14 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Hilangkan Keriput dan Kantung Mata

Manfaat es batu dapat mencegah infeksi pada wajah.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 27 Jan 2023, 16:35 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 16:35 WIB
es batu
es batu/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Es batu adalah air yang dibekukan menjadi bentuk batu atau es. Es batu dapat dibuat dengan cara membekukan air dalam suhu di bawah 0 derajat Celsius, sehingga digunakan untuk berbagai tujuan seperti pendingin minuman, pendingin ruangan, atau bahkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan es krim. Adapun manfaat es batu, berkhasiat untuk menenangkan luka bakar ringan dan  mengurangi rasa sakit pada sariawan.

Es batu juga dapat dibeli di toko atau pasar, tetapi seringkali dibuat dari air yang tidak selalu bersih atau steril, sehingga memiliki risiko kesehatan. Penggunaan es batu yang tidak bersih atau tidak steril dapat menyebabkan infeksi saluran cerna atau penyakit lainnya. Namun, jika es batu dibuat dengan benar dan dari air bersih dan steril, maka es batu aman digunakan. Manfaat es batu sebagai obat alami untuk meredakan sakit kepala, meringankan nyeri otot, dan menurunkan suhu tubuh.

Manfaat es batu juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi, di mana Anda hanya perlu menempelkan es batu pada area yang sakit. Namun perlu Anda ketahui bahwa penggunaan es batu yang sering dan berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti iritasi, bengkak, dan luka bakar dingin.

Berikut ini manfaat es batu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Es Batu

Mengunyah Es Batu
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/pixabay

- Menenangkan luka bakar ringan

Manfaat es batu dapat digunakan untuk menenangkan luka bakar ringan, dengan menempelkan es batu pada area yang terkena. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Mengurangi rasa sakit pada gigi

Es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi,dengan menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Mengurangi rasa sakit pada sariawan

Es batu dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan, dengan cara menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Mengurangi rasa sakit pada herpes

Manfaat es batu akan membantu mengurangi rasa sakit pada herpes, dengan menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Menenangkan mata lelah

Es batu dapat digunakan untuk menenangkan mata yang lelah, caranya juga mudah di mana Anda hanya menempelkan es batu pada bagian bawah mata. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Menghilangkan kantung mata

Es batu dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata, di mana Anda tinggal menempelkan es batu pada bagian bawah mata. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Menenangkan rasa gatal

Es batu dapat digunakan untuk menenangkan rasa gatal dengan menempelkan es batu pada area yang gatal. Es batu akan membantu mengurangi gatal dengan mengurangi peradangan, serta bisa digunakan untuk menurunkan panas badan dengan menempelkan es batu pada dahi dan leher. 


Manfaat Es Batu

Menggunakan Es Batu
Ilustrasi Es Batu Credit: pexels.com/cottonbro

- Menghilangkan keriput pada wajah

Manfaat es batu bisa menghilangkan keriput pada wajah, dengan cara menempelkan es batu pada area yang keriput. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi keriput

- Menghilangkan rasa sakit pada telinga

Es batu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada teling, di mana Anda bisa menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Selain itu, es batu juga dapat digunakan untuk mencegah infeksi telinga dengan membersihkan telinga dari cairan dan debu yang menumpuk.

- Menghilangkan rasa sakit pada sendi

Manfaat es batu akan menghilangkan rasa sakit pada sendi, di mana Anda bisa menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Menenangkan rasa sakit pada otot

Es batu dapat digunakan untuk menenangkan rasa sakit pada otot, dengan menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Mencegah infeksi

Es batu dapat digunakan untuk mencegah infeksi, dengan membersihkan luka atau area yang terkena dengan es batu. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko infeksi.

- Menghilangkan rasa sakit pada menstruasi

Es batu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada menstruasi, dengan cara menempelkan es batu pada area yang sakit. Es batu akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.

- Menjaga suhu tubuh

Es batu dapat digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, dengan menempelkan es batu pada dahi dan leher. Es batu akan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan mengurangi risiko dehidrasi.


Cara Membuat Es Batu

Es Batu dan Air Rendaman Beras
Ilustrasi Es Batu Credit: unsplash.com/Tomas

Cara membuat es batu sangat mudah dan sederhana. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat es batu di rumah:

1. Cara Membuat Es Batu Tanpa Rempah

- Siapkan wadah beku yang bersih dan steril

- Tuang air murni ke dalam wadah beku

- Selanjutnya letakkan wadah beku di dalam freezer

- Setelah beberapa jam, es batu sudah siap digunakan.

2. Cara Membuat Es Batu dengan Rempah

- Anda bisa siapkan wadah beku yang bersih dan steril.

- Tuang air murni ke dalam wadah beku

- Kemudian tambahkan rempah seperti daun mint, daun pandan, atau rempah lain yang diinginkan.

- Letakkan wadah beku di dalam freezer, setelah beberapa jam  es batu sudah siap digunakan.

3. Cara Membuat Es Batu dengan Buah

- Anda bisa siapkan wadah beku yang bersih dan steril

- Tuang air murni ke dalam wadah beku, lalu potong-potong buah seperti jeruk, strawberry, atau buah lain yang diinginkan.

- Masukkan potongan buah ke dalam wadah beku, lalu letakkan wadah beku di dalam freezer.

- Setelah beberapa jam, es batu sudah siap digunakan.

 


Efek Samping Penggunaan Es Batu

[Fimela] Es Batu
Es Batu | unsplash.com/@davidvondiemar

Selain manfaat es batu yang beragam, penggunaan es batu yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti iritasi, bengkak, dan luka bakar dingin. Hal ini terjadi karena es batu dapat menyebabkan pembuluh darah menyusut, dan mengurangi aliran darah ke area yang terkena. Akibatnya, jaringan kulit yang terkena dapat mengalami kerusakan. Penggunaan es batu yang berlebihan, juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan, seperti kerusakan pada saraf dan jaringan ikat. Hal ini terjadi karena es batu dapat menyebabkan pembuluh darah menyusut, dan mengurangi aliran darah ke area yang terkena, yang dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan jaringan ikat.

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap es batu, seperti gatal-gatal, ruam, atau bengkak. Reaksi alergi ini dapat terjadi karena es batu yang digunakan terkontaminasi dengan bahan-bahan yang tidak aman atau karena es batu yang digunakan berasal dari sumber air yang tidak aman. Penggunaan es batu yang tidak steril, dapat meningkatkan risiko infeksi. Es batu yang digunakan harus steril agar tidak menyebar infeksi. Penempelan es batu pada tubuh dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh yang ekstrim yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Bila suhu tubuh turun terlalu rendah dapat menyebabkan hipotermia, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan jaringan, dan bahkan kematian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya