9 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan dan Tanpa Follower Banyak, Patut Dicoba

Ada cara dapat uang dari TikTok yang bisa anda coba, bahkan hal ini berguna juga bagi anda yang dengan dan tanpa followers.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 02 Mar 2023, 14:50 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 14:50 WIB
9 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan dan Tanpa Follower Banyak, Patut Dicoba
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara dapat uang dari TikTok bisa dilakukan dengan berbagai langkah. TikTok merupakan platform media sosial yang banyak dikunjungi oleh pengguna aktif di seluruh dunia. Berdasarkan data dari Business of Apps, ada 1,53 miliar pengguna aktif bulanan TikTok di dunia hingga kuartal III/2022.

Aplikasi TikTok menyuguhkan berbagai postingan video yang bisa anda nikmati, selain itu anda juga memanfaatkan Tiktok untuk mendapatkan uang. Ternyata, ada cara dapat uang dari TikTok yang bisa anda coba, bahkan hal ini berguna juga bagi anda yang dengan dan tanpa followers.

Bukan hanya para seleb TikTok atau TikTokers maupun influencer yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang dari aplikasi TikTok. Namun anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara dapat uang dari TikTok dengan dan tanpa followers yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Dapat Uang dari TikTok Dengan dan Tanpa Followers

9 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan dan Tanpa Follower Banyak, Patut Dicoba
Ilustrasi bisnis online di TikTok.

1. Mangajukan Dana TikTok Creator

Dana TikTok creator ini metode yang sangat baik untuk mulai menghasilkan uang di TikTok bagi pengguna yang membuat materi instruksional atau menyukai streaming. Dengan dana TikTok creator penulis dapat berpartisipasi dalam dua program bulanan seperti "Konten Informatif" dan "Siaran Langsung".

Untuk mendapatkan uang di TikTok melalui Dana Kreator, pembuat konten harus mendaftar dan memenuhi persyaratan program dalam waktu satu bulan. Misalnya, mereka menghasilkan sekitar 15 video setiap bulan yang ditonton lebih dari 2 juta kali.

Setelah itu, TikTok memverifikasi kepatuhan terhadap persyaratan inisiatif, memberikan hadiah, dan memberi wewenang kepada penulis untuk bulan berikutnya. Jika penulis gagal memenuhi persyaratan, mereka mengajukan permohonan kembali.

Untuk mulai mendapatkan penghasilan di TikTok melalui Dana kreator, pengguna harus mengajukan permohonan partisipasi, yang dapat diakses oleh akun mana pun dengan beberapa pengecualian. Untuk berpartisipasi dalam program pembuatan konten dan mendapatkan uang di TikTok, pengguna harus memenuhi persyaratan berikut:

a. Berusia minimal 18 tahun;

b. Memposting konten asli yang mematuhi pedoman situs;

c. Menerbitkan setidaknya tiga video dalam sebulan terakhir; dan

d. Menerima rata-rata minimal 10.000 penayangan per video.

2. Hadiah TikTok

Cara dapat uang dari TikTok yang lainnya adalah dengan mendapatkan hadiah berupa TikTok Rewards. Caranya yakni:

a. Salin tautan rujukan unik Anda dari profil TikTok Anda.

b. Minta teman Anda yang belum pernah menggunakan TikTok untuk bergabung dengan platform menggunakan tautan referensi Anda.

c. Dapatkan imbalan saat mereka bergabung dengan platform dan membuat akun mereka.

d. Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh hadiah dengan menonton video dan berpartisipasi dalam acara yang disebutkan di halaman aktivitas. Setelah mengumpulkan imbalan TikTok dalam jumlah tertentu, pengguna dapat menukarkannya dan menikmati manfaatnya.

3. Jual produk di TikTok

Meskipun TikTok bagus untuk pertumbuhan individu, TikTok juga membantu banyak merek lokal untuk berkembang dengan menggunakan fitur TikTok Shop. Caranya yakni anda cukup mengiklankan atau mempromosikan produk Anda melalui video TikTok yang kreatif. Kemudian raih perhatian audiens Anda dan perluas bisnis Anda di TikTok.


Cara Dapat Uang dari TikTok Dengan dan Tanpa Followers

9 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan dan Tanpa Follower Banyak, Patut Dicoba
Ilustrasi promosi produk di platform TikTok. (Sumber foto: Pexels.com).

4. Mendapatkan koin TikTok

TikTok Coins adalah mata uang dalam aplikasi yang digunakan di TikTok. Untuk mendapatkan koin TikTok adalah dengan melakukan:

a. Pengikut dapat mengirim hadiah ke pembuat konten favorit mereka saat terlibat dengan siaran langsung mereka.

b. Kreator harus memiliki minimal 1000 pengikut agar memenuhi syarat untuk melakukan siaran langsung.

c. Pencipta yang mendapatkan hadiah ini di TikTok dapat mengubahnya menjadi berlian, yang selanjutnya dapat dikonversi menjadi uang tunai.

d. Uang tersebut kemudian dapat ditarik melalui mitra pembayaran seperti PayPal.

5. Kolaborasi

Asosiasi dan kolaborasi merek adalah salah satu cara dapat uang dari TikTok. Anda hanya perlu menjaga agar konten Anda tetap otentik dan menarik, serta Anda akan segera memiliki kesempatan untuk menarik kemitraan merek yang relevan. Meskipun ada banyak cara untuk menghasilkan uang di TikTok, salah satunya yang paling mudah adalah melalui Program Referensi Hadiah TikTok. Anda bahkan tidak memerlukan jumlah video, penayangan, atau pengikut minimum untuk mulai menghasilkan.

6. Menerima endorse dari merek tertentu

Cara dapat uang dari TikTok yang berikutnya adalah dengan menerima endorse dari merek tertentu. Di TikTok, terdapat creator marketplace yang bisa menghubungkan antara merek dengan influencer yang tepat. Dengan begitu, kemitraan antara kedua belah pihak bisa terjalin dengan mudah. Apabila kemitraan terjalin, maka kedua belah pihak yang terlihat dapat mendapatkan keuntungan.


Cara Dapat Uang dari TikTok Dengan dan Tanpa Followers

9 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan dan Tanpa Follower Banyak, Patut Dicoba
Ilustrasi membuat konten TikTok. (Sumber foto: Pexels.com).

7. Iklan untuk TikToker lainnya

Salah satu opsi untuk mendapatkan uang di TikTok adalah menyebutkan akun lain dalam deskripsi video dengan biaya atau dengan imbalan barang. Variasi dari ini melibatkan pembuatan film duet berbayar atau berkolaborasi dengan vlogger.

8. Personal brand marketing

Personal brand marketing atau pemasaran merek adalah salah satu metode paling populer untuk menghasilkan uang di TikTok. Ini sangat ideal untuk spesialis dan profesional yang dapat berbicara panjang lebar tentang diri mereka dan industri mereka atau memberikan informasi yang berguna dan unik.

Dengan menggunakan strategi ini, pelatih, psikolog, pengacara, profesor, fotografer, dan produser membuat vlog ahli. Strategi pendapatan TikTok ini melibatkan banyak langkah dan bergantung pada perolehan pengunjung, yang selanjutnya dapat diubah menjadi konsumen yang membayar.

Berikut adalah contoh bagaimana pengguna TikTok dapat menghasilkan pendapatan dengan mempromosikan merek mereka sendiri:

a. Dalam video, seorang fotografer mendiskusikan pemrosesan gambar dan memberikan informasi yang menarik dan berharga.

b. Dalam video atau profil tersebut terdapat tautan ke Instagram atau situs web fotografer, serta kursus penulisnya atau undangan untuk melakukan sesi foto.

Rencana semacam itu memungkinkan pengembangan aliran pelanggan yang stabil untuk seorang ahli atau perusahaan. Saat menggunakan strategi ini, optimal untuk menawarkan produk dan layanan jarak jauh, karena TikTok tidak memiliki batasan geografis, video apa pun akan terlihat secara global.

9. Bergabung dengan tantangan hashtag

TikTok sering mengadakan tantangan tagar yang diselenggarakan oleh jejaring sosial atau oleh sponsor, memberi TikTokers peluang untuk mendapatkan uang. Untuk mempromosikan tantangan ini, vlogger terkenal dipanggil oleh platform dan diminta untuk merekam video untuk mendukung mereka dengan biaya tertentu.

Departemen periklanan TikTok adalah satu-satunya entitas yang berwenang untuk menyelenggarakan tantangan tagar resmi, dan anggaran untuk acara semacam itu seringkali dimulai dari beberapa juta dolar.

Sebagian besar band dan perusahaan tidak memiliki uang sebanyak itu, jadi mereka dapat mendekati vlogger secara langsung dengan tawaran untuk membuat video, dan menyertakan tagar atau lagu. Biasanya, harga untuk integrasi semacam itu mulai dari sepuluh dolar. Ini adalah salah satu cara Anda menghasilkan uang di TikTok sebagai pembuat konten.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya