Ilustrasi Membuat Proposal Credit: pexels.com/Christinne

1. Judul Proposal Kegiatan

Bagian pertama adalah menyebutkan nama kegiatan yang dirancang. Buatlah judul proposal yang menarik sehingga para pihak yang terkait tertarik untuk menyumbangkan segenap dananya untuk kegiatan acara yang akan diselenggarakan.

Susun nama kegiatan dalam frasa yang menarik agar pihak terkait bisa tertarik dengan kegiatan yang diajukan. Namun tetap jelas, singkat dan padat agar tidak menimbulkan mispersepsi pembaca atau pihak yang terkait.

 

2. Pendahuluan

Selanjutnya bagian pendahuluan yang didalamnya terdapat sub bab pendukung yaitu latar belakang kegiatan serta tujuan kegiatan. Latar belakang merupakan alasan dasar kenapa kegiatan tersebut perlu untuk diselenggarakan.Sedangkan tujuan kegiatan adalah hasil dari kegiatan acara yang diharapkan.

 

3. Isi Proposal Kegiatan

Bagian terpenting dari proposal kegiatan yaitu berisi tema kegiatan, macam-macam kegiatan, peserta yang terlibat di dalam acara, peralatan yang dibutuhkan, waktu dan tempat kegiatan, susunan acara, susunan kepanitian, anggaran perkiraan dana yang dibutuhkan selama berjalannya acara tersebut.


Cara Membuat Proposal Kegiatan Acara Sesuai Dengan Strukturnya

Jenis - Jenis Proposal
Ilustrasi Membuat Proposal Credit: pexels.com/Coonard

4. Susunan Acarara

Pada bagian keempat, lampirkan rencana susunan acara yang juga dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan nanti. Sebutkan dengan detail susunan kegiatan yang direncanakan. Tulis juga durasi untuk setiap kegiatan, lokasi, dan siapa saja yang terlibat pada jadwal yang sudah direncanakan.

 

5. Susunan Kepanitiaan

Pada bagian susunan kepanitiaan, sebutkan siapa saja panitia yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan, serta tugas yang dipegang oleh masing-masing orang, hal ini untuk memberi transparansi tentang siapa saja yang terlibat dan bertanggungjawab pada kegiatan yang akan diselenggarakan.

 

6. Anggaran Dana

Rincian biaya untuk menyelenggarakan suatu kegiatan harus selalu dicantumkan dalam proposal. Perkiraan biaya menjadi pertimbangan penting bagi sponsor. Bila perlu, anggaran dana dapat dibedakan menjadi bagian persiapan sebelum kegiatan, operasional selama kegiatan berlangsung, dan laporan kegiatan setelah selesai dilakukan.

 

7. Penutup

Bagian terakhir yang wajib dihadirkan adalah penutup. Seperti proposal pada umumnya, untuk proposal kegiatan juga ditambahkan bagian penutup yang berisi harapan serta dukungan yang diberikan kepada pihak terkait.


Manfaat Proposal Kegiatan

Buatlah Desain Proposal yang Menarik
Ilustrasi Menyusun Proposal Credit: pexels.com/pixabay

Manfaat Proposal Kegiatan

Proposal Kegiatan digunakan untuk mengajukan sebuah kegiatan pada individu dan kelompok. Konsep dan ide yang terdapat pada proposal kegiatan harus berisi tentang kegiatan yang akan dilakukan. Proposal kegiatan dapat berfungsi untuk mengadakan konser, lomba, seminar dan lain sebagainya. Adapun manfaat dari mengetahui cara membuat proposal kegiatan diantaranya adalah:

- Sebagai rencana yang dapat mengarahkan panitia kegiatan dalam melaksanakan kegiatan tersebut

- Sebagai acuan informasi pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut

- Sebagai bahan yang dapat menjelaskan pada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut

- Memberikan kemudahan bagi penyelenggara untuk mendapatkan dukungan

- Meyakinkan sponsor untuk memberikan dukungan secara material maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan sesuai dengan rencana.


Tujuan Membuat Proposal Kegiatan

Proposal
Ilustrasi Membuat Proposal Credit: pexels.com/Fimbree

Tujuan Membuat Proposal Kegiatan

Tujuan dari penyusunan proposal akan sangat berkaitan dengan bidang kegiatan yang dimaksud. Beberapa diantaranya adalah:

- Untuk menjelaskan program kerja maupun rencana.

- Untuk dijadikan sebagai acuan dalam proses merancang suatu kegiatan.

- Untuk meyakinkan donatur maupun pihak pembaca yang akan menjadi sponsor maupun klien agar bersedia memberikan bantuan.

- Untuk mencapai tujuan seperti yang telah disepakati bersama.

- Dijadikan sebagai acuan atas suatu kesepakatan awal.

 

Demikian cara membuat proposal kegiatan yang benar dan mudah untuk diikuti oleh semua kalangan. Cara membuat proposal kegiatan yang benar tidaklah sulit anda cukup memahami struktur penulisan, manfaat dan tujuannya, sebelum mulai menulis proposal kegiatan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya