Fatamorgana Adalah Hal yang Bersifat Khayal, Ketahui Jenis dan Sejarahnya

Fatamorgana sering dikaitkan sebagai fenomena halusinasi atau ilusi.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Des 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 16:00 WIB
Danau di Tengah Lautan Pasir Ubari
Ini bukan fatamorgana, tetapi danau di tengah lautan pasir benar-benar ada.

Liputan6.com, Jakarta Fatamorgana merupakan istilah yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Istilah ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Fiona Amery dalam sebuah jurnal yang berjudul “An attempt to trace illusions to their physical causes’: atmospheric mirages and the performance of their demystification in the 1820s and 1830s” pada tahun 2020 menyebutkan bahwa fatamorgana adalah objek yang pertama kali menjadi daya tarik populer di Inggris pada tahun 1820-an dan 1830-an. Ini merupakan periode yang meledak dengan deskripsi yang jelas dalam novel, jurnal ilmiah dan literatur perjalanan. Pada masa inilah publik semakin terpesona dengan penglihatan yang tidak dapat diandalkan, seperti yang ditunjukkan oleh pertunjukan lentera ajaib dan instrumen seperti stereoskop atau zoetrope.

Sementara itu, Joseph Huddart, seorang hidrografer Inggris yang mensurvei lanskap pelabuhan dan pantai antara Inggris dan China adalah salah satu orang pertama yang mendeskripsikan fenomena fatamorgana dalam bahasa Inggris pada tahun 1796 tetapi tidak memberinya nama “fatamorgana”.

Kata “fatamorgana” mulai umum digunakan setelah Gaspard Monge, seorang matematikawan Prancis dalam ekspedisi Napoleon di Mesir, menulis tentang subjek tersebut pada tahun 1799 dalam publikasi bergengsi La décade egyptienne. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan gejala optis yang tampak pada permukaan yang panas, yang kelihatan seperti genangan air atau hal yang bersifat khayal dan tidak mungkin dicapai.

Dilansir dari Scientific American, fatamorgana adalah ilusi optik yang tepat. Fatamorgana itu sendiri dihasilkan dari fenomena elektrodinamika kuantum bahwa foton selalu menempuh jalur waktu minimum. Sementara itu, praktik melihat fatamorgana adalah praktik yang secara fisik dicatat sebagai pengalaman yang hampir berhalusinasi.

Berikut liputan6.com rangkum tentang fakta dan sejarah fatamorgana yang dilansir dari “An attempt to trace illusions to their physical causes: atmospheric mirages and the performance of their demystification in the 1820s and 1830s” oleh Fiona Amery dan berbagai sumber, Selasa (27/12/2022).


Jenis-Jenis Fatamorgana

Fata Morgana (2)
Penjelasan ilmiah Fata Morgana, terjadinya bayangan benda yang tampak mengambang di angkasa. (Sumber Wikimedia Commons)

Fiona Amery menyebutkan dua jenis fatamorgana adalah sebagai berikut :

1. Fatamorgana Superior

Fatamorgana juga dikenal dengan mirage dalam Bahasa Inggris. Fatamorgana atau mirage superior adalah gambar yang dibuat oleh pembiasan cahaya ke bawah yang melewati gradien suhu hangat di atas udara dingin. Mereka muncul sebagai paku yang bergeser di cakrawala, biasanya di daerah kutub atau garis lintang tengah. Jika kelengkungan ke bawah sinar cahaya kira-kira sama dengan kelengkungan bumi, objek di luar cakrawala dapat terlihat.

Fata morganas, sejenis fatamorgana superior, muncul ketika kelengkungan sinar cahaya lebih besar dari kelengkungan bumi. Fata morganas dicirikan oleh kompleksitasnya, seringkali termasuk tiga atau lebih gambar berbeda yang tidak ada hubungannya dengan objek nyata di cakrawala. Ungkapan “fata morgana'” berasal dari Morgan Le Fay, seorang enchantress yang kuat dari legenda Arthurian.

Atau penjelasan fatamorgana menurut National Geographic, kasus fatamorgana superior, yang sering dihasilkan di udara sejuk di atas air, cahaya membelok ke bawah dari suatu objek melalui kepadatan udara yang menebal dan membuat gambar apa pun yang dilihat oleh pengamat tampak terangkat. Kebalikannya, di mana udara yang dekat dengan tanah lebih panas daripada di atasnya, dapat menyebabkan fatamorgana yang lebih rendah, di mana cahaya membelok ke atas ke arah pengamat, menciptakan ilusi optik di bawah cakrawala.

2. Fatamorgana Inferior

Sementara itu, fatamorgana inferior terjadi ketika semua sinar cahaya ditekuk dengan derajat yang sama ke atas ke arah pengamat, memantulkan langit di bawah cakrawala. Melalui mekanisme inilah fatamorgana yang lebih rendah muncul sebagai air di padang pasir.


Fakta dan Sejarah Fatamorgana

Fatamorgana
Fatamorgana. (Wikimedia/Creative Commons)

Fatamorgana tidak hanya dikaitkan dengan ilusi optik, tetapi juga dikaitkan dengan berbagai dongeng atau legenda. Fakta-fakta tentang fatamorgana tersebut adalah sebagai berikut :

1. Fatamorgana dan Sastra

Fatamorgana adalah fenomena yang dikaitkan dengan ilusi dalam arti metaforis dalam karya sastra pada tahun 1800-an. Kata “fatamorgana” datang untuk menandakan kehidupan delusi sejak tahun 1812 dan seterusnya, tetapi lebih populer di akhir abad ke-19. Maria Edgeworth adalah orang pertama yang menghubungkan delusi kesombongan, atau harapan, atau cinta untuk dibawa ke dalam fatamorgana dan (ditinggalkan) di gurun yang suram dalam cerita pendeknya tentang kehidupan wanita. Kemudian, pada tahun 1869, William Miller, seorang penulis pamflet religius, menerbitkan The Mirage of Life.

Memanggil citra kehausan di padang pasir, Miller berpendapat bahwa mayoritas umat manusia mengejar aliran palsu dan ilusif yang menjanjikan seperti yang terlihat di kejauhan, ketika didekati, menipu seperti fatamorgana. Penggunaan sastra ini menunjukkan bahwa, meskipun kata itu tidak umum digunakan pada abad ke-19, kata itu perlahan-lahan dianalogikan dengan delusi diri, yang mencerminkan kemampuan fenomena untuk menipu.


Fakta dan Sejarah Fatamorgana

Ilustrasi gurun
Ilustrasi gurun pasir (Wikipedia)

2. Fatamorgana dan Literatur Perjalanan

a. Richard Madden

Richard Madden, seorang jurnalis di Levant antara tahun 1824 dan 1827, mendokumentasikan fatamorgana dalam perjalanannya ke Suez. Madden menceritakan perjalanannya ke Adjerond, dekat Suez, mulai pukul setengah dua dini hari di bulan Juni 1827. Karena tidak melihat siapa pun selain orang Badui yang bepergian bersamanya selama tiga hari, fatamorgana muncul di hadapannya sebagai permukaan bergelombang dari sebuah danau, perkebunan lebat dan pandangan sekilas kota; masjid dan menara yang berbeda.

Madden merasa sulit untuk menolak percaya pada citra fantastis di hadapannya, bertanya beberapa kali kepada teman-teman Baduinya apakah kota itu benar-benar tidak ada. Merefleksikan episode ini, Madden mengklaim bahwa fatamorgana adalah sesuatu yang lebih merupakan halusinasi mental daripada tipuan penglihatan. Dia menjadi sadar bahwa kota itu palsu tetapi tidak dapat mempercayai bahwa gambar yang dilukis di retinanya hanya tercermin, seperti yang ada dalam mimpi, dari imajinasinya. Akan tetapi, memang begitu adanya. Tema ketidakpercayaan indera, dengan citra optik yang secara konsisten mengancam skeptisisme ini, muncul di sebagian besar kisah fatamorgana pada masa itu.

Rasa haus yang diderita para pelancong ke dataran gurun juga memengaruhi praktik melihat fatamorgana. Kerinduan akan air yang dialami oleh para pelancong ke tempat-tempat seperti Suriah, Mesir dan Persia mempersiapkan pikiran mereka untuk melihat oasis dan lebih mudah mempercayai permainan bias gurun.

b. Humboldt dan Pottinger

Humboldt, sumber yang berpengaruh bagi para ilmuwan dan pelancong Inggris, menulis tentang fatamorgana gurun dalam Views of Nature (1850). Dia mencatat bahwa pengembara yang haus ditipu oleh bayangan permukaan air yang bergerak dan bergelombang. Dengan cara yang sama, Pottinger menggambarkan dampak kehausan yang ekstrim pada indranya di padang pasir Pakistan modern. Mencirikan fatamorgana inferior sebagai tipuan yang sengaja, dia mendokumentasikan bahwa itu yang melayang di sekitar kita, seolah-olah mengejek kesusahan kita dengan representasi delusi tentang apa yang sangat kita dambakan.

c. Abbot

Sementara itu, dalam “Mirage of a city hidden in the convexity of the earth” karya Abbott menggambarkan fatamorgana adalah kompleks yang tidak memiliki kemiripan dengan cakrawala di bawah. Dia menggambarkan fatamorgana adalah menara dan kuil terbalik di langit. Tampak sebagai kota yang indah dan megah, mempesona mata karena ketidakjelasan dan ketinggiannya.

Kompleksitas ilustrasi dan judulnya menyinggung realitas kota, yang tepat di seberang cakrawala. Akan tetapi, dapat diketahui dari catatan buku harian Abbott bahwa fatamorgana adalah sesuatu yang tidak mewakili tempat yang sebenarnya, seperti yang dia temukan ketika dia mencoba untuk mengunjunginya. Abbott menuliskan dalam mode visual dan sastra tanggapan estetiknya terhadap fenomena atmosfer dunia lain, menunjukkannya sebagai visi yang luhur.


Fakta dan Sejarah Fatamorgana

mata - vania
Ilustrasi Mata/https://unsplash.com/Marina Vitale

3. Ilmu Fatamorgana

Tahun 1820-an dan 1830-an adalah dekade minat sistematis yang meningkat pada fatamorgana, sebagaimana dibuktikan dengan meningkatnya volume spekulasi tentang subjek tersebut oleh fisikawan dan matematikawan terkemuka. Fatamorgana adalah fenomena yang diselidiki secara menyeluruh oleh Brewster, dalam tulisannya tentang optik, termasuk penamaan sudut Brewster dan penemuannya tentang fotoelastisitas serta mengukuhkan otoritasnya sebagai pakar pembiasan.

Seorang fisikawan Skotlandia terkemuka, Brewster memulai program sosial demistifikasi dengan bukunya Letters on Natural Magic(1832). Dia memandang demistifikasi fenomena yang tampaknya ajaib sebagai kewajiban moral. Brewster menerbitkan karyanya Letters on Natural Magic pada tahun 1832 untuk menghilangkan kepercayaan takhayul dalam fenomena spektral sebagai bagian dari program demistifikasi sosial yang lebih luas.

Untuk menganalisis fatamorgana, Brewster menggunakan penampakan fatamorgana Scoresby. Pada tanggal 26 Januari 1820 sekitar pukul enam sore di lepas pantai Greenland, Scoresby mengamati kapal-kapal yang menyertainya dengan teleskop dan mencatat bahwa mereka tampaknya mengalami perubahan besar dan bentuk. Dalam pelayaran selanjutnya pada tahun 1822, Scoresby menyaksikan gambar terbalik dari kapal ayahnya, The Fame, meskipun berada di bawah cakrawala.

Sama seperti penampakan aurora borealis oleh Scoresby, fatamorgana kutub menimbulkan kekaguman. Brewster menggunakan catatan Scoresby untuk membuktikan teori optiknya mengenai fatamorgana. Dia berargumen bahwa atmosfer tempat kita hidup adalah massa udara transparan yang memiliki sifat membiaskan cahaya dan perbedaan gradien panas menghasilkan berbagai kekuatan pembiasan yang menyebabkan fenomena optik yang aneh.

 


Fakta dan Sejarah Fatamorgana

Fata Morgana (0)
Lukisan kapal terkutuk The Flying Dutchman karya Charles Temple Dix. Keberadaan kapal terkutuk itu diduga sekedar gejala alam yang dikenal sebagai Fata Morgana. (Sumber Wikipedia Commons)

4. Fatamorgana dan Legenda

Dilansir dari Wired, sebelum adanya revolusi ilmiah dan semua kemajuannya yang luar biasa dalam fisika, fatamorgana juga merupakan hal yang dikaitkan dengan ranah mistisisme. Awalnya, memang sebutan fatamorgana memang berasal dari Morgan le Fay, peri pengkhianat, enchantress dan saudara tiri Raja Arthur. Dilansir dari National Geographic, fenomena ini diberi istilah Italia karena kecenderungannya terjadi di Selat Messina, lepas pantai Sisilia dan sering kali merupakan sinonim untuk segala jenis fatamorgana, meskipun ada perbedaan fisika yang berperan di masing-masingnya.

Marina Warner seorang penulis “Phantasmagoria” menyebutkan bahwa legenda fatamorgana yang paling terkenal adalah legenda Flying Dutchman, sebuah kapal hantu yang dikatakan berlayar tanpa tujuan di sekitar laut lepas. Kisah ini pertama kali dipopulerkan dalam sebuah cerita berjudul "Vanderdecken's Message Home" dari tahun 1821, yang menceritakan tentang sebuah kapal dari Amsterdam yang menghantui Tanjung Harapan atau Cape of Good Hope, mencoba menyerahkan surat dari awaknya yang telah meninggal ke kapal orang hidup.

Hantu pendendam ini sering dikaitkan dengan penampakan aneh kapal di laut dan salah satunya terangkat dari air atau menunjukkan pantulan terbalik - sehingga tampaknya berlayar terbalik. Penampakan seperti itu dianggap pertanda buruk, tetapi keduanya disebabkan oleh fatamorgana, atau dalam kasus kapal 'terbang' yang menjulang. Warner menghubungkan ini dengan fatamorgana yang menunjukkan sebuah kapal dari luar cakrawala, yaitu kapal fatamorgana yang bisa tiba-tiba menghilang tanpa penjelasan, dan begitulah legenda dimulai.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya