11 Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Sebelum membahas cara menghilangkan gatal di selangkangan, ada baiknya mengenali terlebih dahulu penyebab rasa gatal yang terasa di area selangkangan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 28 Okt 2022, 12:10 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 12:10 WIB
Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?
Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal memang sangat mengganggu kenyamanan apalagi bila terjadi di daerah selangkangan. Berbagai cara menghilangkan gatal di selangkangan dilakukan untuk menyembuhkannya. Rasa gatal memang akan berkurang saat digaruk, namun itu hanya berlaku sementara, saat tidak di garuk rasa gatal tersebut akan datang lagi.

Menggaruk bagian kulit yang gatal sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan terus menerus karena dapat mengakibatkan kulit terluka. Apalagi di bagian kulit selangkangan yang cenderung lebih. Maka sebaiknya cari cara menghilangkan gatal di selangkangan yang tidak meninggalkan dampak buruk.

Berbagai jenis produk untuk menghilangkan rasa gatal di area selangkangan dapat dengan mudah ditemukan. Ada juga cara menghilangkan gatal di selangkangan secara alami yang dapat dilakukan. Berikut cara menghilangkan gatal di selangkangan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022).


Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan: Penyebab

herpes genital
Ilustrasi herpes genital. (Sumber: Health Aim)

Sebelum membahas cara menghilangkan gatal di selangkangan, ada baiknya mengenali terlebih dahulu penyebab rasa gatal yang terasa di area selangkangan. Berikut penyebab gatal di selangkangan.

Dermatitis Kontak

Dermatitis merupakan peradangan yang terjadi karena iritasi yang disebabkan oleh kontak kulit dengan zat yang memicu reaksi alergi. Tidak hanya di selangkangan, dermatitis juga dapat terjadi di bagian kulit lainnya. Dermatitis tidak menular dan tidak berbahaya. Cara paling ampuh untuk mengobati dermatitis kontak adalah menghindari kontak dengan zat yang dapat memicu alergi.

Psoriasis

Psoriasis juga merupakan peradangan. Bedanya dengan dermatitis, psoriasis disebabkan oleh gangguan kekebalan tubuh. Sama halnya dengan dermatitis, psoriasis dapat terjadi di seluruh bagian kulit. Gejalanya psoriasis umumnya berupa kulit bersisik, menebal dan terasa gatal.

Intertrigo

Intertrigo atau dermatitis intertriginosa merupakan ruam di area lipatan yang disebabkan oleh kondisi lembab dan gesekan yang terjadi terus menerus di area lipatan tersebut. Intertrigo bukan penyakit menular, namun infeksi bakteri yang dapat disebabkan oleh masuknya mikroba lewat ruam di kulit perlu diwaspadai.

Gesekan Dengan Pakaian

Aktivitas yang tinggi, seperti olahraga lari dan bersepeda dapat menyebabkan pergesekan kulit area selangkangan dengan pakaian yang dipakai. Gesekan dengan beberapa jenis bahan pakaian dapat mengakibatkan ruam kemerahan, lembab, rasa panas, dan gatal di selangkangan.

Infeksi Jamur

Selangkangan merupakan salah satu bagian tubuh yang lembab. Jika tidak dibersihkan dengan benar, area yang lembab ini menjadi tempat favorit bagi jamur untuk tumbuh. Akibatnya jamur menyebabkan infeksi yang mengakibatkan ruam, kulit bersisisk dan rasa gatal.

Kutu Kemaluan

Kutu kemaluan atau phthirus pubis adalah serangga parasit yang tinggal di rambut kemaluan. Umumnya kutu kemaluan menyebar melalui kontak fisik saat hubungan seksual. Kutu ini dapat mengakibatkan rasa gatal, timbulnya bintik kecil berwarna merah kebiruan akibat bekas gigitan, deman, dam peradangan di area kulit selangkangan.

Herpes

Herpes merupakan jenis virus yang menyebabkan infeksi kulit. Infeksi herpes ditandai dengan kulit kering, munculnya luka melepuh bahkan luka terbuka yang berair. Selain are selangkangan, herpes dapat terjadi di dekat bibir. Herpes disebabkan oleh infeksi virus, oleh sebab itu penyakit ini dapat menular melalui kontak fisik.


Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih sangat banyak untuk kesehatan.

1. Bersihkan Selangkangan dengan Benar

Memastikan area selangkangan tetap bersih adalah hal penting dalam cara menghilangkan gatal di selangkangan. Bakteri dan kotoran yang menumpuk adalah penyebab utama terjadinya rasa gatal di selangkangan. membersihkan area selakangan secara menyeluruh setelah buang air sangat penting untuk menghindari penumpukan kotoran dan bakteri di selangkangan. 

Jika perlu gunakan sabun pembersih khusus area kemaluan yang banyak dijual di pasaran. Produk pembersih biasanya diperuntukan untuk wanita, namun tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan selangkangan pria juga menggunakan produk pembersih tersebut.

2. Menjaga Selangkangan Tetap Kering

Setelah membersihkan selangkangan, pastikan untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering. Kondisi lembab di lipatan kulit seperti selangkangan dapat menjadi tempat berkembangnya jamur. Jamur ini kemudian mengakibatkan infeksi yang menyebabkan rasa gatal yang mengganggu.

3. Pilih Bahan Celana Dalam

Pilih bahan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar selangkangan tidak terlalu lembab seperti katun. Selain itu, pilih celana dalam yang tidak terlalu ketat agar kulit selangkangan mendapat sirkulasi yang baik. Hal ini akan mencegah timbulnya jamur.

4. Ganti Celana Dalam Secara Rutin

Selain memiliki]h bahan yang tepat, mengganti celana dalam secara berkala juga penting untuk menghindari timbulnya rasa gatal di selangkangan. Apalagi bila anda banyak berkeringat atau sedang datang bulan. 

5. Hindari Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat seperti skinny jeans dapat meningkatkan kelembaban di area selangkangan. Gesekan yang terjadi antara kulit dan pakaian juga meningkat saat mengenakan pakaian ketat. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu sering mengenakan pakaian yang ketat.


Cara Menghilangkan Gatal di Selangkangan

6. Potong Bulu Kemaluan

Bulunkemaluan yang terlalu panjang dapay maningkatkan kelembaban area kemaluan. Hal ini akan meningkatkan resiko infeksi jamur. Selain itu, rambut kemaluan yang terlalu lebat dapat menjadi sarang bagi kutu kemaluan. Tidak perlu mencukur bulu kemaluan sampai habis, sebab bulu kemaluan memiliki fungsi melindungi organ vital dari kotoran dan bakteri. Potong bulu kemaluan secara berkala agar tidak terlalu lebat saja.

7. Air Daun Sirih

Daun sirih terbukti menjadi antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri. Air rebusan daun sirih dipercaya dapat membersihkan area selangkangan. Caranya siapkan 10 lembar daun sirih kemudian rebus dengan 500 mililiter air sampai mendididh. Setelah itu dinginkan dan gunakan untuk membasuh area selangkangan.

8. Air Kunyit

Selain daun sirih, kunyit juga merupakan bahan alami yang memiliki sifat antiseptik yang dapat digunakan untuk membersihkan area selangkangan. Caranya dengan menghaluskan kunyit dan mencampurkannya dengan air. Kemudian gunakan untuk membasuh area selangkangan.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa terbukti memiliki sifat anti bakteri yang dapat menyembuhkan berbagai masalah akibat bakteri. Untuk menghilangkan rasa gatal di selangkangan, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang terasa gatal.

10. Tea Tree Oil

Tea tree oil juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa gatal di selangkangan. Berbeda dengan minyak kelapa tea tree oil perlu dicampur dengan olive oil atau minyak kelapa agar tidak menyebabkan iritasi. Kemudian campuran tea tree oil dapat dioleskan di kulit yang gatal.

11. Konsumsi yogurt

Mengkonsumsi yogurt terbukti dapat mencegah terjadinya infeksi jamur. Kandungan probiotik dalam yogurt membantu mengobati gatal di selangkangan akibat jamur.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya