Ciri-Ciri Ambeien Dalam dan Luar, Begini Mengobatinya

Ciri-ciri ambeien paling umum adalah anus tidak nyaman, gatal, perih, dan perdarahan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 19 Des 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi ambeien
Ilustrasi ambeien. (Photo by atlascompany on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Ambeien adalah masalah kesehatan akibat pembengkakan pembuluh darah. Ciri-ciri ambeien paling umum adalah penderita akan merasakan anusnya terasa tidak nyaman, gatal, perih, dan mengalami perdarahan.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease mengungkap ada sekitar 75 persen orang yang berusia di atas 45 tahun akan mengalami ambeien atau wasir. Meski tak jarang anak-anak pun berisiko memiliki masalah kesehatan ini.

Selain ciri umum ambeien, ciri-ciri ambeien dalam dan luar perlu diketahui untuk bisa membedakan penanganannya. Ambeien dalam umumnya berada di dalam rektum dan ambeien luar ada di luar rektum. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ciri-ciri ambeien dalam dan luar, Senin (19/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ciri-Ciri Ambeien Secara Umum

Penyebab Sembelit yang Paling Umum
Ilustrasi Duduk Terlalu Lama Credit: pexels.com/Mikhail

Dalam jurnal penelitian berjudul Haemorrhoids: Pathology, pathophysiology and aetiology oleh P B Loder dkk disebutkan bahwa penyebab penyakit wasir atau penyebab ambeien sebenarnya belum diketahui secara pasti, tetapi ada faktor pemengaruhnya.

Faktor pemengaruh ambeien adalah kehamilan, penuaan, diare, sembelit, terlalu lama duduk, diet, obesitas, genetika, cedera sumsum tulang belakang, operasi, dan penyakit radang usus.

Ciri-ciri ambeien bisa terlihat secara fisik dan dirasakan oleh penderitanya. Secara umum, melansir dari Health Direct, ciri-ciri ambeien sebagai berikut:

1. Buang Air Besar Berdarah

Ciri-ciri ambeien stadium awal adalah saat buang air besar akan berdarah. Ini berupa darah segar dan jumlahnya tidak banyak. Penderita ambeien tahap awal umumnya akan merasa anusnya gatal.

2. Mulai Benjolan Kecil di Anus

Ciri-ciri ambeien stadium kedua adalah penderita akan merasakan ada benjolan kecil di anusnya. Beberapa penderita akan mengalami ciri-ciri ambeien ini disertai keluar darah. Jika buang air besar selesai, biasanya benjolan akan kembali ke dalam anus sendiri.

3. Merasakan Anus Sakit

Ciri-ciri ambeien stadium ketiga adalah penderita akan merasakan anusnya mulai terasa sakit. Benjolan ambeien di stadium ketiga pun tidak bisa masuk sendiri, tetapi harus didorong dengan jari.

Ukuran dari benjolan sesuai ciri-ciri ambeien stadium ketiga, lebih besar. Beberapa penderita merasa kesakitan dan perih di anusnya.

4. Ada Benjolan Menyakitkan di Anus

Ciri-ciri ambeien stadium akhir adalah penderita akan merasakan ada benjolan menyakitkan di anus. Ukuran benjolan ambeien stadium akhir ini pun sudah sangat besar dan sulit dimasukkan kembali ke dalam anus.  

Beberapa penderita akan ada yang mengalami munculnya darah wasir yang menggumpal atau mengeras membentuk benjolan yang keras. Benjolan inilah yang umumnya bisa membuat anus merasakan sakit berkepanjangan.


Ciri-Ciri Ambeien Dalam dan Luar

Ilustrasi toilet
Ilustrasi toilet. Photo by Sung Jin Cho on Unsplash

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease mengungkap ada sekitar 75 persen orang yang berusia di atas 45 tahun akan mengalami ambeien atau wasir.

Beberapa di antaranya bisa jadi tidak mengalami ciri-ciri ambeien, tetapi tidak sedikit orang yang akan pada suatu waktu mengalami masalah yang terkait dengan ambeien, termasuk nyeri, gatal, dan pendarahan.

Ciri-ciri ambeien dalam dan luar ini penting diketahui agar penanganan tepat bisa dilakukan. Begini ciri-ciri ambeien dalam dan luar melansir dari Medical News Today:

Ciri-Ciri Ambeien Dalam

1. Ambeien dalam umumnya benjolan berada di dalam anus atau tidak begitu terasa.

2. Ambeien dalam akan membuat penderita mengalami perdarahan saat buang air besar.

3. Ambeien tidak begitu menyakitkan karena di dalam anus tidak ada banyak saraf.

Ciri-Ciri Ambeien Luar

1. Ambeien luar umumnya akan berada di luar anus atau bisa diamati dengan saksama.

2. Ambeien luar berada di luar rektum atau di sekitar lubang anus.

3. Ambeien luar akan membuat penderita merasakan nyeri dan tidak nyaman karena di sana ada banyak saraf.

4. Ambeien luar jarang membuat penderita mengalami perdarahan saat buang air besar.

5. Ambeien luar membuat penderita mengalami gatal di daerah anusnya.

6. Ambeien luar akan memunculkan lendir di pakaian dalam dan tisu toilet.

7. Ambeien luar membuat penderita merasa belum tuntas melakukan buang air besar.


Cara Mengobati Ambeien dan Penjelasannya

ilustrasi minyak kelapa untuk menumbuhkan rambut/unsplash
Ilustrasi minyak kelapa/unsplash

Jika sudah mengetahui ciri-ciri ambeien dalam dan luar, selanjutnya ketahui cara mengobati ambeien yang tepat. Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, begini cara mengobati ambeien:

1. Minyak Kelapa

Penelitian pada tahun 2008 sebagaimana diungkap Helathline, minyak kelapa bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat anti bakterinya juga memungkinkan ambeien sembuh lebih cepat.

2. Pakaian Katun

Bahan katun yang lebih longgar, terutama untuk pakaian dalam memungkinkan area anus tetap bersih dan kering. Ini pun dapat mengurangi gejala risiko infeksi pada luka terbuka.

3. Olahraga Rutin

Olahraga yang bisa dicoba adalah melakukan aerobik sedang misalnya jalan cepat sekitar 20-30 menit sehari dalam sehari.

4. Analgesik

Analgesik tidak benar-benar menyembuhkan ambeien, tetapi dapat mengurangi rasa sakit karena ambeien. Penderita ambeien dapat mengonsumsi aspirin, ibuprofen, dan asetaminofen.

5. Kompres Es

Kompres es atau kompres dingin untuk daerah anus selama 15 menit bisa membantu penderita ambeien dalam meredakan pembengkakan.

Pastikan membungkus es dengan kain atau handuk yang lembut. Tidak disarankan menempelkan lanngsung es karena dapat merusak kulit dan bahkan berbahaya.

6. Konsumsi Serat

Konsumsi serat bisa membantu mengurangi pembengkakan ambeien. Seperti roti gandum, sereal, beras merah, buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji bijian.

7. Sekam Psyllium

Cleveland Clinic mengungkap sekam psyllium atau psyllium husk adalah suplemen yang dapat membantu penderita ambeien meningkatkan asupan serat dan melembutkan tinja.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya