Tulang Hasta Fungsinya Rotasi, Simak Pengertian dan Kegunaan Lainnya

Tulang hasta fungsinya adalah membentuk kerangka lengan bawah bersama tulang pengumpil.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 20 Des 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 20 Des 2022, 11:30 WIB
Gangguan tulang hasta  (sumber: iStockphoto)
Gangguan tulang hasta (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tulang hasta merupakan satu dari dua tulang yang membentuk kerangka lengan bawah manusia. Dari penjelasan tersebut dapat dipahami pula bahwa tulang hasta fungsinya adalah membentuk kerangka lengan bawah bersama tulang pengumpil.

Itu hanya salah satu saja fungsi dari tulang hasta. Selain itu, tulang hasta fungsinya ada banyak. Setidaknya, tulang hasta fungsinya ada lima, yakni membentuk struktur lengan bawah, membantu rotasi pergelangan tanah, tempat melekatnya otot dan daging, serta membentuk humerus dan sendi siku.

Tulang hasta merupakan salah satu anatomi yang penting dalam sistem kerangka tulang manusia. Tulang hasta merupakan tulang panjang di bagian medial lengan bawah yang sejajar dengan tulang pengumpil.

Secara umum, tulang hasta fungsinya adalah mendukung aktivitas tangan, mulai dari membantu rotasi tangan hingga membentuk sendi, merupakan beberapa fungsi tulang hasta yang penting untuk pergerakan tangan. Untuk lebih memahami fungsi tulang hasta, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).


Mengenal Tulang Hasta

Tulang Hasta merupakan tulang yang membentuk struktur kerangka lengan bawah bersama tulang pengumpil. Ada satu tulang hasta di setiap lengan. Tulang hasta adalah tulang panjang dan sangat penting dalam pembentukan sendi pergelangan tangan dan siku.

Tulang Hasta adalah tulang medial lengan bawah, terletak di sisi yang berlawanan dengan ibu jari, yaitu di sisi jari kelingking, memanjang dari daerah pergelangan tangan ke siku. Dengan kata lain, tulang hasta dapat ditemukan antara baris karpal proksimal dan humerus tulang lengan atas, berjalan sejajar dengan radius tulang lengan bawah lainnya.

Tulang hasta lebih panjang dari dua tulang di lengan bawah. Tulang hasta fungsinya membantu menggerakkan lengan, pergelangan tangan, dan tangana. Tulang hasta juga menopang banyak otot penting, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.


Bagian Tulang Hasta

Fungsi tulang hasta
Fungsi tulang hasta (sumber: iStockphoto)

Tulang hasta dapat dibagi menjadi tiga bagian, yakni ujung proksimal atau atas, poros, dan ujung distal atau bawah. Tulang hasta berartikulasi dengan hanya dua tulang, bergabung dengan humerus dan ujung proksimal radius pada ujung proksimalnya, dan ujung distal radius pada ujung distal.

1. Ujung Proksimal atau Atas

Di ujung proksimal tulang hasta, ada empat landmark tulang penting yaitu proses olekranon, proses koronoid, takik trochlear dan takik radial.

a. Sendi Siku: Ujung proksimal menyerupai kunci pas, dengan permukaan berbentuk 'c' melengkung lebar yang dibentuk oleh takik troklear atau semilunar bersama dengan proses olekranon. Olecranon dapat dirasakan dari luar karena membentuk ujung tulang siku kita.

Permukaan melengkung atau bulan sabit dari takik troklear berartikulasi dengan trochlea humerus untuk membentuk sendi engsel siku. Selama ekstensi lengan, olecranon menyisipkan ke dalam fossa olecranon, lekukan atau lekukan yang dalam di humerus, untuk menjaga siku agar tidak melampaui kisaran 180 °.

Tulang hasta selanjutnya diamankan di tempatnya oleh prosesus koronoideus, menonjol ke anterior agar sesuai dengan fossa koronoideus, resesus lain yang lebih kecil di humerus, saat lengan direfleksikan. Tepat di bawah prosesus koronoideus, permukaan kasar pada sisi anterior ulna yang dimaksudkan untuk perlekatan otot dikenal sebagai tuberositas ulna.

b. Sendi Radio-Ulnar Proksimal: Di sebelah lateral dari trochlear notch, pada ujung processus coronoideus terdapat permukaan halus kecil yang disebut radial notch yang berartikulasi dengan ujung proksimal radius membentuk joint radio-ulnaris proksimal, sehingga radius dapat berputar di sekitar tulang hasta untuk menjaga kelenturan siku.

2. Poros

Poros adalah bagian tengah yang panjang dari tulang ulna. Bergerak ke bawah menuju sisi distal, poros mengecil secara bertahap dan memiliki tiga permukaan yang menonjol dan tiga perbatasan - perbatasan anterior, posterior, interosseous dan permukaan anterior, posterior serta medial.

Bagian atas poros berbentuk agak piramidal, dengan lekukan yang membuatnya cembung ke samping dan ke belakang. Ada punggungan yang menonjol, yang dikenal sebagai batas interoseus ulna, mengalir di sepanjang sisi lateral batang. Di sinilah membran interoseus lengan bawah, lembaran jaringan fibrosa tipis yang menyatukan radius dan tulang hasta.

3. Ujung Distal atau Bawah

Ujung distalnya jauh lebih sempit dibandingkan dengan ujung proksimal, dengan dua landmark tulang primer, kepala tulang hasta, dan proses styloid. Bagian bulat kecil pada permukaan ulnaris distal adalah kepala, dan berartikulasi dengan lekukan ulnaris berbentuk cangkir dari jari-jari dan diskus artikular fibrocartilage segitiga, struktur tulang rawan yang menjaga ulna dari membentuk artikulasi langsung dengan tulang karpal.

Penjajaran caput ulnaris dan ulnaris notch memungkinkan ujung distal tulang gasta bekerja sebagai poros sehingga radius dapat berputar mengelilinginya ke segala arah. Proses styloid adalah penonjolan tulang kecil yang memanjang dari sisi medial posterior kepala. Di sinilah ligamen kolateral ulnaris (UCL) pergelangan tangan menempel.


Fungsi Tulang Hasta

Apakah Sunscreen Spray Bekerja Sebaik Suncreen Lotion?
Ilustrasi pengaplikasian sunscreen ke lengan. (Sumber foro: Pexels.com).

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tulang hasta fungsinya bermacam-macam. Setidaknya ada empat fungsi tulang hasta, yakni membentuk struktur lengang bawah, membantu rotasi pergelangan tangan, tempat melekatnya otot, serta membentuk humerus dan sendi siku.

1. Membentuk Struktur Lengan Bawah

Salah satu fungsi tulang hasta adalah membentuk struktur lengan bawah. Bersama tulang pengumpil, tulang hasta akan menunjang struktur lengan.

2. Fungsi Rotasi dari Pergelangan Tangan

Berikutnya, tulang hasta fungsinya adalah untuk membantu rotasi pergelangan tangan. Dalam menjalankan fungsi ini, tulang hasta juga dibantu dengan tulang pengumpil dan tulang karpal.

3. Tempat Melekatnya Otot

Selain dua fungsi tersebut, tulang hasta fungsinya juga sebagai tempat melekatnya otot. Adapun otot-otot yang melekat pada tulang hasta antara lain adalah otot lengan bawah dan otot tangan.

4. Membentuk Humerus dan Sendi Siku

Tulang hasta fungsinya dalah membentuk humerus dans sendi siku. Kedua sendi tersebut memiliki perang adalah untuk meregangkan lengan dan menekuk lengan. Hal itu akan membantu lengan bawah untuk bergerak. Oleh karena itu tidak lagi diperlukan gerakan persendian siku.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya