Buta karena Kecelakaan, Mata Wanita Ini Bisa Berubah Warna Bak Robot

Wanita ini ciptakan mata palsu bak robot.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 12 Des 2022, 20:10 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 20:10 WIB
Buta Karena Kecelakaan, Mata Wanita Ini Bisa Berubah Warna Bak Robot
Buta Karena Kecelakaan, Mata Wanita Ini Bisa Berubah Warna Bak Robot (Sumber: Oddity Central)

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak dapat terduga. Peristiwa yang tidak diinginkan itu pun sering menyebabkan seseorang yang mengalaminya berakibat cedera dan hingga memakan korban jiwa. Meski sudah berhati-hati, terkadang kecelakaan bisa saja terjadi.

Bahkan akibat terjadinya kecelakaan bisa menjadi kejadian yang fatal bagi seseorang. Seperti yang dialami oleh wanita yang bernama Xia Tong ini. Wanita asal China itu menjadi buta sebelah usai mengalami insiden kecelakaan yang kehilangan mata dalam kecelakaan.

Pada 2013, Xia Tong kehilangan salah satu matanya karena kecelakaan mobil. Kala mengalami kecelakaan itu, ia baru berusia 18 tahun. Kemudian Xia Tong menggantinya dengan mata palsu. Alih-alih kehilangan kepercayaan diri, ia memilih tampil berbeda.

Mata wanita itu bisa berbeda warna bak mata robot. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Membuat Mata Prostetik

Buta Karena Kecelakaan, Mata Wanita Ini Bisa Berubah Warna Bak Robot
Buta Karena Kecelakaan, Mata Wanita Ini Bisa Berubah Warna Bak Robot (Sumber: Oddity Central)

Alih-alih kehilangan kepercayaan diri dan menghindari orang karena penampilannya. Setelah belajar menjadi teknisi mata prostetik (okularis), Xia Tong mulai membuat segala macam prostetik unik untuk dirinya sendiri. Hasilnya pun ia pamerkan ke media sosial.

Xia Tong sangat mampu membuat mata prostetik klasik yang hampir tidak dapat dibedakan dari yang asli. Akan tetapi, wanita 28 tahun itu terkenal karena "mata bionik" yang memancarkan warna berbeda dan bahkan berkedip dengan menekan sebuah tombol.

Xia Tong mengatakan bahwa ia membuat mata prostetik sebagai cara membantu orang-orang seperti dirinya mengatasi masalah kepercayaan diri. Wanita itu juga telah bertemu banyak orang yang menjadi terisolasi atau memiliki kepercayaan diri yang rendah setelah kehilangan satu mata. Hal itu pun membuat dirinya tergerak untuk menjadi seorang ahli mata dan menciptakan prostetik yang lebih baik.


Menjadi Lebih Percaya Diri

Beberapa orang menginginkan prostesis yang realistis, tetapi Xia Tong menggunakan keterbatasannya itu menjadi lebih percaya diri. Ia memasukkan LED kecil ke dalam mata palsunya. Hal ini membuat XiA Tong terlihat seperti android atau robot Terminator yang keren.

Kisah Xia Tong dan komitmennya untuk membuat mata prostetik yang lebih baik baru-baru ini menjadi viral di Tiongkok. Kebanyakan orang memuji keberanian dan kekuatannya untuk mengubah peristiwa traumatis menjadi sesuatu yang positif.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya